7 Tips Ampuh agar Parfum Tahan Lama di Badan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 27 November 2022
0 dilihat
7 Tips Ampuh agar Parfum Tahan Lama di Badan
Ada banyak titik tubuh yang ampuh untuk menjaga keutuhan wewangian parfum tahan lama. Foto: Repro journal.sociolla.com

" Menyemprotkan parfum di badan menjadi cara badan wangi. Namun untuk bisa wanginya semerbak dan tahan lama ternyata tak sembarangan dan asal semprot, tapi ada caranya "

KENDARI, TELISIK.ID - Menyemprotkan parfum di badan menjadi cara badan wangi. Namun untuk bisa wanginya semerbak dan tahan lama ternyata tak sembarangan dan asal semprot, tapi ada caranya.

Dikutip dari rumahparfum.com, parfum atau minyak wangi merupakan wewangian yang dihasilkan dari proses ekstraksi bahan-bahan aromatik yang digunakan untuk memberikan aroma wangi bagi tubuh, obyek benda ataupun ruangan.

Proses ekstraksi tersebut menghasilkan minyak esensial yang memiliki aroma wangi yang sangat pekat.

Hanya saja untuk bisa mendapatkan wangi parfum tahan lama, punya caranya tersendiri. Ada banyak titik tubuh lain yang juga ampuh untuk menjaga keutuhan wewangian.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Menghilangkan Pegal-pegal di Seluruh Tubuh, Bisa Dicoba

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa tips membuat aroma parfum tahan lama di badan:

1. Semprot setelah mandi

Menurut para ahli di bidang parfum atau perfumer, Anda dapat menyemprotkan parfum favorit setelah mandi.

Saat selesai mandi, suhu tubuh terbilang cukup tinggi, terhidrasi alami, bersih, serta bebas keringat dan minyak. Kondisi ini sangat baik dalam mempertahankan aroma parfum.

Pastikan Anda sudah mengeringkan tubuh terlebih dahulu memakai handuk, sebelum menyemprot parfum ke kulit.

2. Oleskan losion

Kulit yang terhidrasi dan kondisinya lembap sangat efektif dalam menahan wewangian jadi lebih tahan lama.

Sebelum memakai parfum, disarankan mengoleskan losion terlebih dahulu ke seluruh permukaan kulit tubuh.

Setelah itu, Anda bisa mulai semprot parfum ke area leher, belakang telinga, pundak, pergelangan tangan dan lengan atau lipatan betis belakang.

3. Oleskan body butter

Cara agar parfum tahan lama di badan bisa dengan mengoleskan body butter di tahap awal sebelum menyemprotnya.

Saat ini sudah ada banyak varian parfum yang satu rangkaian dengan body butter dan memiliki aroma sama.

Cara pakainya juga mudah, cukup oles body butter terlebih dahulu. Kemudian semprot parfum ke beberapa bagian tubuh. Dengan begitu aroma parfum akan tahan lama seharian.

4. Semprot di titik nadi

Kulit pada titik nadi umumnya lebih tipis karena dekat dengan darah dan panas tubuh. Menyemprot parfum di titik nadi tubuh, bermanfaat membuat aromanya jadi awet.

Hal itu dikarenakan, titik nadi dekat dengan pembuluh darah dan area tersebut efektif memancarkan panas yang membantu mengeluarkan aroma parfum dari kulit ke udara.

Beberapa titik nadi ada di pangkal tenggorokan atau leher bagian bawah, belakang cuping telinga, belahan dada, pergelangan tangan bagian dalam, lutut bagian dalam dan sikut bagian dalam.

5. Layer parfum

Parfum yang Anda pakai saat ini bisa saja dilapisi parfum lain atau oil parfum supaya daya tahan wanginya tetap awet sepanjang hari.

Menurut perfumer, ada beberapa base notes parfum yang umumnya memiliki aroma kuat dan tahan lama ketika dipakai. Seperti vanilla, wood, sandalwood atau cedarwood.

Contohnya sebelum memakai parfum vanilla, sebaiknya Anda mengoleskan oil parfum vanilla terlebih dahulu sebelum dilapisi aroma vanilla yang lebih ringan di bagian atasnya.

6. Memakai eau de parfum (EDP)

Formula eau de parfum (EDP) mempunyai konsentrasi minyak wangi yang lebih tinggi sekitar 25 persen yang membuatnya lebih kuat dan tahan lama seharian.

Oleh karena itu, disarankan Anda memilih jenis wewangian EDP dibanding eau de toilette (EDT) atau body mist.

EDT dan body mist cenderung lebih ringan karena formula minyak wanginya lebih sedikit, sehingga aroma yang dihasilkan juga akan cepat hilang dalam waktu 2-3 jam.

Baca Juga: 5 Cara Jitu agar Konsisten Menulis Setiap Hari

7. Semprot di baju

Selain di kulit dan titik nadi tubuh, menyemprot parfum di kain baju terbilang efektif membuatnya tahan lama.

Seiring banyaknya kegiatan yang dilakukan, tubuh akan otomatis memproduksi keringat dan minyak sehingga aroma parfum jadi cepat hilang.

Sementara jika disemprot ke baju aroma parfum bisa awet. Pastikan menyemprot parfum ke baju dengan jarak agak jauh yaitu 30 Cm untuk menghindari noda minyak ke pakaian.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat aroma parfum tahan lama di badan yang bisa Telisikers coba. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga