7 Manfaat Melamun, Nomor 6 Tak Terduga

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 28 Agustus 2022
0 dilihat
7 Manfaat Melamun, Nomor 6 Tak Terduga
Melamun sering kali dianggap sesuatu yang negatif. Namun, tak banyak yang tahu jika melamun memiliki manfaat tak terduga. Foto: Repro sehatq.com

" Melamun dapat menjadi salah satu cara untuk membantu mengelola stres "

KENDARI, TELISIK.ID - Melamun, termenung, atau bengong sering dianggap sebagai bentuk kemalasan. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mencari manfaat melamun, yaitu termenung sambil pikiran melayang kemana-mana.

Memang tidak bisa dipungkiri, ada perasaan yang menyenangkan saat pikiran larut dalam lamunan. Oleh karena itu melamun sering digunakan sebagai alat pelarian dari kenyataan. Di samping itu, melamun juga berguna untuk menghadapi masalah atau situasi tertentu.

Berikut ini manfaat melamun dikutip dari sehatq.com dan klikdokter.com antara lain:

1. Membuat pikiran kembali fokus

Saat sedang bekerja, sebagian besar dari anda ada yang menunggu waktu istirahat siang. Istirahat sangat penting demi kesehatan dan produktivitas dalam bekerja.

Melamun dapat dianggap sebagai istirahat sejenak bagi pikiran. Dengan demikian, melamun dapat membuat pikiran anda bisa kembali fokus.

2. Membantu otak rileks

Sama seperti otot yang bisa lelah saat digunakan terus menerus, otak juga mengalami hal yang sama. Otak dapat merasakan lelah saat anda fokus mengerjakan satu hal dalam jangka waktu yang lama dan butuh istirahat.

Melamun adalah salah satu cara untuk mengistirahatkan otak. Saat pikiran anda berkelana bebas, otak menjadi lebih segar. Saat kita sedang melamun atau daydreaming, otak memasuki mode gelombang alpha sehingga pikiran lebih tenang.

Oleh karena itu, manfaat melamun juga bisa untuk mengatasi stres dan kecemasan. Terlebih saat anda mengalami hari yang sibuk dan melelahkan.Efek rileks yang kurang lebih sama juga didapatkan saat anda melakukan doodling. Mencorat-coret tanpa ada tujuan yang spesifik.

Baca Juga: 7 Tanda Perempuan Bermental Kuat

3. Meningkatkan daya ingat

Penelitian yang dilansir dari jurnal Psychological Science mengatakan bahwa pikiran yang melayang kemana-mana atau melamun berhubungan dengan daya ingat saat bekerja. Melamun dianggap dapat membantu mempertahankan dan mengingat suatu ingatan.

4. Mengaktifkan berbagai area otak

Meski dari luar, melamun terlihat sebagai kegiatan yang sederhana, ternyata hal tersebut membutuhkan proses yang rumit di otak. Saat kita melamun, beberapa bagian otak aktif secara bersamaan.Tak heran anda bisa menemukan ide saat melamun.

Ketika bagian otak untuk eksekusi dan pemecahan aktif secara bersamaan, otak bisa mengakses informasi yang tadinya terpendam saat anda hanya fokus pada satu hal saja.

5. Meningkatkan kreativitas

Banyak penelitian yang mencari tahu hubungan antara melamun dengan kreativitas. Kendati begitu, penelitian menyatakan hasil yang beragam. 

Banyak juga yang mengatakan ada jenis melamun yang bermanfaat bagi kreativitas karena dapat menggali ide-ide baru dan menghasilkan suatu inovasi.

6. Mengelola stres

Stresor atau hal yang menyebabkan stres pasti akan ada dalam kehidupan sehari-hari. Anda tidak bisa menghindarinya, sehingga yang perlu dilakukan adalah mengelolanya.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Bisa Turunkan IQ, Nomor 3 Tak Terduga

Melamun dapat menjadi salah satu cara untuk membantu mengelola stres. Melamun membuat pikiran beristirahat sejenak dan anda bisa menenangkan diri untuk tidak terlalu memikirkan masalah yang sedang dihadapi.

7. Membantu memahami diri sendiri

Penelitian yang dirilis oleh SAGE Journals menyatakan melamun berhubungan dengan autentisitas atau kemampuan memahami diri sendiri seutuhnya.

Melamun menandakan anda mampu mengenali diri sendiri lebih dalam, terutama bagaimana mengekspresikan apa yang anda rasakan dan mengenal kelebihan serta kekurangan diri. Dengan demikian, anda bisa meningkatkan kesejahteraan diri sendiri. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga