8 Cara Praktis untuk Hilangkan Bau Badan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 04 Januari 2023
0 dilihat
8 Cara Praktis untuk Hilangkan Bau Badan
Bau badan merupakan bau yang tidak menyenangkan yang muncul dari tubuh. Foto: Repro Envato Elements

" Bau badan menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Makanya penting untuk mengetahui cara mengatasi bau badan agar tetap pede "

KENDARI, TELISIK.ID - Bau badan menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Makanya penting untuk mengetahui cara mengatasi bau badan agar tetap pede.

Dikutip dari lifebuoy.co.id, bau badan merupakan bau yang tidak menyenangkan yang muncul dari tubuh. Bau tersebut ditimbulkan oleh bakteri yang hidup di kulit saat bercampur dengan keringat.

Bau badan menjadi semakin jelas jika tidak ada tindakan yang diambil ketika manusia mencapai pubertas 14-16 tahun pada wanita dan 15-17 tahun pada laki-laki.

Orang yang mengalami obesitas, mereka yang rutin makan makanan pedas, serta individu dengan kondisi medis tertentu.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Tingkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerja

Bau badan menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Makanya penting untuk mengetahui cara mengatasi bau badan agar tetap pede.

Melansir yoursay.id dari laman halodoc.com, berikut beberapa cara praktis mengatasi bau badan agar kamu tetap pede berinteraksi:

1. Menggunakan sabun antibakteri

Jangan asal memakai sabun saat mandi, apalagi kamu memiliki permasalahan bau badan. Disarankan memakai sabun yang mencantum keterangan berbahan antibakteri, yang berfungsi untuk membasmi dan mengendalikan bakteri penyebab bau badan.

2. Hindari makanan pedas dan berlemak

Tahukah kamu makanan yang pedas menjadi salah satu penyebab munculnya keringat berlebih? Ya, benar. Karena keringat berlebih inilah menjadi penyebab munculnya bau badan. Tak hanya makanan yang pedas saja, untuk mengurangi bau badan kamu wajib menghindari makanan yang berlemak dan makanan berbau menyengat seperti bawang putih dan bawang bombay.

3. Mandi yang teratur

Mandi yang teratur dianjurkan memang satu kali dalam sehari. Namun baiknya bisa dilakukan dua kali sehari seperti kebanyakan masyarakat Indonesia. Tentu tak asal mandi ya, harus memperhatikan titik rawan berkeringat di tubuh kamu yang wajib dibersihkan dengan baik.

4. Memilih dan menggunakan pakaian berbahan katun

Penggunaan pakaian berbahan tidak menyerap keringat berlebih dengan cepat dapat menimbulkan bau badan yang menyengat. Sebaiknya memilih penggunaan pakaian berbahan katun yang cepat menyerap keringat dan mengurangi bau badan.

5. Mengeringkan tubuh dengan benar

Ini adalah salah satu tahapan setelah mandi, yakni mengeringkan tubuh kamu dengan handuk yang kering dan bersih untuk membersihkan titik rawan penghasil keringat berlebih seperti ketiak serta selangkangan.

6. Memakai deodoran atau antiperspiran secara teratur

Ini adalah cara umum yang dilakukan, dan tentunya sangat membantu kita menjaga penampilan. Walau sebenarnya fungsi deodoran bukan mencegah keringat yang keluar dari ketiak, namun mampu meminimalisir bau keringat yang muncul. Sedangkan antiperspirin lebih memiliki fungsi untuk mengurangi keringat yang keluar secara berlebihan dari tubuh kita.

Baca Juga: Ini Titik G-Spot Pria yang Tidak Banyak Diketahui serta Cara Merangsangnya

7. Rutin mencukur rambut ketiak dan rambut-rambut di daerah sensitif

Tak hanya wajib rutin mencukur rambut di bagian ketiak, sangat dianjurkan juga mencukur rambut-rambut di area kemaluan kita. Mengapa? Ternyata rambut-rambut tipis di area ketiak dan kemaluan menjadi rumah yang nyaman bagi bakteri penyebab bau tak sedap.

8. Mengganti pakaian saat mulai berkeringat banyak

Mengganti pakaian dengan pakaian yang kering saat keringat berlebih adalah langkah yang tepat. Tak hanya itu, penggunaan kaus kaki, dan sepatu yang mulai berbau disarankan untuk segara diganti. Jangan sampai kamu jadi bahan ejekan karena sepatu dan kaus kakimu berbau, seperti tidak pernah berganti selama seminggu.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Telisikers lakukan untuk mengatasi bau badan agar tetap pede. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga