8 Pilihan Makanan Pelancar Haid yang Perlu Wanita Ketahui

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 22 Januari 2023
0 dilihat
8 Pilihan Makanan Pelancar Haid yang Perlu Wanita Ketahui
Seringkali beberapa wanita mengalami haid yang tidak lancar dalam kondisi tertentu. Foto: iStockphoto

" Salah satu kondisi yang kurang normal yang seringkali dialami kaum hawa adalah haid tidak lancar. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi yang kurang normal yang seringkali dialami kaum hawa adalah haid tidak lancar. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Dikutip dari halodoc.com, haid atau menstruasi merupakan keluarnya darah dari vagina yang terjadi sebagai dampak dari siklus bulanan.

Siklus yang menjadi bagian dari proses organ reproduksi wanita dalam mempersiapkan kehamilan ini berlangsung secara alami.

Namun seringkali beberapa wanita mengalami haid yang tidak lancar. Untuk mengatasi kondisi tersebut banyak cara bisa dilakukan, diantaranya dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Baca Juga: 3 Cara Jitu Mencegah Perilaku Konsumtif

Melansir alodokter.com, berikut beberapa pilihan makanan pelancar haid yang bisa dikonsumsi:

1. Jahe

Selain kunyit, jahe juga bisa menjadi salah satu makanan pelancar haid. Bumbu dapur yang satu ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati siklus haid yang tidak teratur. Selain itu, konsumsi jahe juga dapat mengurangi nyeri haid karena sifatnya yang menenangkan ke perut.

Namun, hingga kini belum ada studi ilmiah yang bisa membuktikan khasiat jahe secara langsung untuk memperlancar haid. Meski begitu, tidak ada salahnya bila Anda ingin mencoba konsumsi jahe, misalnya dalam bentuk teh jahe atau jamu.

Sebaiknya konsumsi minuman tersebut tidak lebih dari 4 gelas sehari karena berpotensi menyebabkan diare, mual, dan muntah.

Selain itu, apabila Anda sedang mengalami gangguan pencernaan, sebaiknya hindari dulu konsumsi jahe.

2. Peppermint

Teh peppermint sering dinilai efektif sebagai bahan alami untuk melancarkan haid. Belum diketahui secara pasti bagaimana cara kerja peppermint dalam mendukung siklus menstruasi. Namun, teh herbal ini dapat meredakan kram haid karena sifat antiradangnya.

3. Kunyit

Selain sebagai penambah rasa, kunyit bisa dikonsumsi sebagai makanan pelancar haid yang cukup efektif. Manfaat kunyit untuk memperlancar haid diketahui berasal dari senyawa aktif di dalamnya yang mampu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh.

Selain itu, kunyit juga diketahui memiliki efek yang mirip dengan hormon estrogen. Ini berarti kunyit dapat digunakan untuk memperbaiki siklus haid yang tidak lancar.

Anda bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen atau menambahkannya ke dalam berbagai makanan, seperti sup, telur, dan kari. Namun, perlu diketahui bahwa studi yang meneliti manfaat kunyit ini masih sebatas di laboratorium sehingga masih memerlukan uji klinis lebih lanjut.

4. Ikan

Untuk melancarkan haid, penting juga untuk mencukupi kebutuhan asupan lemak sehat. Konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, seperti ikan sarden, ikan teri, dan ikan salmon, dapat mendukung fungsi hormon serta proses pelepasan sel telur.

Tidak hanya itu, konsumsi semua jenis ikan yang telah disebutkan juga dapat melengkapi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Hal ini penting sebab kekurangan asupan vitamin D bisa membuat siklus haid tidak teratur.

5. Nanas

Konsumsi buah-buahan tertentu, seperti nanas, diketahui dapat memengaruhi siklus haid. Nanas memiliki suatu kandungan yang disebut enzim bromelain yang dapat melancarkan aliran darah serta mendorong peluruhan dinding uterus agar terjadi menstruasi.

Meski manfaat nanas sebagai makanan pelancar haid masih perlu diteliti lebih lanjut, buah ini tetap baik dikonsumsi karena mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan.

6. Pepaya

Pepaya juga merupakan pilihan makanan pelancar haid yang sehat. Buah ini diketahui tinggi karoten dan dinilai dapat meningkatkan kadar hormon estrogen di dalam tubuh dan membantu rahim berkontraksi, sehingga siklus haid dapat mendorong terjadinya menstruasi.

Selain itu, pepaya juga mengandung tinggi serat yang baik untuk melancarkan saluran pencernaan dan meredakan konstipasi. Pasalnya, beberapa wanita mungkin sering mengalami konstipasi menjelang jadwal haidnya.

7. Sayuran

Bagi Anda yang memiliki siklus haid tidak teratur, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan asupan folat setiap harinya. Folat dapat mendukung proses ovulasi secara teratur dan meningkatkan kadar hormon reproduksi. Hal ini nantinya akan mendukung kesuburan, sehingga siklus haid menjadi lancar.

Anda bisa mendapatkan kadar folat yang tinggi dari berbagai pilihan sayuran, seperti bayam, sawi, kangkung, dan brokoli.

Baca Juga: 9 Tips Pola Makan Sehat Bagi Orang Sibuk, Kamu Perlu Tahu

8. Kayu manis

Salah satu penyebab siklus haid tidak lancar adalah karena kondisi medis tertentu, seperti sindrom polikistik ovarium (PCOS). Penyakit ini erat kaitannya dengan kadar insulin yang tinggi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis dapat mengontrol kadar insulin di dalam tubuh dan diduga dapat memengaruhi kadar hormon reproduksi, sehingga nantinya akan memperbaiki siklus haid yang tidak lancar.

Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui dosis kayu manis yang aman guna memberikan efek pelancar haid. Beberapa penelitian menilai bahwa konsumsi 1/2–1 sendok teh bubuk kayu manis per hari masih tergolong aman.

Nah, itulah beberapa pilihan makanan yang bisa membantu untuk pelancar haid. Selain mengonsumsi makanan tersebut, pastikan Anda juga melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga