7 Jenis Sayuran Ini Bisa Bikin Kamu Awet Muda

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 28 Februari 2023
0 dilihat
7 Jenis Sayuran Ini Bisa Bikin Kamu Awet Muda
Banyak cara bisa dilakukan agar tetap terlihat awet muda, salah satunya dengan mengonsumsi jenis sayuran tertentu. Foto: Repro google.com

" Tetap awet muda menjadi salah satu keinginan bagi sebagian orang. Banyak cara bisa dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi jenis sayuran tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Tetap awet muda menjadi salah satu keinginan bagi sebagian orang. Banyak cara bisa dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi jenis sayuran tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, salah satu tips awet muda yang penting untuk dilakukan yaitu menjaga kulit dengan memperhatikan kesehatannya.

Jika kulit kamu sehat maka orang lain yang melihatmu akan menduga jika kamu lebih muda daripada usia sebenarnya.

Banyak cara bisa dilakukan agar tetap terlihat awet muda, salah satunya dengan mengonsumsi jenis sayuran tertentu.

Baca Juga: 6 Bahaya Makan Es Krim Berlebihan yang Harus Diwaspadai

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga agar tetap awet muda:

1. Kubis Brussel

Sayuran yang bikin awet muda lainnya adalah kubis Brussel. Sayuran ini kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan, yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Tak hanya itu, jenis kubis satu ini juga membantu mengurangi stres oksidatif pada sel kulit.

2. Selada air

Mengutip Healthline, daun selada air bertindak sebagai antiseptik kulit internal, meningkatkan sirkulasi, dan pengiriman mineral ke seluruh sel tubuh, sehingga menghasilkan peningkatan oksigenasi kulit.

Dikemas dengan vitamin A dan C, antioksidan dalam selada air dapat menetralkan radikal bebas berbahaya serta membantu menghilangkan garis halus dan kerutan.

3. Wortel

Sayuran berwarna oranye ini menyediakan vitamin C dan beta karoten. Keduanya merupakan senyawa antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan.

Selain itu, vitamin C juga diperlukan untuk produksi kolagen yang dapat memperkuat kulit.

4. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang bikin awet muda lainnya. Brokoli mengandung senyawa anti-inflamasi, antioksidan, serat, folat, dan masih banyak lagi yang bermanfaat bagi penuaan.

Tak cuma itu, brokoli juga kaya akan vitamin C yang berperan untuk produksi kolagen, sebagai protein utama pada kulit yang memberikan kekuatan dan elastisitas.

5. Mentimun

Mentimun mengandung senyawa antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Mengutip Style Craze, mentimun juga mengandung tanin dan flavonoid yang dapat memblokir radikal bebas yang bisa berbahaya untuk kulit.

6. Bayam

Sayur bayam sangat bermanfaat untuk menghidrasi tubuh dan dikemas dengan antioksidan yang membantu mengoksigenasi kulit. Kandungan vitamin C dari sayur bayam yang tinggi juga dapat meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan halus.

Tak hanya itu, vitamin A dalam bayam juga dapat membuat rambut menjadi kuat dan berkilau. Sementara vitamin K telah dibuktikan ampuh dalam membantu mengurangi peradangan pada sel-sel tubuh.

Baca Juga: 8 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Bersihkan Paru-paru

7. Kubis

Menukil India, antioksidan kuat yang terdapat dalam kubis dapat mencegah kerusakan sel kulit dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) matahari yang berbahaya.

Ahli merekomendasikan untuk konsumsi kubis dalam bentuk segar atau mentah, atau dimasak secara ringan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, itulah beberapa jenis sayuran yang bisa Telisikers manfaatkan agar tetap terlihat awet muda. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga