7 Kebiasaan yang Bisa Turunkan IQ, Nomor 3 Tak Terduga

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 28 Agustus 2022
0 dilihat
7 Kebiasaan yang Bisa Turunkan IQ, Nomor 3 Tak Terduga
Kebiasaan mengonsumsi junk food rupanya dapat menurunkan IQ seseorang. Foto: Repro halodoc.com

" Multitasking ternyata dapat menurunkan IQ. Sebab, tindakan semacam ini dapat menghambat proses otak "

KENDARI, TELISIK.ID - IQ atau Intelligence Quotients adalah kemampuan seseorang untuk menalar, memecahkan masalah, belajar, memahami gagasan, berpikir dan merencanakan sesuatu.

Kecerdasan ini digunakan untuk memecahkan masalah yang melibatkan logika. IQ menjadi salah satu pengukur kecerdasan seseorang. Namun, sayangnya beberapa faktor bisa berakibat pada turunnya skor IQ seseorang.

Dikutip dari Liputan6.com dan cnnindonesia.com, ini 7 kebiasaan yang ternyata bikin skor IQ menurun, yaitu:

1. Sering stres

Mengutip Prevention, tak cuma meningkatkan risiko penyakit Alzheimer, stres juga bisa menurunkan fungsi otak hingga berujung pada penurunan IQ. Diyakini, hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terkait dengan stres.

2. Menguyah permen karet

Makanan ringan yang sangat digemari oleh orang berbagai kalangan ini, ternyata merupakan salah satu penyebab yang bisa menurunkan IQ. Ahli syaraf, Earl Miller mengatakan bahwa dengan mengunyah permen karet, merupakan latihan fisik yang mempu memperlancar aliran darah ke otak, meningkatkan fungsi kognitif dengan memberikannya energy ekstra.

Namun eksperimen terbaru menunjukkan hal yang berbeda. Bahwa dengan mengunyah permen karet justru bisa mengalihkan perhatian partisipan dari tugas mengingat jangka pendek seperti mempelajari urutan barang dari sebuah daftar.

3. Multitasking

Dikutip dari sonora.id, Multitasking ternyata dapat menurunkan IQ. Sebab, tindakan semacam ini dapat menghambat proses otak.

Baca Juga: Ini 7 Tips Lulus Kuliah Lancar dan Tepat Waktu

"Lobus frontal (bagian dalam otak) kita adalah mesin utama yang mengarahkan perhatian kita, dan mereka hanya memiliki kekuatan pemrosesan yang terbatas," kata Allen Towfigh, MD, seorang dokter obat tidur dan ahli saraf.

Jika Anda mencoba melebihi apa yang dapat dilakukan otak Anda secara wajar, pikiran Anda mungkin terhenti dari waktu ke waktu. Hal ini serupa dengan bagaimana komputer atau ponsel pintar Anda membeku ketika Anda mencoba membuka banyak program.

4. Konsumsi junk food

Tingginya tingkat mengonsumsi makanan yang tidak sehat secara terus-menerus juga bisa menurunkan IQ. Tingginya glukosa, lemak, atau bahan kimia lainnya yang terdapat di makanan mampu memperlambat sel otak dalam mencerna semua informasi.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi makanan dengan protein tinggi dan kaya vitamin B yang bermanfaat. Hal ini berguna untuk memperkuat sel otak serta kemampuan untuk mengingat.

5. Sering terpapar asap rokok

Hal ini mungkin menjadi catatan bagi para perokok maupun non-perokok. Asap rokok membawa zat beracun untuk otak. Paparan asap yang terlalu lama dapat meningkatkan kadar karbon monoksida dalam tubuh, yang menggantikan oksigen.

Kerusakan pembuluh darah dan otak dapat mengganggu kemampuan sel-sel otak untuk berkomunikasi secara efektif dan menyimpan informasi dengan baik.

6. Kurang tidur

Bukan rahasia lagi, kualitas tidur yang baik adalah kunci dari kesehatan secara menyeluruh.

Baca Juga: Ini 6 Langkah Mudah Pesan Kopi di Starbucks untuk Pertama Kali

Studi menunjukkan, tidur berkualitas membuat kemampuan belajar seseorang menjadi lebih baik. Waktu istirahat yang cukup membuat seseorang lebih mudah untuk memahami sesuatu dan menyimpan informasi.

7. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis

Asupan gula berlebih tak memungkinkan otak berfungsi dengan baik. Sebuah studi menemukan, konsumsi banyak gula tambahan selama enam pekan berturut-turut membuat seseorang mengalami kesulitan dalam belajar dan menghafal informasi.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis jadi salah satu kebiasaan yang bisa menurunkan IQ. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga