adplus-dvertising

7 Fakta Menarik yang Hanya Ada di Spanyol

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 26 September 2022
732 dilihat
7 Fakta Menarik yang Hanya Ada di Spanyol
Keunikan lain dari Setenil de Las Bodegas selain terhimpit oleh bebatuan yakni dijuluki Pueblos Blancos atau Kota Putih. Hal tersebut karena memang setiap rumah di kota eksotis ini dicat berwarna putih. Foto: Repro boredpanda.com

" Spanyol merupakan negara terbesar keempat di Eropa juga salah satu negara dengan pengunjung asing kedua terbanyak di dunia. Tak heran menjadikan negara ini memiliki keindahan mulai dari kastil batu dan kota-kota canggih hingga dataran datar, dan pegunungan berselimut salju "

KENDARI, TELISIK.ID - Spanyol merupakan negara terbesar keempat di Eropa juga salah satu negara dengan pengunjung asing kedua terbanyak di dunia. Tak heran menjadikan negara ini memiliki keindahan mulai dari kastil batu dan kota-kota canggih hingga dataran datar, dan pegunungan berselimut salju, yang semuanya menjadikannya tujuan wisata favorit.

Beberapa fakta dan hal-hal unik negara ini membuat Spanyol kerap di kunjungi wisatawan asing dari berbagai negara. Berikut ini fakta menarik yang ada di Spanyol dilansir dari berbagai sumber, antara lain:

1. Bahasa Spanyol dipakai 22 negara


Mengutip dari grid.id, berikut ini daftar negara yang menggunakan bahasa Spanyol yaitu:

1. Spanyol

2. Argentina 

3. Chili

4. Kolombia

5. Kosta Rika

6. Kuba

7. Republik Dominika

8. Ekuador

9. El Salvador

10. Guinea ekuator

11. Guatemala

12. Honduras

13. Meksiko

14. Nikaragua

15. Panama

16. Paraguay

17. Peru

18. Bolivia

19. Uruguay

20 Venezuela

Baca Juga: 7 Jembatan Terindah di Dunia Bak Negeri Dongeng, Ada Indonesia

2.  Negara dengan lagu kebangsaan tanpa lirik

Spanyol punya lagu kebangsaan tanpa lirik bernama Marcha Real. Namun, ada enam aransemen resmi untuk lagu nasional negara ini. Pada 2007, pernah diselenggarakan kontes untuk membuat lirik lagu kebangsaan.

Namun, sepertinya warga Spanyol ini mempertahankan keunikan lagu kebangsaannya yang tanpa lirik. Beberapa negara yang tak memiliki lirik pada lagu kebangsaannya seperti San Marino, Kosovo dan Bosnia Herzegovina.

3. Pohon Cork terbanyak di dunia

Melansir idntimes.com, negara ini menghasilkan banyak pohon cork di dunia. Pohon ini tumbuh subur di wilayah Meseta yang kering.

Pohon ini memiliki keunikan tersendiri. Kulit pohon ini yang kemudian dikenal orang sebagai Gabus (atau Cork, istilah dalam bahasa Inggris). Gabus adalah lapisan luar yang dihasilkan dari kulit pohon Ek Gabus. Pohon Ek Gabus dikenal tidak tanggung-tanggung dalam menghasilkan kulit pohon yang berkualitas.

4. Novel pertama di dunia

Melansir dari yoursay.id, Fakta ini masih diperdebatkan secara luas dengan banyak negara yang mengklaim telah menghasilkan novel pertama di dunia. Namun, kebanyakan orang setuju bahwa mahakarya Miguel de Cervante, Don Quixote, adalah novel modern pertama di dunia.

5. Negara dengan situs warisan dunia UNESCO

Spanyol memiliki 47 situs warisan dunia UNESCO dan menjadikannya negara tertinggi ketiga di dunia yang memiliki situs warisan UNESCO. Hanya Italia dan Cina yang memiliki lebih banyak situs dibandingkan Spanyol. Benteng Alhambra di Granada adalah salah satu situs warisan paling terkenal di negara itu. Istana berbenteng ini didirikan pada tahun 889 M.

Baca Juga: Wajah Baru Borobudur, Bisa Lihat Lebih Dekat

6. Jembatan baru (Puente Nuevo)

Mengutip dari boredpanda.com, jembatan ini adalah salah satu tempat terindah di Bumi. Puente Nuevo (Jembatan Baru) adalah yang terbaru dan terbesar dari tiga jembatan yang membentang di jurang sedalam 120 meter (390 kaki) yang mengalirkan Sungai Guadalevín dan membelah kota Ronda, di selatan Spanyol selesai pada 1793.

7. Rumah tebing bercat putih

Sebuah kota di Spanyol Selatan, dikenal dengan rumah bercat putih yang dibangun di tebing sekitarnya.

Melansir orangemagz.com, rumah di sini di pahat dari batuan, sudah pasti kota ini berumur lebih lama dari yang lain. Menurut catatan sejarah, Setenil de las Bodegas sudah ada sejak zaman Kekhalifahan Almohad pada abad ke-12. Namun, banyak yang tidak percaya kalau kota tebing ini sudah ditinggali oleh manusia sejak 25 ribu tahun yang lalu.

Konon pada abad pertama masehi, Setenil de las Bodegas pernah memainkan Pasukan Roma ketika masa invasi. Sementara itu, kawasan ini juga pernah dijadikan bangsa sebagai benteng, ketika duduk oleh Moor (penduduk Arab yang menguasai dan tinggal di Spanyol). (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Baca Juga