7 Tips Pola Makan Pasca Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 14 April 2024
0 dilihat
7 Tips Pola Makan Pasca Lebaran
Memilih pola makan setelah Lebaran sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Foto: Repro Shutterstock

" Selama hari Lebaran menu santan dan makanan berlemak menjadi sajian di atas meja, baik rumah sendiri maupun saat bertamu. Maka usai lebaran sebaiknya bisa mengatur kembali pola makan "

KENDARI, TELISIK.ID - Selama hari Lebaran menu santan dan makanan berlemak menjadi sajian di atas meja, baik rumah sendiri maupun saat bertamu. Maka usai lebaran sebaiknya bisa mengatur kembali pola makan.

Pada umumnya, dikutip dari siloamhospitals.com, momen lebaran yang dimeriahkan dengan berbagai macam hidangan jika tidak dikontrol dengan baik, konsumsi makanan khas Lebaran ini bisa menyebabkan berat badan meningkat.

Untuk menghindari hal tersebut, disarankan untuk menerapkan tips mengatur pola makan yang sehat kembali setelah Lebaran dengan tepat.

Terdapat berbagai mengatur pola makan setelah Lebaran yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan di antaranya adalah mengatur pola makan yang tepat, memperbanyak asupan serat, rutin berolahraga, hingga menerapkan mindful eating.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Olahraga Peninggi Badan

Melansir halodoc.com, berikut beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengatur pola makan pasca Lebaran:

1. Makan dalam Porsi Kecil namun Sering

Makan dalam porsi kecil namun sering dapat membantu menjaga kadar gula darah dan menjaga metabolisme tubuh tetap lancar. Sebaiknya makan dalam porsi kecil 5-6 kali sehari agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

2. Kurangi Asupan Gula dan Karbohidrat

Setelah puasa sebulan penuh dan langsung mengonsumsi makanan lezat saat Lebaran, mungkin banyak orang merasa sulit untuk mengurangi asupan gula dan karbohidrat. Namun, seringkali sangat penting guna agar tubuh kembali sehat dan berenergi. 

Kamu bisa mengganti sumber karbohidrat dari nasi putih menjadi nasi merah atau kentang rebus, dan mengurangi makanan yang tinggi gula seperti kue dan minuman manis.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat penting bagi tubuh karena dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh dan menjaga kelembapan kulit. Setelah Lebaran, perbanyaklah minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

4. Konsumsi Banyak Sayur dan Buah

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh untuk menjaga kesehatan. Selain itu, serat pada sayur dan buah juga dapat membantu memperlancar pencernaan. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi banyak sayur dan buah setelah Lebaran.

5. Tetap Jaga Keseimbangan Nutrisi

Terakhir, jangan lupa untuk tetap menjaga keseimbangan nutrisi dalam pola makan. Tubuh membutuhkan nutrisi yang seimbang dari berbagai macam jenis makanan, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

6. Batasi Konsumsi Makanan Olahan dan Siap Saji

Makanan olahan dan siap saji mengandung banyak bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang tidak sehat bagi tubuh. Jika kamu ingin mengatur pola makan pasca Lebaran, sebaiknya batasi konsumsi makanan olahan dan siap saji dan pilih makanan yang segar dan alami.

7. Olahraga Secara Teratur

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan membakar kalori. Setelah Lebaran, sebaiknya mulai rutin berolahraga seperti jogging, bersepeda, atau berenang. Dengan olahraga secara teratur, kamu dapat membantu membakar kalori dan menjaga tubuh tetap sehat.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatur pola makan setelah Lebaran. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga