75 Anggota Paskibraka Muna Barat Dikukuhkan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 16 Agustus 2023
0 dilihat
75 Anggota Paskibraka Muna Barat Dikukuhkan
Upacara pengukuhan paskibraka Muna Barat yang akan bertugas mengibarkan bendera pada saat upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023. Foto: Ist.

" 75 peserta pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) Kabupaten Muna Barat yang akan bertugas pada upacara HUT RI ke-78, resmi dikukuhkan oleh Pj Bupati, Bahri "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - 75 peserta pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) Kabupaten Muna Barat yang akan bertugas pada upacara HUT RI ke-78, resmi dikukuhkan oleh Pj Bupati, Bahri.

Pengukuhan paskibraka itu dilaksanakan di Lapangan Wamelai, Kecamatan Lawa, dihadiri oleh seluruh OPD, kepala desa dan lurah se-Muna Barat, kepala sekolah serta orang tua peserta paskibraka.

Pengukuhan itu berjalan dengan hikmat, yang diawali dengan pembakaran obor (taptu), menyanyikan lagu Indonesia Raya, hening cipta, serta pengucapan ikrar pemuda Indonesia dan pernyataan ikrar oleh Pj Bupati Muna Barat.

Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, pengukuhan peserta paskibraka ini telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022, maka secara nasional saat ini melakukan pengukuhan terhadap anggota paskibraka.

"Ini ialah putra putri terbaik yang merupakan kader bangsa yang bertugas mengibarkan dan menurunkan duplikat bendera pada upacara HUT RI," ungkapnya, Selasa (15/8/2023) malam.

Baca Juga: Anggota Paskibraka Nasional Perwakilan Banten Ternyata Orang Kendari, Ini Sosoknya

Tak hanya itu, sesuai Perpres Nomor 51 Tahun 2022 pasal 9, setelah melakukan tugas, para anggota paskibraka disebut sebagai purna paskibraka dan otomatis menjadi duta Pancasila.

Bahri berpesan kepada seluruh anggota untuk selalu menjadi role model bagi pelajar yang berprestasi, disiplin, bermoral, serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Hamse mengatakan, 75 anggota paskibraka ini telah melakukan latihan selama dua bulan lebih, terhitung dari proses seleksi, kemudian selama 22 hari terakhir latihan terus diperketat.

Baca Juga: Pemda Konawe Minta Klarifikasi Tim Seleksi Calon Paskibraka Utusan Sulawesi Tenggara

"Dari 75 itu terdiri dari pasukan 17, pasukan 8, dan pasukan 45 dan 5 orang cadangan, serta 8 orang pengawal pengapit dari Polri dan TNI yang dikukuhkan," ungkapnya.

Harapannya para anggota paskibraka ke depannya mampu menjadi pemuda dan pemudi yang tangguh dengan terus berkarya, mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki integritas yang baik, sehingga mampu membawa pengaruh positif bagi lingkungan.

Para anggota paskibraka telah dipersiapkan kebutuhan mulai dari seragam hingga uang saku yang nantinya akan diberikan, ia menyebut total anggaran untuk paskibraka ini mencapai Rp 700 juta. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga