adplus-dvertising

7 Tips Ini Bisa Bantu Anda Agar Tetap Konsisten dalam Menulis

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 23 Agustus 2021
3898 dilihat
7 Tips Ini Bisa Bantu Anda Agar Tetap Konsisten dalam Menulis
Seseorang sedang fokus menuangkan ide dengan menulis. Foto: Repro Suara.com

" Jika kamu ingin konsisten menulis maka juga haruslah rajin-rajin membaca "

KENDARI, TELISIK.ID - Seseorang yang berprofesi content writer, menulis adalah sebuah keharusan baginya. Namun tak jarang juga ada content writer yang tidak selalu konsisten dalam menulis dengan alasan yang beragam.

Dikutip dari eprints.uny.ac.id, dari beberapa definisi menulis dapat disimpulkan bahwa menulis adalah kegiatan mentranformasikan pikiran atau gagasan menjadi simbol-simbol yang dapat dibaca dan dipahami oleh orang lain.

Hanya saja, cara menulis seorang penulis memang berbeda-beda untuk menghilangkan rasa penat dan bosan, seperti menulis sambil mendengarkan musik ataupun sebaliknya, setiap penulis mempunyai caranya masing-masing.


Seorang content writer dituntut untuk selalu membuat konten tulisan yang menarik pembaca, namun ternyata masih ada juga content writer yang masih bingung bagaimana caranya untuk menjaga konsistensi dalam membuat konten.

Dilansir dari yoursay.com, berikut cara yang dapat dilakukan agar tetap konsisten menulis:

1. Membuat Goal (Tujuan)

Ketika kamu sudah merencanakan tujuan kamu dalam bidang menulis, otomatis kamu akan terlecut semangat untuk selalu membuat dan mengembangkan sebuah konten.

Buatlah goal itu sesuai dengan keinginan pribadimu. Contohnya seperti kamu memiliki laman blog dan kamu ingin mendapatkan Adsense atau penghasilan dari Google dengan cara terus konsisten menulis, otomatis dengan goal tersebut kamu akan terus berpikir bagaimana caranya untuk mendapatkan goal itu.

2. Buang Jauh Objek Pengganggu

Ada banyak hal yang bisa membuat kamu tidak konsisten dalam menulis, seperti pengaruh sosial media. Ranah sosial media ini akan membuatmu semakin tak memikirkan tujuanmu dalam menulis.

Seseorang yang telah candu menggunakan sosial media akan sulit untuk mengembangkan passion serta tujuannya. Jadi, buang jauh untuk sementara ranah sosial mediamu untuk kegiatan menulis!

3. Biasakan Terus Membaca

Menulis harus ada media insipirasinya, untuk mengetahui media insipirasinya sendiri adalah dengan membaca. Membaca sangat umum digunakan para content writer untuk menciptakan topik yang menarik.

Jika kamu ingin konsisten menulis maka juga haruslah rajin-rajin membaca. Membaca tidak harus dari buku bisa dari laman blog, Wikipedia, koran dan sebagainya.

4. Menulislah Seolah-olah Kamu Berbicara

Bagi para penulis yang introver (tidak banyak bicara), menyuarakan aspirasinya lewat media tulisan. Hal ini juga harus dilakukan oleh seorang content writer untuk memunculkan ide-idenya.

Tuangkan semua uneg-unegmu dalam bentuk tulisan, ini akan membuatmu semakin giat untuk bersuara lewat tulisan dan akhirnya kamu menjadi konsisten.

Baca Juga: Jadikan Ruang Tamu Anda Berkesan Mewah dengan 5 Benda Ini

Baca Juga: Kenali 7 Material Kasur dan Raih Tidur Berkualitas Anda

5. Rutin Mencari Trending Topik

Seperti tips yang ketiga tadi, kamu harus rutin membaca dan mencari informasi yang sifatnya trending topik.

Carilah informasi yang nge-trend itu di berbagai laman informasi seperti laman berita, searching google, trending Twitter, dan lain-lain.

Sosial media juga bisa kamu gunakan tapi hanya untuk mencari informasi trending topik bukan untuk scrolling yang lain.

6. Menulislah Tanpa Beban (Lepas)

Keluarkanlah semua ide-ide mu yang tersemat di pikiranmu. Menulislah dulu tanpa memperhatikan padanan katanya. Setelah itu barulah susun satu per satu penyesuaian kata-katanya. Kamu harus melakukan hal ini karena dapat menghindari sifat keraguanmu untuk membuat sebuah tulisan. Jadi, menulislah dengan lepas.

7. Beristirahat

Setelah memeras otakmu untuk berpikir keras membuat tulisan, ada baiknya kamu beristirahat dan menyiapkan untuk ide-ide berikutnya. Beristirahat akan membuat otakmu menjadi rileks dan lebih siap ketika akan memikirkan ide-ide berikutnya. Ini sangat berguna untuk menjaga konsistensi menulis kamu. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga