7 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru Bisa Terealisasi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 26 Desember 2022
0 dilihat
7 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru Bisa Terealisasi
Biasanya di akhir tahun, seseorang akan membuat resolusi untuk pencapaian di tahun berikutnya. Foto: Repro koinwork.com

" Salah satu kebiasaan yang dilakukan seseorang menjelang akhir tahun adalah membuat resolusi. Hal ini untuk membuat agenda tahun depan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kebiasaan yang dilakukan seseorang menjelang akhir tahun adalah membuat resolusi. Hal ini untuk membuat agenda tahun depan.

Secara umum, dikutip dari detik.com, resolusi merupakan sebuah janji pada diri sendiri atau keputusan untuk melakukan sesuatu, terutama untuk memperbaiki perilaku atau gaya hidup selama tahun depan.

Resolusi adalah suatu keputusan tentang apa yang ingin dicapai oleh seseorang. Orang yang memiliki resolusi akan berusaha keras untuk bisa mewujudkan keinginannya.

Biasanya di akhir tahun, seseorang akan membuat resolusi untuk pencapaian di tahun berikutnya.

Baca Juga: 7 Cara Mencuci Muka yang Benar Agar Cerah dan Segar

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat resolusi tahun baru bisa terealisasi:

1. Catat daftar resolusi tahun baru dalam agenda

Catatlah resolusi tahun baru yang ingin Kamu capai. Sesuaikan dengan kemampuan, dan jangan paksakan sesuatu di luar nalar yang tidak mungkin terealisasi. Jangan lupa catat kembali hal yang belum sempat Kamu capai di tahun sebelumnya.

2. Mulai dari hal kecil

Setelah menetapkan beberapa resolusi yang ingin Kamu capai, mulailah langkah kecil dari resolusi Kamu. Misalnya dengan olahraga kecil setiap pagi, atau mengurangi junk food dalam usaha menjaga kesehatan.

Kedua hal tersebut sangat mudah dilakukan namun dampaknya akan besar jika dilakukan dengan rutin.

3. Tetapkan hal besar yang memungkinkan untuk dicapai

Setelah melakukan hal kecil secara rutin, tidak ada salahnya mencoba hal besar yang lebih menantang. Semakin besar resolusi yang ingin Kamu capai, semakin besar juga upaya Kamu untuk mewujudkannya.

Hal besar yang dimaksud bisa berupa pekerjaan baru dengan gaji yang besar, atau membeli barang berharga seperti mobil atau rumah dengan kerja keras.

4. Tetapkan tenggat waktu 

Agar tidak terlalu santai dalam mencapai tujuan atau resolusi yang sudah di tetapkan, tentukan waktu spesifik kapan resolusi tersebut dapat terwujud, dengan begitu Kamu bisa memperkirakan langkah apa yang harus dijalankan.

5. Evaluasi secara rutin

Lakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui sejauh mana progres dari resolusi yang sudah dijalankan. Evaluasi ini memungkinkan Kamu untuk menilai apakah langkah kamu sudah tepat dan berhasil.

Baca Juga: 2 Cara Cepat Turunkan Gula Darah

Jika dirasa masih jauh dari harapan maka kamu bisa merubah cara lain yang lebih efektif.

6. Konsisten

Apapun tujuan dan resolusi Kamu di tahun baru, pastikan kamu melakukannya secara konsisten sesuai dengan komitmen yang Kamu buat sebelumnya. Konsistensi adalah kunci keberhasilan dalam setiap usaha.

7. Berikan Reward

Jika langkah membuat resolusi tahun baru sudah Kamu capai, jangan lupa untuk memberikan reward untuk diri Kamu sendiri sebagai bentuk penghargaan atas semua usaha yang telah Kamu kerjakan secara sungguh-sungguh.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan dalam membuat resolusi untuk tahun depan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga