7 Tips Sederhana Menidurkan Anak

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 08 September 2022
0 dilihat
7 Tips Sederhana Menidurkan Anak
Setiap anak memiliki waktu tidur yang berbeda sesuai usianya. Semakin bertambah usia anak, maka waktu tidur yang diperlukan pun semakin berkurang. Foto: Repro mamapedia

" Menidurkan anak, sering sekali jadi hal sulit untuk dilakukan. Terutama jika anak tidak mau tidur dan masih ingin bermain, padahal anak membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk tumbuh kembang mereka "

KENDARI, TELISIK.ID - Menidurkan anak, sering sekali jadi hal sulit untuk dilakukan. Terutama jika anak tidak mau tidur dan masih ingin bermain, padahal anak membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk tumbuh kembang mereka.

Umumnya, anak-anak membutuhkan tidur antara 11-16 jam tergantung usia dan kebutuhan mereka. Berikut ini beberapa tips sederhana menidurkan anak seperti dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id dan haibunda.com, yaitu:

1. Cukupi waktu tidur anak

Setiap anak tentu punya lama waktu tidur yang berbeda sesuai usianya. Seperti halnya, anak-anak berusia 1-4 minggu yang butuh waktu tidur sekitar 16-17 jam. Pada usia 1-4 bulan, anak cenderung tidur selama 16-17 jam.

Sementara itu di usia 4 bulan hingga 1 tahun, anak membutuhkan 14-15 jam tidur setiap hari. Untuk anak usia 1-3 tahun, mereka membutuhkan sekitar 12-14 jam tidur dan usia 3-6 tahun sekitar 11-12 jam tidur sehari.

Semakin bertambah usia anak maka lama waktu tidur yang diperlukan pun semakin berkurang. Di usia 7-12 tahun misalnya, pada usia ini anak cenderung membutuhkan jam tidur hanya sekitar 10-12 jam tidur malam.

2. Tidur pada waktu yang sama tiap malam

Untuk menidurkan anak dengan cepat adalah dengan mengajak anak untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam. Dengan tidur pada waktu yang sama setiap malam dapat membuat anak secara fisik dan mental untuk masuk ke rutinitas mereka tidur.

Baca Juga: 4 Tips Semangat Bekerja Tetap Terjaga Sepanjang Hari

Tetaplah jaga konsistensi waktu tidur mereka bun walaupun di hari libur sekalipun. Walaupun mereka masih ingin bermain, tetapi tubuh mereka tidak.

3. Hindari penggunaan elektronik

Hindari penggunaan perangkat elektronik seperti smartphone atau menonton TV sebelum waktu tidur mereka tiba. Biarkan mereka bersantai-santai tanpa perangkat elektronik sebelum tidur.

Menonton TV sebelum waktu tidur mereka tiba dapat membuat anak terjaga karena merasa hal yang mereka tonton jauh lebih menarik dibandingkan tidur.

4. Buat rutinitas sebelum tidur

Bicara soal tips cepat menidurkan anak, rutinitas tidur malam disebut dapat menghilangkan stres waktu tidur bagi orang tua dan anak. Bahkan, hal ini juga bisa membantu anak tidur lebih nyaman.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan sebelum tidur. Namun pastikan aktivitas tersebut membuat rileks dan mendorongnya untuk tidur. Beberapa aktivitas tersebut diantaranya seperti mandi santai, sikat gigi, memakai piyama, dan membaca buku favorit anak.

Rutinitas tersebut bisa disesuaikan dengan apa yang menurut Bunda cocok untuk kebutuhan anak. Jangan lupa juga untuk tetapkan rutinitas waktu tidur yang konsisten dan santai selama 20-30 menit sebelum tidur.

Baca Juga: 7 Tips Bentuk Mental di Tengah Beban Hidup yang Berat

5. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Hadirkan kenyamanan tidur jadi salah satu kunci cepat menidurkan anak. Anda harus pastikan menjaga kamar tetap gelap, tenang, dan sejuk. Jika si kecil tak suka gelap, anda bisa berikan sedikit penerangan dengan lampu tidur.

Beberapa anak juga sering sekali takut saat tidur sendirian. Untuk mengatasi kekhawatirannya, anda bisa taruh boneka atau mainan favoritnya untuk menemaninya saat tidur.

6. Atur waktu tidur lebih awal

Mengatur waktu tidur lebih awal dapat membuat anak tertidur lebih cepat dan pulas. Ketika anak-anak kelelahan, mereka akan lebih sulit untuk tidur.

Para ahli menyarankan bagi anak-anak yang masih di sekolah dasar untuk tidur pada pukul 07:30-08:30 di malam hari agar anak-anak dapat tertidur lebih pulas dan cepat.

7. Ingatkan waktu tidur

Mengingatkan anak untuk tidur juga merupakan tips cepat menidurkan si kecil yang tak boleh anda lewatkan. Agar anak tidur cepat, anda harus konsisten mengingatkannya jika sudah mendekati waktu tidurnya.

Anda juga bisa menawarkannya pilihan seperti "Kamu mau tidur sekarang atau lima menit lagi?". Namun, hindari melakukan tawaran ini berkali-kali biar ia tak terbiasa mengulur waktu tidurnya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga