8 Tips Sehat Jika Terpaksa Begadang, Wajib Dicoba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 05 Desember 2022
0 dilihat
8 Tips Sehat Jika Terpaksa Begadang, Wajib Dicoba
Tubuh manusia sudah disetting dengan jam biologis (ritme sirkadian) saat malam hari akan beristirahat dengan tidur dan saat siang hari akan beraktivitas. Foto: Repro google.com

" Begadang menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan masyarakat. Bukan hanya karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan, tapi seringkali hanya ingin nongkrong "

KENDARI, TELISIK.ID - Begadang menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan masyarakat. Bukan hanya karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan, tapi seringkali hanya ingin nongkrong.

Kata begadang dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) merupakan berjaga tidak tidur sampai larut malam.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, tubuh manusia sudah disetting dengan jam biologis (ritme sirkadian) saat malam hari akan beristirahat dengan tidur dan saat siang hari akan beraktivitas.

Kebiasaan begadang meskipun saat siang hari tetap tidur hingga 8 jam, dapat mengubah jam biologis anda. Apabila jam biologis berubah, akan lebih sulit untuk mengembalikan jam biologis ke kondisi normal seperti semula.

Baca Juga: 3 Tips Jitu Terhindar dari Sengketa Tanah, Wajib Tahu

Olehnya itu lalu tidak ada yang urgen, sebaiknya kamu tidak perlu begadang. Tapi kalau terpaksa harus melakukannya, setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar tetap sehat mesti harus begadang.

Melansir hellosehat.com, berikut beberapa tips begadang sehat yang bisa Telisikers terapkan:

1. Konsumsi kafein

Konsumsi kafein bisa membantu Anda terjaga pada malam hari. Meski begitu, Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan.

Studi dalam National Academies Press menyebut, batas maksimal konsumsi kafein yaitu 600 mg per hari. Konsumsinya secara wajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan bekerja.

Sementara itu, konsumsinya secara berlebihan akan menimbulkan efek yang berkebalikan. Tak hanya membuat sulit berkonsentrasi, Anda juga berpotensi mengalami gejala kecemasan.

2. Konsumsi camilan tinggi protein

Tubuh perlu sesuatu untuk dibakar agar dapat terjaga sepanjang malam. Sebagai solusinya, Anda bisa memakan camilan sehat.

Namun, jangan memilih makanan seperti cokelat, permen, atau junk food. Gula dan karbohidrat pada makanan tersebut memang dapat memberi tenaga ekstra, tapi tidak akan bertahan lama.

Pilih camilan yang bisa memberikan energi tahan lama seperti:

- protein shakes.

- greek yogurt dengan topping buah-buahan.

- irisan apel yang dioles selai kacang.

- Membiasakan waktu tidur baru.

3. Agar bisa terjaga pada malam hari

cobalah untuk mengubah waktu tidur. Terlebih, jika Anda lebih sering beraktivitas pada malam dibandingkan siang hari.

Biasakan untuk tidur di siang hari dalam ruangan yang gelap dan tidak ada cahaya. Anda juga dapat menggunakan penutup mata supaya lebih membantu.

Awalnya mungkin akan terasa sulit. Namun, seiring waktu berjalan dan latihan, tubuh akan terbiasa dan begadang pun menjadi lebih sehat.

4. Tidur siang

Jika Anda hendak tidur lebih malam, pastikan untuk tidur siang terlebih dahulu. Cara ini dapat membantu untuk terjaga lebih lama pada malam hari.

Tidak perlu terlalu lama, cukup sempatkan waktu selama 15 hingga 20 menit saja untuk tidur siang. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih segar dan siap beraktivitas di malam hari.

5. Atur suhu ruangan tidak terlalu dingin

Suhu ruangan paling pas untuk terlelap tidur adalah 18-20ºC. Jika Anda ingin melek sepanjang malam, atur suhu ruangan agar tak terlalu dingin tapi juga tidak sampai bikin gerah keringatan.

Tinggikan suhu AC ruangan hingga 23-25ºC, atau pakai pakaian yang agak tebal. Suhu ini sesuai untuk menjaga tubuh tetap waspada dan mencegah cepat lelah akibat kepanasan.

6. Aktif bergerak

Berolahraga saat malam hari membuat Anda lebih mudah begadang. Inilah alasan mengapa para ahli merekomendasikan untuk tidak berolahraga terlalu larut agar bisa tidur nyenyak.

Saat mencoba untuk begadang, cobalah untuk melakukan latihan aerobik selama 30 hingga 40 menit. Apabila tidak memiliki cukup waktu, Anda perlu berjalan bolak-balik selama 10 menit.

Olahraga membuat tubuh mengirimkan sinyal agar otak tetap fokus dan waspada. Selain itu, asupan oksigen ke otak yang terus terjaga akan membantu fungsinya berjalan dengan normal.

7. Nyalakan lampu yang terang

Ruangan yang gelap memberi isyarat tubuh untuk melepaskan hormon melatonin. Hormon ini dapat membuat Anda merasa mengantuk.

Menurut studi dalam American Journal of Physiology, disebutkan bahwa memakai lampu terang malam hari dan membuat ruangan gelap saat siang membantu mengatur ulang ritme sirkadian.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan

Dengan begitu, tubuh akan terbiasa untuk tidur di siang hari dan beraktivitas pada malamnya. Dalam memilih lampu, pilih produk dengan sinar cahaya yang merata ke seluruh ruangan.

8. Mandi dengan air dingin

Ketika mulai mengantuk, Anda bisa mandi dengan air dingin. Cara ini dapat membantu tubuh yang sebelumnya lelah menjadi lebih segar.

Apabila tidak ingin mandi, Anda boleh saja mencuci muka dengan air dingin. Agar semakin segar, kombinasikan juga dengan menyikat gigi.

Nah Telisikers, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika memang harus begadang. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga