adplus-dvertising

76 Tahun Indonesia Merdeka, 6 Desa di Pulau Masaloka Raya Baru Nikmati Air Bersih

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 09 November 2021
902 dilihat
76 Tahun Indonesia Merdeka, 6 Desa di Pulau Masaloka Raya Baru Nikmati Air Bersih
Air bersih di bak penampungan di Pulau Masaloka Raya. Foto: Cipta Karya PUPR Bombana

" 6 desa di Kecamatan Masaloka Raya merasakan mendapatkan kado terindah di tahun 2021 ini dengan berhasilnya dialiri air bersih "

BOMBANA, TELISIK.ID - Meski Indonesia telah merdeka 76 tahun silam, masih saja ditemukan daerah yang belum mendapatkan hak akan air bersih.

6 desa di Kecamatan Masaloka Raya merasakan mendapatkan kado terindah di tahun 2021 ini dengan berhasilnya dialiri air bersih.

Zalman, anggota Dewan Bombana mengungkapkan, Pulau Masaloka mendapatkan kado terindah tahun 2021. Pihaknya menilai dengan mengalirnya air bersih yang dianggarkan oleh negara, merupakan hadiah HUT RI ke-76.


"Sebagai perwakilan masyarakat, kami sangat merasa bersyukur, karena sudah 76 tahun Indonesia merdeka, 6 desa di Pulau Masaloka Raya baru teraliri air bersih," ucap Zalman kepada Telisik.id, Selasa (9/11/2021).

Adapun 6 desa di Pulau Masaloka Raya adalah Desa Batu Lamburi, Desa Masaloka Timur, Desa Masaloka Selatan, Desa Masaloka dan Desa Masaloka Barat.

Baca Juga: Ketua DPRD Sumut Sepakat Bangun Jalur Alternatif Medan - Tanah Karo, Ini Tujuannya

Baca Juga: Jalur Trans Sulawesi di Luwu Putus, Warga Rebutan BBM di SPBU

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Bombana, Ishak saat dikonfirmasi menyebutkan, air bersih yang dialirkan ke Pulau Masaloka melintasi jarak 10 kilometer menerobos laut.

"Sumber mata air dari puncak gunung Lampata. Dari Lampata jalur darat melintasi jarak 5,5 kilo meter, di jalur dasar laut 800 meter menggunakan selang HDPE dan 4 kilometer menggunakan pipa," urai Ishak.

Penyediaan fasilitas air bersih ini bersumber dari anggaran DAK tahun 2021 senilai Rp 2,9 miliar dan APBD tahun 2020 senilai Rp 900 juta.

Basmin, Salah satu warga di Kecamatan Masaloka Raya mengungkapkan bahwa air bersih dan listrik adalah impian masyarakat Pulau Masaloka Raya.

"Alhamdhulillah, sudah puluhan tahun kami ingin rasakan air bersih dan listrik untuk penerangan. Sebuah kesyukuran saat ini karena pemerintah daerah telah mendengar aspirasi kami selama ini," pungkasnya. (A)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga