7 Tips Memotivasi Diri Sendiri, Hargai Dirimu Hingga Baca Biografi Orang Sukses

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 11 September 2022
0 dilihat
7 Tips Memotivasi Diri Sendiri, Hargai Dirimu Hingga Baca Biografi Orang Sukses
Dalam menjalani kehidupan, kamu harus bisa selalu menantang dirimu untuk dapat termotivasi. Foto: Repro hellosehat.com

" Walaupun keadaan sulit, kamu harus tetap semangat dalam menjalani hidup, karena sejatinya, kehidupan akan terus berjalan "

KENDARI, TELISIK.ID - Adakalanya kita mengalami kegagalan, kekecewaan, atau rasa jenuh dalam hidup yang menyebabkan hilangnya motivasi. Memotivasi diri sendiri merupakan cara ampuh untuk menghadapi segala cobaan dalam hidup.

Walaupun keadaan sulit, kamu harus tetap semangat dalam menjalani hidup, karena sejatinya, kehidupan akan terus berjalan. Dsitulah kamu harus bisa memotivasi diri sendiri agar kamu memiliki kembali kekuatan untuk mencari jalan keluar pada kesulitan tersebut.

Berikut ini tips memotivasi diri sendiri agar bisa tetap kuat ketika kesulitan-kesulitan itu datang, seperti dikutip dari alodokter.com dan yoursay.id, antara lain:

1. Tetapkan dan tulis tujuan

Tetapkan tujuan atau target yang ingin dicapai dalam hidup secara spesifik, jelas, objektif, dan realistis. Kemudian, tulis tujuan tersebut dalam buku agendamu, atau pada selembar kertas dan tempelkan di dinding kamar atau ruang kerja.

Jika perlu, tempelkan juga kertas berisi kalimat motivasi dari tokoh-tokoh terkenal yang bisa menginspirasimu untuk terus melangkah meraih tujuan tersebut.

Selain sebagai pengingat, cara ini akan membuatmu lebih semangat dan berkomitmen terhadap tujuan yang sudah kamu tetapkan.

2. Jernihkan pikiran

Setiap orang pasti pernah mengalami kejenuhan yang dapat menghilangkan motivasi. Bisa jadi karena pekerjaanmu sehari-hari yang menyebabkan kamu jenuh, sehingga kamu akan merasa bosan terhadap apa yang dikerjakan. Jika itu kamu rasakan, jernihkan dahulu pikiranmu sejenak. Kamu dapat menghirup udara segar dan bersantai pada alam terbuka, dengan begitu pikiran kamu bakal jernih dan kamu siap bekerja lagi.

Baca Juga: Tips Hubungan Akur dengan Mertua, Nomor 7 Sering Diabaikan

3. Hargai diri sendiri

Hargailah setiap pekerjaan yang telah kamu lakukan dengan baik, seperti datang tepat waktu. Dengan menghargai diri sendiri, kamu akan bisa fokus terhadap apa yang kamu kerjakan sesusah apapun itu. Cara itu ampuh untuk memotivasi dirimu.

4. Jangan berhenti mengejar mimpi

Dalam menjalani kehidupan, kamu harus bisa selalu menantang dirimu untuk dapat termotivasi. Jangan hentikan mimpimu ketika kamu hanya berhasil meraih satu impian. Teruslah mengejar mimpi yang belum pernah kamu capai sebelumnya, itu akan membuat dirimu selalu termotivasi dalam hidup.

5. Susun rencana dengan baik dan terarah

Buat rencana dan susun langkah-langkah untuk mencapai tujuanmu. Kamu bisa membaginya menjadi beberapa tugas kecil atau sederhana, dengan target yang bisa dicapai dalam jangka pendek.

Catat daftar tugas tersebut di buku, dan beri tanda centang pada setiap tugas yang sudah kamu kerjakan. Dengan cara ini, tujuanmu tidak akan terasa terlalu berat atau terlalu jauh untuk dicapai. Kamu juga akan lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugas-tugas berikutnya dengan target yang lebih tinggi.

Baca Juga: 7 Tips Agar Berhasil Meraih Kesuksesan

Jaga dan pertahankan rutinitas yang sudah dibangun. Saat merasa jenuh, kamu bisa beralih sejenak ke rutinitas lain yang sejalan dengan tujuanmu, atau sekadar melakukan hobi untuk menyegarkan pikiran.

6. Atasi rasa takut terhadap kegagalan

Ceritakanlah tujuan dan impianmu hanya kepada orang-orang yang kamu percayai. Hal ini untuk menghindari terlalu banyak kritikan dari orang lain saat kamu mengalami kegagalan.

7. Baca biografi orang sukses

Membaca biografi orang sukses merupakan salah satu cara kamu bisa belajar agar menjadi orang sukses. Bacalah buku-buku biografi tokoh yang kamu sukai, dan catatlah poin-poin penting yang bisa kamu terapkan. Lakukanlah secara konsisten, karena hal ini akan mampu memotivasi dirimu lagi.

Itulah 7 tips untuk memotivasi diri sendiri yang bisa kamu terapkan dari sekarang. Meski sulit, sejatinya tak akan ada yang mengubah hidup selain dirimu sendiri. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga