7 Raja Poligami di Indonesia: Ada yang Punya 94 Istri

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 21 Januari 2023
0 dilihat
7 Raja Poligami di Indonesia: Ada yang Punya 94 Istri
Setyo Joko Sunaryo atau kerap disapa Ngarjo, pria yang memutuskan poligami hingga punya sembilan istri. Foto: Repro Manado.tribunnews.com

" Raja poligami urutan pertama di Indonesia adalah Marsan alias Bewok yang sudah menikahi 94 wanita. Pria asal Cipondoh ini menikah sejak usia 15 tahun "

KENDARI, TELISIK.ID – Fenomena poligami menjadi salah satu yang tidak disukai sebagian wanita. Meski dalam agama Islam, seorang pria diperbolehkan untuk menikahi hingga empat wanita.

Di Indonesia, pria yang punya dua hingga empat istri cukup banyak ditemui. Namun ternyata ada juga pria yang memiliki lebih dari empat istri bahkan sampai 94 istri.

Dikutip dari Pojoksatu.id dan Okezone.com, berikut beberapa pria yang dijuluki raja poligami di indonesia.

1. Eyang Subur (8 istri)

Sosok Eyang Subur pernah ramai diperbincangkan publik beberapa tahun lalu dan jadi pemberitaan berbagai media di tanah air. Pria kelahiran Jombang 12 Desember 1946 itu memiliki 8 istri. Bahkan, Eyang Subur disebut-sebut menikah sebanyak 25 kali.

Eyang Subur dikenal sebagai pengusaha sekaligus penasihat spiritual. Kabarnya, Eyang Subur pernah meniduri 8 istrinya dalam semalam. Selain itu, semua istrinya juga rukun dan tinggal serumah.

2. Ngarjo (9 istri)

Setyo Joko Sunaryo alias Narjo bisa dibilang sebagai lelaki luar biasa. Di usianya yang baru 38 tahun, warga Ngabang, Kalimantan Barat ini sudah punya 9 istri. Sama dengan Eyang Subur, kesembilan istri Narjo itu juga tinggal serumah.

Meski begitu, kehidupan Narjo dan 9 istrinya tidak pernah ada masalah. Semua rukun, damai dan saling mengasihi. Bahkan jika istrinya minta intim ramai-ramai pun tetap dilayani.

Baca Juga: Diadukan Atur Proyek, Pj Bupati Muna Barat Minta Bukti

“Untuk memberi nafkah batin saya melayaninya sesuai permintaan istri. Misalnya malam ini, siapa yang mau, itu yang saya layani. Kalau semuanya minta, semuanya harus saya layani. Bahkan main sama-sama pun saya layani,” kata Narjo dengan suara polos di depan keenam istrinya.

3. Masyhurat Usman (10 istri)

KH. Masyhurat Usman memiliki 10 istri yang 5 di antaranya dinikahi saat masih berumur antara 12 sampai 17 tahun. Kiyai asal Kabupaten Sumenep itu mengaku menikahi mereka bukan karena nafsu, tapi karena ibadah.

Selain itu, Masyhurat ingin membantu kehidupan perekonomian dan agama mereka. Bukan hanya menikahi gadis belia, Masyhurat juga menikahi wanita berumur 45 tahun bernama Hj. Zubaidah.

4. Deta Raya (12 Istri)

Usia tidak menjadi batasan untuk melakukan praktik poligami. Hal itu dialami oleh Deta Raya. Deta merupakan pria asal Sumba, NTT yang mempunyai istri sebanyak 12 orang meskipun usianya telah menginjak 72 tahun.

Memiliki 12 istri, 52 anak, dan 212 cucu, membuat Deta Raya bahagia. Pasalnya, ia mampu memenangkan pemilihan kepala desa Waiha periode 2009-2014 lalu dengan suara meyakinkan.

5. Otong Gunawan (37 Istri)

Otong Gunawan adalah lelaki kelahiran Bekasi, Jawa Barat, 16 Juni 1949. Otong Gunawan mengaku pernah menikahi 37 orang wanita sepanjang hidupnya. Dia mendapat julukan Raja Poligami Indonesia.

Namun sejak 2012, Otong Gunawan berhenti melakukan poligami lantaran penyakit diabetes yang dideritanya.

6. Lalu Juaini Rahman alias Jon (44 istri)

Lalu Junaini Rahman sudah 44 kali menikah dan semua istrinya ditempatkan dalam satu rumah. Lelaki kelahiran Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini menargetkan akan menikahi 100 orang wanita.

Baca Juga: Bombana Akhirnya Punya Lampu Merah Setelah 19 Tahun Mekar

Namun target tersebut sulit terwujud. Pasalnya, pada saat usianya 65 tahun, Lalu Juanini baru memiliki 44 istri. Angka itu belum setengah dari target pria yang mengumpulkan istrinya dalam satu rumah itu.

7. Marsan alias Bewok (94 istri)

Sosok yang jadi ‘raja’ poligami di urutan teratas adalah Marsan alias Bewok yang sudah menikahi 94 wanita. Pria asal Cipondoh ini menikah sejak usia 15 tahun. Dari 94 istrinya yang pernah dinikahi, hanya beberapa perempuan saja yang masih dalam keadaan perawan.

Dalam setahun, Marsan yang berusia 74 tahun pada 2008 silam bisa menikah sampai tiga kali setahun. Bahkan pernah suatu kali menikahi 3 orang perempuan hanya dalam sehari. Dari semua istrinya itu, ia memiliki 16 anak dan 25 cucu. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga