8 Mahasiswa Teknik Mesin UHO Terpilih Magang di Jepang

Musyrifa Sya’adah, telisik indonesia
Senin, 30 Januari 2023
0 dilihat
8 Mahasiswa Teknik Mesin UHO Terpilih Magang di Jepang
UHO saat melepas 8 mahasiswa Fakultas Teknik Mesin UHO untuk berangkat magang ke Jepang. Foto: Musyrifa Sya’adah/Telisik

" Sedikitnta delapan mahasiswa dari Fakultas Teknik Mesin Universitas Halu Oleo (UHO) berhasil terpilih dan berangkat ke Jepang, untuk mengikuti program magang internasional di perusahaan Yorozu Jepang "

KENDARI, TELISIK.ID - Sedikitnta delapan mahasiswa dari Fakultas Teknik Mesin Universitas Halu Oleo (UHO) berhasil terpilih dan berangkat ke Jepang, untuk mengikuti program magang internasional di perusahaan Yorozu Jepang.

Dalam upaya pengimplementasian kegiatan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), melalui kerja sama dengan Japan World Business memberikan kesempatan dengan kuota 100 orang, dan sebanyak 8 mahasiswa Fakultas Teknik Mesin UHO akhirnya terpilih untuk magang di Jepang.

Hal itu tentunya akan meningkatkan kinerja perguruan tinggi khususnya UHO dalam hal mempersiapkan alumninya agar mudah diterima di dunia kerja. Para mahasiswa itu pun akan diberikan gaji sesuai dengan kinerja mereka.

Baca Juga: Pemkot Minta Peningkatan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui UMKM yang Diwadahi IWAPI

“Oleh karena itu dua indikator kinerja perguruan tinggi terpenuhi. Pertama, mahasiswa berkesempatan belajar di luar negeri melalui program MBKM. Kedua, kami memberikan bekal kepada mahasiswa untuk mudah diterima kerja melalui program magang ke luar negeri,” ujar Dekan Teknik UHO, Edward Ngii, Senin (30/1/2023).

Mahasiswa Teknik UHO tersebut akan mengikuti magang internasional selama 1 semester dengan maksimum waktu 1 tahun. Pihak perusahaan juga dapat memperpanjang kontrak apabila melihat trackrecord mereka yang bagus dalam pekerjaan.

Dalam proses perekrutan mahasiswa tersebut sudah terdapat MoU, di mana proses pendaftaran dimulai dari mengisi biodata setelah itu dilakukan seleksi berkas. Hasilnya diumumkan oleh pihak perusahaan sehingga tidak ada intervensi dari pihak fakultas terhadap hasil tes.

Baca Juga: Mentan Dorong Komoditas Sorgum di Konawe Selatan

“Untuk di Indonesia Timur sekaligus juga di universitas, Fakultas Teknik UHO menjadi role model dalam proses program magang di luar negeri,” ungkap Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik UHO, Adris A Putra.

Salah satu mahasiswa Teknik Mesin yang merupakan peserta program magang di Jepang, Hasmani Akbar mengatakan, dirinya sangat senang dapat terpilih sebagai salah satu mahasiswa yang mengikuti program magang di Jepang. Ia juga mengingatkan kepada mahasiswa lainnya agar memperbanyak pengalaman kerja salah satunya melalui program magang.

“Saat ini sudah banyak sekali program magang yang bisa mahasiswa ikuti, karena di zaman sekarang pengalaman pekerjaan menjadi hal yang diperhatikan oleh setiap perusahaan yang hendak menerima anda sebagai pegawainya, selain itu juga untuk meningkatkan skill,” tutupnya. (A)

Penulis: Musyrifa Sya’adah

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga