7 Negara Tanpa Malam Hari di Dunia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 25 Juli 2022
0 dilihat
7 Negara Tanpa Malam Hari di Dunia
Norwegia merupakan negara tanpa malam hari di dunia karena terletak dekat sektor Kutub Utara. Salah satu kota di Norwegia bernama Hammerfest berada paling Utara memiliki siang hari selama 24 jam saat awal Mei hingga akhir Juli. Foto: Repro sindonews.com

" Perubahan waktu siang dan malam terjadi karena adanya perputaran bumi atau yang disebut rotasi bumi dan revolusi bumi "

KENDARI, TELISIK.ID - Perubahan waktu siang dan malam terjadi karena adanya perputaran bumi atau yang disebut rotasi bumi dan revolusi bumi. Indonesia termasuk negara yang beruntung karena mendapatkan pembagian adil antara waktu siang dan malam yaitu 12 jam siang dan 12 jam malam.

Namun, ternyata tak semua negara-negara di dunia ini sama seperti Indonesia yang memiliki pembagian waktu.

Berikut beberapa negara dengan waktu yang tak lazim atau memiliki waktu malam tetap bersinar dengan cahaya matahari seperti dilansir dari sejumlah sumber yaitu:

1. Kanada

Fenomena ini bakal terjadi di Kanada tepatnya di Whitehorse, Kanada. Whitehorse adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di teritori Yukon, Kanada. Pada 15-27 Juni setiap tahunnya terjadi fenomena seperti ini, dimana kamu bisa melihat matahari terbit sepanjang hari dari kota Dawson dan pergi ke pegunungan Kanada di Kluane National Park.

2. Norwegia

Norwegia, adalah sebuah negara Nordik di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, Rusia, Britania Raya di barat daya, dan 1.000 kilometer dari Islandia di arah barat. Norwegia merupakan negara tanpa malam hari di dunia karena terletak dekat sektor Kutub Utara.

Norwegia memang menjadi negara yang mengalami perubahan musim cukup ekstrem. Salah satu kota di Norwegia bernama Hammerfest berada paling Utara memiliki siang hari selama 24 jam saat awal Mei hingga akhir Juli. Kondisi ini menyebabkan udara di kota tersebut sangat panas dan harus menggunakan AC.

Baca Juga: Wanita Cantik di Negara Ini Barter Seks dengan Indomie Rasa Ayam, Bukan Cuma Sri Lanka

Selain itu, di beberapa kota lain di Norwegia mengalami fenomena yang dinamakan midnight sun. Meskipun waktu tersebut sudah menunjukan tengah malam, namun tetap ada matahari yang seolah seperti terbenam. Jadi wilayah tersebut dipenuhi sinar senja dan kembali terang.

3. Rusia

Sankt peterburg adalah nama sebuah kota di Rusia. Fenomena ini bakal terjadi pada 11 Juni sampai 2 Juli setiap tahunnya. Saat berlangsungnya fenomena tersebut, akan ada festival menonton kembang api, wisata kapal di Sungai Neva, serta pertunjukan konser opera dan balet Stars of The White Nights di Mariinsky Theatre.

4. Finlandia

Rovaniemi adalah kota yang terletak di sebelah utara Finlandia. Kota ini terletak di provinsi Laplandia. Fenomena ini bakal terjadi di sana pada 6 Juni hingga 7 Juli setiap tahunnya. Penduduk lokal akan mengadakan festival api unggun, menari, sauna tengah malam, hingga trekking perbukitan.

5. Islandia

Islandia adalah negara yang terletak di barat laut benua Eropa yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan letaknya sangat dekat dengan kutub utara. Ketika musim panas, maka waktu siang berlangsung selama 24 jam dan matahari selalu bersinar. Matahari di Islandia seolah tidak pernah terbenam ketika musim panas.

Begitu pun sebaliknya, ketika musim dingin Islandia akan benar-benar gelap selama 24 jam. Islandia mengalami malam terlama di awal bulan juni yakni matahari hanya terbit selama 3 jam saja. Sedangkan untuk waktu siang terpendek terjadi pada bulan Desember yakni selama 3 jam saja.

6. Swedia

Baca Juga: 12 Negara dengan Tradisi Unik Libur Sekolah, Beri Hadiah hingga Bakar Iblis

Swedia, adalah sebuah negara Nordik di Skandinavia, Eropa Utara. Negara ini berbatasan dengan Norwegia di barat dan Finlandia di timur laut.

Fenomena ini terjadi di Abisko, Abisko adalah sebuah desa di Sápmi, di Swedia utara, sekitar 250 km di dalam Lingkaran Arktik. Fenomena ini bakal terjadi pada 27 Mei hingga 18 Juli. Untuk menikmati matahari tengah malam, aktivitas yang direkomendasikan biasanya adalah naik ke atas gunung menggunakan chairlift di Aurora Sky Station.

7. Amerika Serikat

Fenomena ini terjadi di daerah Fairbanks, Fairbanks merupakan sebuah kota di Amerika Serikat dan ibukota dari borough fairbanks North Star Borough di Amerika Serikat. Fenomena ini bakal terjadi sepanjang 17 Mei hingga 27 Juli di Alaska. Biasanya, penduduk lokal akan menikmati momen ini dengan berjalan santai di downtown, trekking di Chena River, serta mengikuti midnight sun festival. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga