7 Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diketahui

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 16 April 2024
0 dilihat
7 Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diketahui
Kolesterol tinggi seringkali dipengaruhi oleh banyak faktor, di antaranya gaya hidup. Foto: Repro halodoc.com

" Kolesterol yang berlebihan bisa menumpuk di pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit, seperti serangan jantung dan stroke "

KENDARI, TELISIK.ID - Kolesterol tinggi menjadi salah satu penyakit yang seringkali dialami seseorang. Maka penting untuk mengetahui apa saja ciri dari penyakit ini agar segera mungkin dapat diatasi.

Dikutip dari alodokter.com, kolesterol tinggi merupakan kondisi ketika kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal.

Kolesterol tinggi seringkali dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya gaya hidup, di antaranya adalah sering mengonsumsi makanan tinggi kolesterol seperti daging merah, makanan laut, produk susu, serta jarang berolahraga. 

Jika kondisi ini dibiarkan, kolesterol yang berlebihan bisa menumpuk di pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit, seperti serangan jantung dan stroke.

Lantas, apa saja ciri-ciri atau gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai?

Melansir klikdokter.com, berikut beberapa ciri ketika seseorang mengalami gejala kolesterol tinggi:

1. Kesemutan

Tangan sering kebas atau kesemutan dapat mengindikasikan kondisi kolesterol tinggi. Berdasarkan beberapa penelitian, kolesterol tinggi berhubungan dengan adanya gangguan pada saraf tepi.

Baca Juga: 8 Makanan Pantangan Orang Pengidap Kolesterol Tinggi

2. Nyeri Dada

Nyeri dada dapat terjadi apabila peningkatan kolesterol telah menyebabkan penyumbatan pembuluh darah jantung. Akibatnya, terjadi gangguan aliran darah menuju jantung, sehingga menimbulkan keluhan nyeri dada.

3. Sakit Kepala

Pusing yang dialami penderita kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah adanya gangguan pada aliran darah ke kepala, akibat adanya penyumbatan pembuluh darah.

4. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti mual, kembung, atau sakit perut, terutama setelah makan makanan berlemak, bisa menjadi salah satu ciri-ciri atau gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai.

Hal ini terjadi karena kolesterol tinggi dapat menumpuk di dinding arteri, termasuk arteri yang memasok darah ke usus. Penumpukan ini dapat menyempitkan arteri dan mengurangi aliran darah ke usus.

5. Rasa Tidak Nyaman di Tengkuk

Adanya keluhan di area tengkuk kerap terjadi pada penderita kolesterol tinggi. Kondisi ini diduga akibat adanya gangguan aliran darah pada area otot leher.

Baca Juga: 5 Jenis Buah Ini Bantu Turunkan Kolesterol Pasca Lebaran

6. Xanthelasma

Xanthelasma adalah penampakan kolesterol yang menumpuk di bawah jaringan kulit. Gejalanya adalah timbulnya benjolan kecil berwarna kuning muda di ujung kelopak mata. 

Benjolan kecil juga bisa muncul di bagian lipatan tubuh, seperti siku, tumit, dan lutut.

7. Perlemakan Hati

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan perlemakan hati. Ini adalah suatu kondisi saat organ hati dipenuhi oleh lemak dengan keluhan rasa tidak nyaman di perut, kembung dan mual.

Nah, itulah beberapa ciri dari gejala kolesterol tinggi yang seringkali dialami seseorang. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga