adplus-dvertising

7 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Setelah Olahraga

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 12 Agustus 2022
360 dilihat
7 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Setelah Olahraga
Daging asap merupakan salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah olahraga. Foto: Repro Hellosehat.com

" Olahraga adalah salah satu rutinitas yang menghabiskan banyak energi. Karena setelah sesi olahraga biasanya energi tubuh akan habis dan otot mengalami tekanan "

KENDARI, TELISIK.ID - Olahraga adalah salah satu rutinitas yang menghabiskan banyak energi. Karena setelah sesi olahraga biasanya energi tubuh akan habis dan otot mengalami tekanan. Untuk itu, mengisi kembali nutrisi yang tepat juga perlu dilakukan.

Namun, ternyata ada makanan yang berbahaya jika dikonsumsi setelah olahraga. Berikut ini tujuh makanan yang justru bahaya dikonsumsi setelah olahraga, seperti dilansir dari genpi.co dan kompas.com antara lain:

1. Coklat susu


Cokelat merupakan makanan sehat yang memiliki manfaat untuk tubuh. Namun, jika kamu memakan cokelat susu yang berkadar gula tinggi, hal itu bisa membahayakan tubuh. Saat olahraga, tubuh kehilangan gula dalam jumlah yang cukup banyak. Tak heran jika kamu akan mendambakan makanan manis setelah olahraga.

2. Sayuran mentah

Memang benar sayuran seperti wortel, paprika, dan brokoli sangat baik untuk camilan rendah lemak. Meski begitu, penganan ini tidak cocok dikonsumsi setelah berolahraga.

Merangkum dari Men's Health, itu karena setelah berolahraga Anda kehilangan banyak energi. Untuk itu, makanan berkalori adalah hal yang paling cocok untuk pemulihan energi dan menjaga metabolisme tubuh tetap sehat.

3. Makanan cepat saji

Bukan rahasia lagi makanan cepat saji tidak baik untuk tubuh. Apalagi mengonsumsinya setelah berolahraga, tentu bukan pilihan yang tepat. Makanan cepat saji seperti burger keju, kentang goreng, atau piza memang dapat dengan cepat mengganti kalori yang dikeluarkan tubuh setelah olahraga.

Namun, jenis makanan ini juga dapat menghapus kemajuan dari olehraga yang Anda lakukan. Tak hanya itu, lemak dalam makanan cepat saji juga memperlambat pencernaan. Ini kebalikan dari apa yang diinginkan dari olahraga.

4. Soda

Soda akan membuatmu tambah dehidrasi setelah berolahraga. Selain itu, pemanis buatan dalam soda juga akan membuat perut kembung.

Baca Juga: Jangan Konsumsi Makanan Ini Saat Hendak Berhubungan Intim

5. Camilan asin

Mengunyah keripik kentang setelah berpeluh dari olahraga terlihat menyenangkan. Namun, hal ini perlu Anda hindari. Itu karena camilan asin seperti keripik kentang dapat menurunkan kadar kalium dalam tubuh. Kalium merupakan elektrolit yang penting bagi tubuh, bahkan lebih penting dibanding natrium.

6. Daging asap

Daging asap juga bukan pilihan yang baik bagi Anda seusai latihan. Ini karena konsumsi daging asap selepas olahraga akan memperlambat pembakaran kalori dan metabolisme dari olahraga.

7. Minuman manis

Setelah olahraga, godaan minuman manis seolah sulit untuk dihindari. Meski begitu, sebisa mungkin hindari minuman manis seperti soda atau jus buah.

Baca Juga: 11 Kebiasaan yang Dianggap Sepele tapi Bikin Wajah Cepat Tua dan Keriput

Meminum minuman manis setelah olahraga yang intens akan kontraproduktif bagi siapa pun yang ingin menurunkan berat badan. Itu karena minuman manis akan memperlambat metabolisme tubuh. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga