adplus-dvertising

8 Tips Tingkatkan Keberanian Saat Hadapi Situasi Sulit

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Rabu, 12 Mei 2021
0 dilihat
8 Tips Tingkatkan Keberanian Saat Hadapi Situasi Sulit
Ilustrasi keberanian diri. Foto: Repro Silustik.com

" "

KENDARI, TELISIK.ID - Keberanian merupakan modal utama bagi manusia dalam menghadapi berbagai situasi sulit manapun.

Keberanian juga merupakan satu di antara sifat unggulan yang perlu dimiliki setiap orang. Sebab, rasa takut bisa dibilang adalah hal yang lumrah.

Mengutip IDNTIMES.com, keberanian tidak dapat muncul begitu saja, perlu dilatih untuk menumbuhkan dan membiasakannya.

Oleh karenanya, jika tidak mengusir rasa takut itu, seseorang tidak akan mengalami kemajuan dalam hidup.

Dengan demikian untuk mengusir ketakutan diperlukan keberanian serta kepercayaan diri yang tinggi.

Dikutip filemagz.com, berikut ini 8 tips untuk meningkatkan keberanian dalam menghadapi situasi sulit:

1. Jangan Takut untuk Gagal

Kegagalan bukanlah segalanya, dan adalah suatu keharusan bagi kamu untuk terus berusaha bangkit dari kegagalan.

Mereka yang sukses bukan berarti belum pernah gagal. Dari kegagalan yang kamu alami kamu akan mempelajari banyak hal yang akan membantu kamu untuk berhasil. 

Ketakutan akan kegagalan adalah penghambat bagi kamu untuk menjadi entrepreneur.

2. Mengenali Ketakutan Terbesarmu

Setiap orang memiliki ketakutan-ketakutan tersendiri. Dalam mewujudkan mimpimu menjadi entrepreneur atau wirasahawan, apa saja yang kamu takuti? Ketakutan adalah hal yang wajar.

Pertanyaannya adalah, apakah ketakutanmu itu memang melindungimu dari hal-hal buruk atau malah bersifat menjatuhkan? Kuasailah ketakutanmu karena jika tidak, ketakutanlah yang akan menguasaimu.

3. Menyadari Bahwa Tidak Melakukan Apa-Apa Dapat Merugikan Dirimu

Dengan kamu mengakui bahwa, tidak melakukan sesuatu yang kamu takuti malah merugikan dirimu, merupakan tahap krusial bagimu untuk benar-benar mengatasi ketakutanmu dan melakukan tindakan yang dapat membahagiakan dirimu.

Baca Juga: Awas, 5 Barang Ini Ternyata Miliki Kedaluwarsa

4. Melatih Pikiranmu

Kebanyakan atlet memvisualisasikan kesuksesan mereka sebelum mengikuti sebuah kompetisi. Dari cara mereka memukul bola, bagaimana mereka berlatih, hingga mengatasi cedera mereka dan seterusnya.

Metode ini juga dapat kamu lakukan, dimana ketika kamu merasa gugup atau tidak yakin, kamu melatih pikiranmu untuk selalu berani dan mengatasi rasa takutmu.

5. Membagi Visi Besarmu ke Tahapan-Tahapan yang Lebih Kecil

Jika kamu memiliki visi yang kamu anggap “terlalu besar” untuk dirimu yang saat ini, mungkin terkesan sulit untuk mencapainya dan bahkan dapat membuatmu kehilangan niat untuk memenuhinya.

Karena itu, kamu bisa membuat tahapan-tahapan kegiatan yang lebih kecil, namun tetap mengarahkanmu untuk mencapai visi tersebut.

Kamu bisa menuliskan 10 hal yang dapat kamu lakukan dalam waktu 1 minggu untuk membantumu mencapai visimu. Lalu ulangi untuk minggu-minggu kedepannya.

6. Bergaul dengan Orang-Orang yang Mendukung Mimpimu

Hal yang juga penting adalah kamu mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang berpikiran besar dan mendukungmu untuk melakukan hal yang sama.

Karena berbahaya jika kamu selalu mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang malah mematahkan semangatmu dalam mencapai mimpi.

Kamu bisa mulai mencari komunitas yang kamu rasa dipenuhi dengan orang-orang yang dapat membantu dan mendukungmu, atau bahkan dapat mengajarimu.

7. Berlatih untuk Menetapkan Batasan

Setiap orang memiliki batasan. Misalkan dalam bekerja, kamu dapat belajar untuk mengatakan tidak jika pekerjaan yang kamu terima telah melebihi batasan dari kemampuanmu.

Mengatakan tidak terutama pada orang-orang yang telah terbiasa mendengar kata iya, dapat melatih keberanianmu.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Konflik Agar Terhindar dari Perselisihan dan Kekerasan

8. Kenali Dirimu Sendiri

Cobalah menelusuri dirimu, seperti mengapa kamu melakukan suatu hal. Hal ini akan mendorongmu untuk berintrospeksi diri dan melatih kesadaran dirimu.

Jika semisal Anda menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan. Kamu harus memahami alasanmu.

Jika kamu ingin menjadi entrepreneur hanya karena kamu menginginkan kebebasan, maka ada baiknya jika kamu memilih pekerjaan yang menawarkan fleksibilitas dibandingkan menjadi entrpreneur.

Dengan benar-benar memahami dirimu sendiri, dan tahu dengan jelas mengapa kamu ingin menjadi entrepreneur, maka kamu dapat memantapkan tekadmu untuk menghadapi segala tantangan yang akan muncul dalam perjalananmu membangun bisnis.

Selain poin diatas, ada dua tips yang juga tidak kalah penting anda terapkan untuk menumbuhkan keberanian dalam diri.

Yakni bangun rasa percaya diri yang tinggi dengan membulatkan tekadmu bahwa kamu bisa.

Dan yang tak kalah penting dalam menumbuhkan rasa berani yaitu, keluar dari zona nyaman yang seakan mengekang anda saat ini.

Seperti dikutp dari IDNtime.com, bahwa selalu nyaman dengan keadaan yang saat ini kamu jalani, juga bisa membuatmu sulit untuk melangkah.

Dengan demikian Kamu akan malas mencoba hal baru hingga takut dalam menghadapi kegagalan.

Agar dapat melatih keberanian dalam dirimu saat ini, cobalah untuk keluar dari zona nyamanm. Mencoba hal baru akan membuat hidupmu lebih berwarna. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga