7 Organ Tubuh Ini Cepat Rusak Akibat Merokok

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 06 Mei 2024
0 dilihat
7 Organ Tubuh Ini Cepat Rusak Akibat Merokok
Sejumlah bagian organ tubuh cepat dirusak dari merokok. Foto: Repro google.com

" Merokok menjadi salah satu kegiatan yang berdampak buruk tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga orang lain atau keluarga yang ada di sekitarnya baik dalam waktu singkat maupun jangka panjang "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski dianggap hal yang biasa, tapi ternyata merokok dapat merusak organ tubuh tertentu dengan lebih cepat.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, merokok menjadi salah satu kegiatan yang berdampak buruk tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga orang lain atau keluarga yang ada di sekitarnya baik dalam waktu singkat maupun jangka panjang.

Di dalam rokok terkandung lebih dari 4.000 jenis bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Selain penyakit kanker, terdapat beberapa dampak buruk lainnya yang mungkin terjadi kepada para perokok, diantaranya dapat merusak organ tubuh tertentu dengan lebih cepat.

Melansir idntimes.com, berikut beberapa organ tubuh yang cepat rusak akibat merokok:

1. Sistem reproduksi

Bagian organ pertama adalah sistem reproduksi. Hal ini karena merokok memengaruhi sistem reproduksi, baik pada laki-laki maupun perempuan. Ini memengaruhi suplai darah ovarium pada perempuan dan testis pada laki-laki, yang menyebabkan penyakit serius.

Pada laki-laki, merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan yang diantaranya infertilitas, disfungsi ereksi karena merusak sirkulasi darah penis, yang mempengaruhi ereksi dan ejakulasi.

Perokok lebih berisiko terkena kanker testis daripada bukan perokok, serta varikokel.

Sementara pada perempuan, dapat mengakibatkan menstruasi tidak teratur, mengurangi kesuburan, lebih rentan terkena berbagai jenis infeksi virus, serta meningkatan risiko kanker serviks.

Merokok selama hamil juga dapat meningkatkan risiko sering keguguran, lahir prematur, berat badan lahir rendah, bahkan dapat meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak.

2. Paru-paru

Bagian organ kedua yang lebih cepat dirusak dari merokok adalah paru-paru. Hal ini karena merokok melibatkan membakar tembakau dan menghirup asap, paru-paru menjadi organ pertama yang terpengaruh olehnya.

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran Tinggi Kadar Gula

Adapun beberapa tanda paru-paru mulai rusak akibat rokok, meliputi batuk kering dan berdahak, mengi saat bernapas, kesulitan bernapas, mendengkur, serangan asma.

Semua gejala tersebut menyebabkan penyakit serius, seperti sering infeksi dada dan pneumonia, emfisema, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), sleep apnea, serta kanker paru-paru.

3. Otak

Bagian organ ketiga yang cepat dirusak dari merokok adalah otak. Hal ini karena dipercaya bahwa perokok tiga kali lebih mungkin terkena stroke, yaitu penggumpalan darah di otak.

Dengan terjadinya penggumpalan darah di otak, selanjutnya dapat menyebabkan sejumlah masalah seperti kelumpuhan wajah, penglihatan kabur, kesulitan berjalan, hingga kematian.

Selian itu, orang yang terkena stroke juga cenderung memiliki tekanan darah tinggi, yang dapat menyebabkan aneurisme otak. Ini adalah kondisi saat dinding pembuluh darah di otak mengalami pembengkakan.

Alhasil, dengan pembengkakan tersebut darah bisa bocor atau pecah dan menumpahkan darah ke jaringan terdekat.

4. Mulut

Bagian organ keempat yang cepat dirusak dari merokok adalah mulut. Hal ini karena pada umumnya, ada banyak sekali efek rokok pada rongga mulut.

Dengan kerusakan kesehatan mulut dapat merusak kesehatan gigi, gusi, lidah, dan bibir. Sementara efek yang merugikan ini bisa meliputi bau mulut, karies gigi, gingivitis, indra perasa yang rusak, bibir kering dan pecah-pecah, mulut kering, penyakit lidah, kehilangan gigi, dan lebih parahnya peningkatan risiko kanker mulut.

5. Kulit

Bagian organ kelima yang cepat dirusak dari merokok adalah kulit. Hal ini terjadi karena asap tembakau yang dihasilkan dari rokok mengandung ribuan bahan kimia beracun yang dapat merusak sel-sel kulit.

Seorang perokok memiliki serat elastin dan kolagen yang lebih sedikit dibandingkan dengan bukan perokok. Tanpa cukup serat ini, kulit menjadi lebih keras dan kurang elastis.

Selain itu, orang yang suka merokok juga pembuluh darahnya menyempit sehingga mengurangi jumlah oksigen yang didapat kulit. Bahkan rokok juga meningkatkan produksi radikal bebas dan menurunkan kadar vitamin A di kulit. Semua faktor ini berperan dalam penuaan dini kulit.

6. Mata

Bagian organ keenam yang cepat dirusak dari merokok adalah indra penglihatan alias mata. Hal ini dapat terjadi karena merokok menyebabkan perubahan fisik pada mata yang mengancam penglihatan.

Baca Juga: Merokok Sembarangan Akan Kena Denda Rp 250 Ribu

Pasalnya, kandungan nikotin dari rokok membatasi produksi bahan kimia yang diperlukan untuk dapat melihat pada malam hari, yang dapat menyebabkan rabun senja. 

Seorang perokok dua kali lebih mungkin mengalami degenerasi makula, kondisi mata yang merusak penglihatan sentral yang diperlukan untuk membaca, menulis, dan melihat wajah orang lain.

Selain itu, perokok juga tiga kali lebih mungkin terkena katarak, yang menyebabkan penglihatan kabur.

7. Otot dan tulang

Terakhir, bagian organ yang cepat dirusak dari merokok adalah otot dan tulang. Hal ini dapat terjadi karena merokok menurunkan aliran darah dan oksigen ke otot, yang mempersulit pembangunan otot.

Akibatnya, perokok akan kekurangan oksigen yang membuat otot lebih mudah lelah. Dengan demikian, perokok lebih sering mengalami nyeri otot daripada bukan perokok.

Selain itu, asap rokok yang mengandung bahan kimia dapat mengganggu siklus alami kesehatan tulang. Akibatnya, tubuh kurang mampu membentuk jaringan tulang baru yang sehat, dan merusak jaringan tulang yang ada lebih cepat. 

Parahnya lagi, apabila merokok ini masih dilakukan hingga lama, dapat memicu penipisan jaringan tulang dan hilangnya kepadatan tulang, sehingga menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh.

Dibandingkan dengan bukan perokok, perokok memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi, dan tulang yang patah membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Nah, itulah beberapa bagian organ tubuh yang cepat dirusak dari merokok. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga