7 Makanan Pembersih Paru-Paru, Perokok Wajib Tahu

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 10 Oktober 2022
0 dilihat
7 Makanan Pembersih Paru-Paru, Perokok Wajib Tahu
Jeruk bali kaya antioksidan, sehingga dapat membantu tubuh melawan sel kanker dan membersihkan paru-paru. Foto: Repro idntimes.com

" Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan paru-paru mengalami radang, bronchitis, pneumonia "

KENDARI, TELISIK.ID - Maraknya perokok aktif membuat orang di sekitarnya secara tak langsung ikut menghirup asap rokok (perokok pasif), hal ini juga tentunya cukup berbahaya, terutama bagi paru-paru.

Paru-paru adalah salah satu organ paling vital di tubuh manusia. Organ ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses pernapasan, yakni sebagai tempat pertukaran antara oksigen dan karbondioksida.

Beragam penyakit yang ditimbulkan dari bahaya rokok, asap rokok juga mengandung ribuan bahan kimia, di antaranya banyak zat beracun dan bersifat karsinogenik yang bisa tinggal di suatu permukaan.

Melansir dari cnbcindonesia.com, asap rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan paru-paru mengalami radang, bronchitis, pneumonia. Belum lagi bahaya dari zat nikotin yang menyebabkan kerusakan sel-sel dalam organ paru-paru yang bisa berakibat fatal yaitu kanker paru-paru.

Mengutip berbagai sumber, penelitian menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya antioksidan dapat membantu melindungi paru-paru dari kerusakan akibat rokok dan polusi.

1. Bluberi

Melansir dari health.detik.com, Bluberi diperkaya vlavonoid anthocyanin, yakni antioksidan yang ditemukan untuk melindungi paru-paru seiring bertambahnya usia. Studi juga mengungkapkan bahwa antioksidan pada bluberi berperan dalam mengurangi perkembangan atau gejala Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

2. Tomat

Mengutip cnbcindonesia.com, mengkonsumsi tomat dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Hampir sama dengan paprika, tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Tomat juga menjadi sumber makanan yang kaya akan likopen dan antioksidan karotenoid.

Baca Juga: Awas, 8 Masalah Kesehatan Akibat Sering Telat Makan

Sebuah data penelitian pada 2017 menunjukkan dengan mengonsumsi tomat dapat mengurangi peradangan saluran pernapasan bagi penderita asma dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

3. Bawang putih

Dikutip dari sehatq.com, bawang putih dikenal sebagai makanan pembersih paru-paru, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Kadar allicin di dalamnya bisa melawan infeksi dan peradangan. Bawang putih juga dipercaya sebagai makanan yang efektif meredakan gejala asma dan berpotensi mengurangi risiko paru-paru.

4. Jahe

Jahe, makanan “super” yang seringkali dipercaya mengobati banyak penyakit, juga masuk ke dalam daftar makanan pembersih paru-paru. Rempah-rempah yang satu ini diklaim bisa menghilangkan racun dari saluran pernapasan.

5. Teh hijau

Teh hijau sangatlah menyehatkan. Minuman ini mengandung banyak antioksidan yang berpotensi membersihkan segala peradangan dalam paru-paru. Bahkan, teh hijau dianggap mampu menjaga jaringan paru-paru dari efek berbahaya asap polusi.

Baca Juga: 4 Sebab Orang Kesulitan Tidur Nyenyak

6. Delima

Mengutip idntimes.com, ekstrak buah delima dapat membantu membersihkan paru-paru. Buah delima berguna meningkatkan suplai darah dan menghilangkan zat beracun dari paru-paru.

Buah delima mengandung tingkat antioksidan yang paling tinggi dibanding buah anggur dan teh hijau. Tak hanya itu, buah delima juga membantu membersihkan sel-sel kanker dalam tubuh.

7. Jeruk bali

Jeruk bali kaya antioksidan, sehingga dapat membantu tubuh melawan sel kanker dan membersihkan paru-paru. Jeruk Bali mengandung vitamin C yang mampu menghambat kinerja enzim tubuh yang mengaktifkan sel kanker pada paru-paru. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga