7 Titik Posko Keamanan Mudik Muna Barat Terpantau Tertib dan Aman

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 20 April 2023
0 dilihat
7 Titik Posko Keamanan Mudik Muna Barat Terpantau Tertib dan Aman
Salah satu titik posko keamanan jalur mudik di Muna Barat, tepatnya di Tugu Lagadi terpantau tertib dan aman. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Arus lalu lintas di Kabupaten Muna Barat H-1 Idul Fitri terpantau aman dan tertib, tujuh posko keamanan disiapkan oleh pemerintah daerah setempat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Arus lalu lintas di Kabupaten Muna Barat H-1 Idul Fitri terpantau aman dan tertib, tujuh posko keamanan disiapkan oleh pemerintah daerah setempat.

Pantauan telisik.id, pada posko pengamanan jalur mudik tepatnya di Tugu Lagadi Kecamatan Lawa, kendaraan masih berlalu lalang dengan mulus tanpa adanya macet, jalur mudik tersebut dijaga oleh beberapa petugas TNI/Polri, Satpol PP, pemadam kebakaran, Dinas Kesehatan dan personel bantuan dari Dinas Perhubungan.

Tampak Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat dan Sekda turut meninjau langsung posko keamanan jalur mudik tersebut selepas upacara siaga penertiban Idul Fitri 1444 Hijriah.

Baca Juga: Kapal Tertunda, Pemudik di Pelabuhan Murhum Baubau Pusing harus Keluar Biaya Ekstra

Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, menjelang lebaran posko pengamanan di Kabupaten Muna Barat ditambah menjadi tujuh posko, yakni di Tugu Lagadi, Permandian Wakante dan Permandian Matakidi, tugu pesawat dan Bandara Sugimanuru, Pantai Latawe, Pantai Pajala, serta Pelabuhan Tondasi dan Pulau Indo.

"Sasaran pelaksanaan pengamanan ini juga menyasar tempat-tempat peribadatan umat muslim, lokasi Salat Id," ungkap Bahri saat ditemui di posko pengamanan, Kamis (20/4/2023).

Tak hanya itu, pelaksanaan pengamanan juga menyasar objek wisata, jalur pergerakan orang dan barang, serta kegiatan masyarakat yang perlu diamankan, sehingga saat perayaan Idul Fitri 1444 H berjalan dengan tertib dalam situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Bahri katakan, Pemerintah Daerah Muna Barat memiliki target dalam pelaksanaan pengamanan tersebut, yakni terwujudnya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan merayakan Idul Fitri.

Selanjutnya demi terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas bagi masyarakat yang berpergian, terdatanya semua gangguan kamtibmas dengan akurat dan cermat dapat menjadikan bahan evaluasi.

Sesuai dengan kebijakan Kemendagri dalam penyelenggaraan Idul Fitri, pemerintah daerah memberi dukungan arus mudik dan arus balik lebaran dengan menggabungkan posko pengamanan pemda dan posko forkopimda.

"Kita juga akan siaga terhadap bencana alam maupun non alam, salah satunya dengan memastikan para penumpang diberi pelampung oleh jasa angkutan laut," bebernya.

Untuk itu, Bahri menekankan agar para personel penugasan tetap menjaga stamina, kesehatan mental dan fiisik selama menjalankan kegiatan tersebut, kemudian mendeteksi dini terhadap dinamika terhadap fenomena yang berkembang sehingga melakukan pencegahan yang prediktif.

Baca Juga: Tak Sabar Menunggu, Puluhan Pengendara Pilih Mudik Jalur Darat

Tak hanya itu, personel penugasan diharapkan dapat menjalankan tugas secara humanis dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sementara itu, Kapolres Muna melalui Kabag OPS Polres Muna, AKP Ogen Sairi mengatakan, adanya posko keamanan untuk mencegah hal-hal yang dapat memicu konflik antar masyarakat.

"Keamanan diharapkan bukan hanya dilakukan oleh TNI/Polri, tetapi masyarakat juga mampu menjaga situasi dan kondisi di wilayah masing-masing," ungkapnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga