adplus-dvertising

8 Keajaiban Sedekah yang Dijanjikan Allah SWT

Haerani Hambali, telisik indonesia
Jumat, 28 Oktober 2022
520 dilihat
8 Keajaiban Sedekah yang Dijanjikan Allah SWT
Sedekah adalah ibadah sunnah yang paling utama dan termasuk amal jariyah yang pahalanya terus mengalir. Foto: Repro Liputan6.com

" Sedekah adalah amalan yang sangat dicintai Allah SWT. Allah pun menjamin terkabulnya segala permintaan bagi muslim yang rajin bersedekah "

KENDARI, TELISIK.ID -  Sedekah adalah ibadah sunnah yang paling utama dan termasuk amal jariyah yang pahalanya terus mengalir meskipun pelaku sedekah telah meninggal dunia.

“Jika anak keturunan Adam meninggal dunia, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, atau anak shaleh yang senantiasa mendoakannya.” (HR. Muslim no. 1631).

Sedekah adalah amalan yang sangat dicintai Allah SWT. Itulah mengapa sedekah bisa memberikan dampak yang tak main-main. Allah pun menjamin terkabulnya segala permintaan bagi muslim yang rajin bersedekah.


Mengutip liputan6.com, keutamaan bersedekah ditegaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 271:

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Baca Juga: Begini Cara Mendidik Anak Laki-Laki Menurut Islam

Allah Subhanahu Wa Ta’ala benar-benar memuliakan orang-orang yang bersedekah. Ia menjanjikan banyak keutamaan dan keajaiban yang menakjubkan bagi orang-orang yang gemar bersedekah.

Berikut ini keajaiban bersedekah, dikutip dari Islampos.com.

1. Bersedekah dapat menentramkan hati

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan perumpamaan yang bagus tentang orang yang dermawan dengan orang yang pelit:

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, karena sedekahnya, ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, karena pelitnya, ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari no. 1443).

2. Dapat Menghapuskan Dosa

Bersdekah dapat juga menghapus dosa-dosa dengan disertai taubat yang sungguh-sungguh. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

3. Sedekah Menjadi Bukti Keimanan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim no.223).

An Nawawi menjelaskan: “Yaitu bukti kebenaran imannya. Oleh karena itu shadaqah dinamakan demikian karena merupakan bukti dari Shidqu Imanihi (kebenaran imannya)”

4. Pahala Dilipatgandakan

Allah Suhanahu wa Ta’ala berfirman: “Perumpamaan sedekah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 261).

Dalam ayat lain Allah Suhanahu wa Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18).

5. Sedekah Membuat Hidup Menjadi Berkah

Sedekah adalah salah satu cara untuk bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, atas setiap nikmat yang telah diberikan kepada setiap hambanya.

Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap persendian manusia wajib disedekahi, setiap hari yang padanya matahari terbit. Beliau bersabda,”Mendamaikan antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah, membantu seseorang dalam masalah kendaraannya lalu menaikannya ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Beliau bersabda, “(Mengucapkan) kalimat yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang dia berjalan menuju masjid untuk salat adalah sedekah dan menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

6. Sedekah Mempermudah Mendapatkan Rezeki

Dengan bersedekah bisa membuat kita ingat, agar kita tidak menyekutukan Allah dan selalu yakin bahwa semuanya telah diatur oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588).

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Perhatikan Adab Saat Membaca Al-Qur'an

7. Mendapatkan Syafaat di Akhirat

Orang yang bersedekah di jalan Allah akan membantu kita kelak di akhirat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menceritakan tentang 7 gpolongan yang mendapat naungan di suatu hari yang tidak ada naungan selain dari Allah di hari akhir adalah orang yang bersedekah.

Nabi menyebutkan tujuh golongan yang akan Allah naungi pada hari yang tidak ada naungan, kecuali naungan-Nya. Sabda beliau,” Dan seseorang yang menyedekahkan sesuatu, dia menyembunyikannya hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dinafkahkannya oleh tangan kanannya.” (HR.Bukhari).

8. Sedekah Membebaskan dari Siksa Kubur

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873). (C)

Penulis: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga