7 Tips Agar Anda Bisa Melahirkan Secara Normal

Sasmiraza, telisik indonesia
Rabu, 23 Februari 2022
0 dilihat
7 Tips Agar Anda Bisa Melahirkan Secara Normal
Ilustrasi ibu melahirkan. Foto: Repro Liputan6.com

" Sebagian besar ibu hamil (Bumil) tentu ingin melahirkan bayinya lewat persalinan normal "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian besar ibu hamil (Bumil) tentu ingin melahirkan bayinya lewat persalinan normal. Jika Anda salah satunya, yuk mulai persiapkan diri sebelum waktu persalinan tiba.

7 tips ini bisa Anda mulai lakukan sejak awal, lho. Melansir popmama.com, berikut yang perlu Anda ketahui agar peluang melahirkan normal semakin besar, simak yuk moms!

1. Jaga kondisi panggul

Panggul merupakan salah satu bagian tubuh yang penting jika Anda ingin melahirkan secara normal. Anda pun perlu menjaga kondisinya, yakni dengan aktif bergerak.

Misalnya, jika Anda terlalu banyak duduk akan mendorong penyelarasan yang tidak tepat, yang pada akhirnya membuat persalinan alami menjadi sulit.

2. Cari dukungan dari keluarga

Saat Anda ingin melahirkan normal, pastikan orang-orang yang mendampingi Anda di ruang bersalin juga memiliki pemikiran yang sama.

Dukungan dari orang lain, termasuk pasangan, keluarga dan teman-teman, perlu dipersiapkan sejak awal. Jika tidak bisa mendampingi Anda berjuang melahirkan normal, lebih baik minta untuk menunggu di luar.

3. Jaga berat badan

Persalinan normal cenderung lebih berpeluang dilakukan oleh perempuan yang berat badannya tidak terlalu berlebihan.

Ini karena dengan berat badan yang terjaga, risiko komplikasi menjadi lebih kecil dan biasanya juga membutuhkan lebih sedikit intervensi medis.

Diskusikan dengan dokter Anda mengenai kenaikan berat badan yang dianjurkan saat hamil, sesuai dengan kondisi fisik Anda.

4. Siapkan fisik dan mental

Siapkan fisik dengan aktif berolahraga selama hamil. Hal ini membantu tubuh dan energi Anda tetap kuat. Jangan lupa perbanyak konsumsi makanan bergizi tinggi juga.

Baca Juga: Yuk Belajar, 6 Bidang Pekerjaan Ini Paling Dibutuhkan di 2022

Selain itu, mental Anda juga perlu disiapkan untuk menghadapi momen yang mungkin akan sangat melelahkan. Latih pikiran Anda dengan banyak berdoa dan berpikir positif.

5. Hadiri kelas persalinan normal

Jika di lingkungan Anda diadakan seminar atau kelas tentang persalinan normal, cobalah untuk hadir dan pelajari sebanyak mungkin informasi penting.

Hal semacam ini akan membantu Anda dan suami menyiapkan pikiran, tubuh dan pengetahuan tentang persalinan normal.

Biasanya akan dijabarkan bagaimana persiapan jelang persalinan dan segala macam bekal informasi tentang apa yang harus dilakukan selama berbagai tahap persalinan.

6. Makan bergizi tinggi

Siapkan tubuh Anda salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi selama hamil. Perbanyak konsumsi sayur, daging, buah dan susu.

Salah satu camilan yang juga baik bagi Anda saat hamil adalah kurma. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Obstetrics & Gynecology menunjukkan bahwa kurma memiliki peran dalam upaya persalinan normal.

Buah kurma diyakini memiliki efek oksitosin seperti pada tubuh. Selain itu, kurma juga kaya asam lemak, yang berperan penting dalam kadar prostaglandin.

Baca Juga: Begini Cara Bersihkan Minyak Goreng Bekas Agar Bisa Dipakai Kembali

7. Aktif bergerak setiap hari

Selain membantu menjaga berat badan terkontrol, rutin bergerak dan berolahraga setiap hari saat hamil juga bantu tingkatkan peluang Anda melahirkan normal.

Aktif bergerak dapat menurunkan risiko komplikasi seperti diabetes gestasional dan preeklampsia. Selain itu, rutinitas ini juga akan memperbaiki mood Anda karena efek endorfin yang muncul.

Tak perlu melakukan olahraga yang berat dan lama. Siapkan waktu untuk bergerak santai, misalnya berjalan-jalan, dengan waktu 30 menit sehari.

Yuk, mulai siapkan tubuh dan juga pikiran sejak hamil agar peluang bisa melahirkan normal semakin besar. Tapi ingat ya, apapun cara persalinan yang dilakukan, yang terpenting adalah kesehatan ibu dan si buah hati. (C)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga