8 Tips Jaga Kesehatan saat Musim Hujan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 14 Juli 2022
0 dilihat
8 Tips Jaga Kesehatan saat Musim Hujan
Tips menjaga kesehatan dimusim penghujan satu di antaranya adalah perkuat imunitas dengan rajin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin, serat dan mineral. Foto: Repro Alodokter.com

" Udara dingin, lembap dan mendung identik dengan musim hujan bisa membuat daya tahan tubuh menurun, apalagi aktivitas fisik cenderung menurun "

KENDARI, TELISIK.ID - Udara dingin, lembap dan mendung identik dengan musim hujan bisa membuat daya tahan tubuh menurun, apalagi aktivitas fisik cenderung menurun. Jika kita tidak berhati-hati, penyakit mudah menyerang. Terlebih lagi jika kita memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang.

Beberapa tips dibawah ini mungkin bisa membantumu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh menghadapi musim penghujan.

Dilansir dari kontan.co.id, tips yang bisa kamu terapkan ketika musim penghujan tiba antara lain:

1. Jaga kebersihan tubuh

Cara utama menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan adalah dengan jaga kebersihan pribadi. Ada banyak virus dan bakteri yang mengintai di sekitar kita dan menunggu untuk menyerang orang yang daya tahan tubuhnya lemah. Tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Mencuci tangan, mandi setelah bepergian, hingga memakai masker.

2. Perkuat imunitas

Perkuat imunitas Selanjutnya, cara menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan adalah dengan memperkuat imunitas. Cara terbaik untuk memulai sistem pertahanan adalah mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung vitamin, serat, dan mineral. Jika diperlukan, konsumsi suplemen.

3. Bersihkan lingkungan rumah

Selain di dalam rumah, perhatikan kebersihan lingkungan sekitar. Air yang tergenang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Oleh karena itu, membersihkan lingkungan rumah juga termasuk cara menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan.

4. Gunakan pakaian dan alas kaki kering

Apabila kamu sering menghabiskan waktu di luar rumah, sebaiknya siapkan pakaian dan alas kaki ekstra yang bisa kamu pakai saat bajumu basah karena terkena air hujan. Pakaian dan sepatu basah sering menjadi rumah bagi mikroba, begitu pula cucian kotor. Pastikan untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang bersih dan benar-benar kering untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan.

Baca Juga: Sering Merasa Pusing Usai Makan Durian? Ini Sebab dan Cara Atasinya

5. Kurangi jajan sembarangan

Cara menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan lainnya adalah dengan mengerem kebiasaan jajan sembarangan. Jajanan di pinggir jalan memang menggoda. Namun, sebaiknya batasi dulu sementara waktu keinginan untuk jajan jika kita tidak yakin dengan kebersihan tempat dan bahan-bahan yang digunakan.

6. Istirahat yang cukup

Kurang tidur tidak hanya akan membuatmu sulit konsentrasi, tetapi juga lemas. Ini juga akan membuat daya tahan tubuh menurun. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki jam tidur yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan Dikutip dari dinkes.kalbarprov.go.id, berikut tips sehat hadapi musim penghujan yaitu:

7. Minum teh herbal dan air putih

Teh herbal memiliki manfaat untuk meredakan batuk, demam, dan radang tenggorokan, yang kesemuanya merupakan penyakit-penyakit umum saat musim hujan. Untuk membuat teh tersebut semakin baik khasiatnya, tambahkan bahan-bahan yang dapat menghangatkan tubuh seperti jahe, cengkeh, basil, atau mint.

Baca Juga: Simak 7 Hal Penting Sebelum Menyimpan Daging di Freezer

Manfaat air putih untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Minuman yang satu ini akan membantu tubuh dalam membantu pembuangan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Air putih juga dapat membantu menyingkirkan dahak atau lendir bagi yang sedang mengalami flu.

8. Siapkan minyak kayu putih

Terakhir, kita bisa sedia minyak kayu putih sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan. Aroma minyak kayu putih dapat membantu Anda bernapas dengan mudah dan membuat tubuh lebih rileks. Minyak ini dapat menjadi teman terbaik saat musim hujan ketika hidung tersumbat karena flu, badan terasa lemas karena penyakit lain, atau kelelahan bepergian di musim hujan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga