732 Buah Kelapa Diolah Siswa SMA/SMK Buteng, Produksi Minyak Kelapa Secara Massal

Mutarfin, telisik indonesia
Sabtu, 02 April 2022
0 dilihat
732 Buah Kelapa Diolah Siswa SMA/SMK Buteng, Produksi Minyak Kelapa Secara Massal
Pembuatan minyak kelapa oleh siswa SMA/SMK se-Buteng. Foto: Mutarfin/Telisik

" Kegiatan hari ini adalah kegiatan pembuatan minyak kelapa secara massal se-Sulawesi Tenggara di tingkat SMA/SMK negeri dan swasta, serentak di 17 kabupaten kota "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Menyikapi makin langkanya minyak goreng saat ini, pelajar SMA/SMK negeri dan swasta se-Buton Tengah memproduksi secara massal minyak goreng dengan bahan dasar kelapa, dengan menyiapkan 732 buah kelapa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMAN 1 Mawasangka Kabupaten Buton Tengah, sebagai tuan rumah kegiatan. Kepala Sekolah SMAN 1 Mawasangka La Saruji menjelaskan, kegiatan hari ini adalah kegiatan pembuatan minyak kelapa secara massal se-Sulawesi Tenggara di tingkat SMA/SMK negeri dan swasta, serentak di 17 kabupaten kota.

"Untuk Kabupaten Buton Tengah ini ditempatkan di SMAN 1 Mawasangka, diikuti oleh 29 SMA/SMK negeri dan swasta se-Buton Tengah," ungkapnya, Sabtu (2/4/2022).

Ia menambahkan, kegiatan yang baru kali ini dilakukan, merupakan respon dari permasalahan nasional di mana terjadi kelangkaan minyak goreng. Maka atas inisiatif Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara bekerja sama dengan KNPI Sulawesi Tenggara, dilaksanakanlah kegiatan ini.

Kata dia, kalau di sekolah non penggerak, ini namanya program prakarya. Kalau di sekolah penggerak, disebut projek profil pelajar pancasila tema kewirausahaan.

Baca Juga: Dinas Ketapang Konawe Pastikan Stok Pangan Selama Ramadan Aman

"Stok kelapa yang disiapkan ini diusahakan oleh tiap-tiap sekolah.  Dari sekolah kami menyediakan tenda, label sekolah dan biaya tenda ini merupakan tanggugan masing-masing sekolah juga," imbuhnya.

Minyak yang dihasilkan nanti akan dikumpulkan, kemudian menunggu arahan dari Dinas Pendidikan Provinsi nanti seperti apa.

Baca Juga: Siapkan 3.000 Tungku, Pelajar SMA/SMK se-Sultra Produksi Minyak Goreng

"Harapanya ini kan banyak siswa yang belum pernah lihat cara membuat minyak kelapa. Melalui kegiatan ini, siswa dilatih bagaimana memulai membuat minyak goreng itu diawali dari mengupas kelapa, mengupas tempurungnya, memarut, memeras kelapa parut sampai memasak santannya hingga menjadi minyak kelapa," jelasnya.

Salah satu siswa SMAN 1 Mawasangka, Meriska mengatakan, membuat minyak kelapa ini susah-susah gampang perlu keterampilan dan pengetahuan.

"Saya kira gampang, teryata sulit dan proses pembuatanya agak rumit. Belum lagi proses memasak yang terbilang agak lama," tuturnya. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga