7 Obat Alami Ini Ampuh Atasi Sakit Gigi Berlubang

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 14 Oktober 2022
0 dilihat
7 Obat Alami Ini Ampuh Atasi Sakit Gigi Berlubang
Sakit gigi karena berlubang juga dapat diatasi dengan bahan alami. Foto: Repro google.com

" Sakit gigi berlubang menjadi salah satu kondisi yang sering dialami seseorang. Hal ini pun cukup mengganggu aktivitas harian "

KENDARI, TELISIK.ID - Sakit gigi berlubang menjadi salah satu kondisi yang sering dialami seseorang. Hal ini pun cukup mengganggu aktivitas harian.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, gigi berlubang adalah kondisi gigi yang rusak akibat terkikisnya lapisan terluar gigi (enamel).

Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut akibat sering mengonsumsi makanan manis dan tidak menjaga kebersihan mulut.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengatasi sakit gigi karena berlubang, salah satunya dengan bahan alami.

Baca Juga: Awas, 3 Penyebab Mata Minus Semakin Parah

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa obat sakit gigi berlubang:

1. Ekstrak vanili

Merujuk Cleveland Clinic, ekstrak vanili dapat menjadi obat sakit gigi berlubang karena mengandung alkohol yang dapat mematikan rasa sakit sementara.

Selain itu, kandungan antioksidannya juga dapat membantu menyembuhkan area gigi berlubang yang sakit tersebut.

Caranya, cukup gunakan ujung jari atau bola kapas untuk mengoleskan ekstrak ke gigi dan gusi beberapa kali sehari.

2. Teh peppermint

Obat sakit gigi berlubang alami berikutnya adalah teh peppermint. Sifat menenangkan peppermint dapat membantu menenangkan rasa sakit akibat gigi berlubang.

Anda dapat menggunakan kantong teh peppermint yang diseduh dengan air panas. Setelah kantong teh tersebut tidak terlalu panas, tempelkan secara perlahan pada gigi dan gusi yang terasa sakit.

3. Daun jambu biji

Melansir Healthline, daun jambu biji juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi sakit akibat gigi berlubang.

Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Daun jambu biji juga memiliki aktivitas antimikroba yang dapat membantu dalam perawatan mulut.

Untuk menggunakannya, Anda dapat mengunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang dihancurkan ke air mendidih untuk membuat obat kumur.

4. Minyak cengkih

Minyak cengkih menjadi salah satu obat gigi tradisional yang telah digunakan sejak dulu. Minyak ini mengandung eugenol yang memiliki fungsi sebagai anestesi alami untuk membantu menghilangkan rasa sakit gigi.

Cara menggunakannya yakni dengan menetesi gulungan kapas dengan minyak cengkih kemudian tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit.

5. Bawang putih

Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih dipercaya memiliki kandungan antiseptik yang ampuh untuk mengobati sakit gigi.

Cara menggunakannya cukup dengan mengunyah bawang putih di bagian gigi yang sakit. Selain itu, Anda juga bisa menghaluskannya kemudian menempelkannya di bagian gigi yang sakit.

6. Air garam

Garam mempunyai kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri yang ampuh untuk menghilangkan sakit gigi. Selain itu, garam juga berguna untuk menghilangkan bakteri di mulut.

Baca Juga: 10 Cara Manicure di Rumah Tanpa Harus ke Salon

Adapun caranya adalah dengan melarutkan satu sendok makan garam ke dalam satu gelas air hangat. Kemudian gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur-kumur hingga rasa sakitnya menghilang.

7. Es batu

Sakit gigi berlubang juga dapat diatasi dengan es batu. Suhu dingin yang berasal dari es batu mampu mengebaskan saraf gigi dan menghilangkan rasa nyeri akibat gigi berlubang.

Caranya cukup dengan mengompres gigi yang sakit menggunakan es batu selama 10-15 menit.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit gigi berlubang.

Meski obat alami ini dapat membantu meredakan gejalanya dengan sementara, namun sakit yang muncul akibat gigi berlubang sebaiknya tidak didiamkan terlalu lama dan segera lakukan pengobatan ke dokter. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga