7 Rekomendasi Kamera Mirrorless di Bawah Rp 5 Jutaan

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 13 Juli 2024
0 dilihat
7 Rekomendasi Kamera Mirrorless di Bawah Rp 5 Jutaan
Kamera mirrorles bentuknya yang simple menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta fotografer. Foto: Repro Istockphoto

" Tak perlu merogoh kocek dalam, kamera mirrorless berkualitas tinggi tersedia di bawah Rp 5 juta "

KENDARI, TELISIK.ID - Di era digital, mengabadikan momen semakin mudah dengan smartphone. Namun, bagi penggemar fotografi yang menginginkan hasil lebih maksimal, kamera mirrorless adalah pilihan ideal.

Tak perlu merogoh kocek dalam, kamera mirrorless berkualitas tinggi tersedia di bawah Rp 5 juta.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang dapat dipertimbangkan, dirangkum Telisik.id dari Olx.com, Sabtu (13/7/2024):

1. Fujifilm X-M1

Bagi pecinta gaya retro, Fujifilm X-M1 adalah pilihan tepat. Desainnya yang terinspirasi kamera analog menghadirkan nuansa klasik nan elegan. Keunggulan utama kamera ini terletak pada fleksibilitasnya untuk mengganti lensa sesuai kebutuhan.

Hadir dengan performa gahar dan fitur canggih, Fujifilm X-M1 dilengkapi sensor APS-C CMOS 16 MP dan rentang dinamis yang luas. Kamera ini menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan detail memukau. Temukan Fujifilm X-M1 di toko online dengan harga mulai dari Rp 2.790.000.

2. Lumix GF9K

Lumix GF9K dari Panasonic hadir sebagai kamera mirrorless terbaik di bawah Rp 5 juta. Dilengkapi sensor 16,84 megapiksel dan kemampuan merekam video 4K, kamera ini menghasilkan gambar yang tajam dan jernih.

Baca Juga: Pembuatan Kamera Stabilizer Ternyata Terinspirasi dari Kepala Ayam

Desainnya yang stylish dengan balutan material kulit dan motif metalik, serta bodi mungil dan ringan, menjadikannya ideal untuk fotografi jalanan. Lumix GF9K dapat ditemukan di toko online dengan harga mulai dari Rp 3.799.000.

3. Sony Alpha A5100

Sony Alpha A5100 menawarkan performa mumpuni untuk fotografi dan vlogging. Sistem hybrid cepat 179 titik memastikan fokus yang tajam dan presisi, menghasilkan foto dan video yang jernih tanpa blur. Sensor kamera APS-C CMOS Exmor 24,3 MP menangkap cahaya secara optimal dengan noise minimal.

Kamera ini menghasilkan gambar yang kaya detail dan minim noise, bahkan dalam kondisi pencahayaan minim. Sony Alpha A5100 tersedia di toko online dengan harga mulai dari Rp 4.599.000 untuk bodi saja.

4. Canon EOS M3

Canon juga memiliki kamera mirrorless terbaik di bawah Rp 5 juta. Canon EOS M3 memiliki resolusi 24 MP dengan dynamic range yang bagus untuk foto sehari-hari. Canon EOS M3 dilengkapi dengan sistem fokus hybrid CMOS AF III yang dapat memberikan fokus cepat dan akurat.

Selain itu, layar LCD 3 inci dari kamera ini sudah touchscreen dan bisa diputar 180 derajat sehingga dapat memudahkan pengoperasian kamera. Kamera mirrorless yang sudah memiliki fitur Wifi dan NFC ini memiliki harga mulai dari Rp 3.975.000 untuk body only.

5. Nikon 1 J5

Kamera mirrorless yang satu ini cocok untuk pemula yang ingin belajar fotografi. Nikon 1 J5 memiliki ukuran yang kecil seperti kamera saku dengan berat hanya 265 gram, seperti dilansir dari inilah.com.

Lensa kamera ini dapat diganti sesuai dengan kebutuhan. Keunggulan lainnya ada pada fitur Autofocus Phase Detection dengan 105 titik yang dapat mengenali objeknya dengan sangat cepat dan akurat. Kamera ini juga dilengkapi oleh sensor CMOS 20.8 megapiksel sehingga dapat memberikan hasil gambar yang detail dan merekam video hingga kualitas 4K. Nikon 1 J5 dijual di berbagai toko online dengan harga mulai dari Rp 2.999.000.

6. Samsung NX500

Samsung NX500 merupakan kamera terakhir yang diproduksi oleh perusahaan asal Korea ini. Kamera ini memiliki lensa BSI APS-C dengan resolusi 28 MP yang dapat menghasilkan gambar terbaik meski dalam kondisi cahaya rendah.

Baca Juga: Rekomendasi HP dengan Kamera Terbaik Rp 3 Jutaan, Dilengkapi dengan Perekam Video 4K

Selain itu, kamera ini juga didukung oleh prosesor Drime V yang dapat memberikan kecepatan dan akurasi terbaik ketika mengambil gambar dalam berbagai kondisi. Meski sudah tidak diproduksi lagi, Samsung NX500 masih dapat ditemukan di berbagai toko online dengan harga mulai dari Rp 3 jutaan dalam kondisi bekas.

7. Pentax Q-S1

Kamera mirrorless terbaik dibawah 5 juta yang terakhir adalah Pentax Q-S1 yang dirilis oleh Ricoh Imaging. Terdapat 40 pilihan kombinasi warna yang tersedia dalam seri ini. Kamera ini memiliki beberapa fitur unik.

Salah satunya adalah fitur Bokeh Control yang dapat membantu membuat efek bokeh pada foto. Pentax Q-S1 memiliki sensor CMOS 1/1.7 inci dengan resolusi 12,4 MP. Selain itu, kamera ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi In Body Image Stabilization yang bisa memberikan kestabilan dan mengurangi efek goyang pada saat mengambil gambar.

Sayangnya, kamera ini sulit ditemukan dan hanya tersedia beberapa unit saja di toko online. Pentax Q-S1 bekas dijual dengan harga mulai dari Rp 4.130.000.

Dengan berbagai pilihan kamera mirrorless di atas, penggemar fotografi dapat menemukan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka. Setiap kamera memiliki keunggulan masing-masing yang bisa diandalkan untuk mengabadikan momen berharga dengan kualitas terbaik. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga