8 Sayuran Ini Lebih Sehat Dikonsumsi Mentah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 06 Juni 2023
0 dilihat
8 Sayuran Ini Lebih Sehat Dikonsumsi Mentah
Bit yang dimasak akan menghilangkan 25 persen folat, vitamin, serta mineral lainnya. Foto: Alodokter.com

" Seiring berkembangnya zaman, saat ini semakin banyak orang yang menyadari pentingnya pola makan yang sehat, salah satunya termasuk dalam mengolah makanan "

KENDARI, TELISIK.ID - Seiring berkembangnya zaman, saat ini semakin banyak orang yang menyadari pentingnya pola makan yang sehat, salah satunya termasuk dalam  mengolah makanan.  

Melansir Briliofood.com, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry pada Februari 2008, antioksidan dalam beberapa sayuran justru hilang setelah dimasak. Oleh karena itu beberapa sayuran memang lebih baik dikonsumsi mentah untuk tetap menjaga nutrisi di dalamnya.

Berikut makanan yang lebih baik dikonsumsi saat mentah dilansir dari Halodoc.com:

1. Brokoli

Jika kamu mencari jenis sayuran yang sangat menyehatkan dan bernutrisi tinggi, maka brokoli adalah jawabannya. Kandungan vitamin C, kalsium, dan potasium pada brokoli lebih banyak dibanding semua sayuran lain. Selain itu, brokoli juga mengandung sulforaphane, senyawa yang dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Sayuran Terbaik untuk Atasi Sembelit

Sayangnya, sulforaphane akan hilang jika terlalu panas saat dimasak. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural Food Chemistry, sulforaphane akan lebih mudah diserap oleh tubuh jika brokoli dimakan mentah.

2. Tauge

Tauge sering menjadi pelengkap dari berbagai makanan Indonesia, seperti pecel. Tauge sendiri memang lebih baik dikonsumsi mentah karena kaya akan vitamin C yang memenuhi 23 persen kebutuhan nutrisi harian. Proses memasak terlalu lama akan dapat memengaruhi jumlah vitamin C tersebut.

Seorang ahli gizi, Anupama Menon mengungkapkan, tauge yang berasal dari kacang-kacangan atau polong-polongan dapat memiliki nilai gizi yang lebih tinggi jika dimakan mentah.

3. Kembang kol

Walau memiliki rasa pahit ketika dikonsumsi dalam bentuk mentah, namun cara ini menjadi cara terbaik untuk mengonsumsi kembang kol. Hal ini karena proses memasak kembang kol bisa menghancurkan enzim myrisinase yang memiliki sifat melawan sel kanker.

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa aktif yang disebut allicin, yang sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan menurunkan risiko kanker paru-paru. Proses memasak dapat menurunkan kadar phytonutrisi dan membuat allicin sulit diserap dalam tubuh. Kecuali jika kamu kuat memakan bawang putih mentah, peneliti menyarankan untuk mencincang bawang putih, lalu mendiamkannya terlebih dahulu selama 10 menit sebelum dimasak.

5. Paprika

Paprika terkenal akan kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi. Sayangnya menurut National Institutes of Health di Amerika Serikat, kandungan vitamin C dalam paprika akan hilang, jika dimasak dengan suhu di atas 190 derajat Celsius. Kandungan paprika lainnya, seperti vitamin B6 dan vitamin E juga jadi berkurang.

6. Mentimun

Mentimun sebaiknya dikonsumsi mentah karena sudah memiliki rasa dan tekstur yang renyah. Selain itu mentimun juga dapat menjadi camilan rendah kalori yang baik untuk kesehatan. Salah satu jenis mentimun, seperti timun Jepang atau zucchini cenderung mengandung nutrisi yang padat tanpa dimasak. Dilansir dari foodfornet.com, zucchini adalah sumber antioksidan yang baik karena menawarkan nutrisi, seperti folat, potasium, dan vitamin A.

7. Bit

Buah bit juga merupakan jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah ini mengandung vitamin A, B, C, dan berbagai mineral, seperti potassium, magnesium dan zat besi, serta serat.

Mengonsumsi bit secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki sirkulasi darah. Sebaiknya bit dimakan mentah karena proses memasak akan menurunkan kadar asam folat menjadi tinggal 25 persen.

8. Seledri

Seledri biasa dicampurkan untuk memberi cita rasa khas pada sayuran, misalnya sayur sop. Asalkan seledri nggak mengandung pestisida, ini adalah sayuran yang bisa dimakan mentah. Seledri mengandung vitamin A, C, K dan juga asam folat yang bagus banget buat tubuh kamu.

Baca Juga: Tidak Pede Oral Seks karena Mr P Bau, Ini Tipsnya

9. Selada

Selada mentah memberikan rasa yang segar ketika dikonsumsi. Dan ternyata, hal tersebut merupakan cara terbaik untuk mengonsumsi selada. Dilansir dari livestrong.com, selada merupakan salah satu sayuran dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Sehingga memasak selada dapat mengurangi 9 hingga 55 persen kandungan vitamin C tersebut.

10. Tomat

Tomat mentah mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang penting. Berbagai macam nutrisi ini bisa memberikan manfaat kesehatan yang mendalam bagi tubuh. Oleh karena itu, konsumsi tomat mentah dapat mencegah risiko penyakit tertentu, seperti diabetes, batu ginjal, hingga obesitas. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga