80 Kios Darurat di Pasar Wakuru Muna Mulai Rusak

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 10 Juni 2022
0 dilihat
80 Kios Darurat di Pasar Wakuru Muna Mulai Rusak
Kios darurat di Pasar Wakuru, Kabupaten Muna. Foto: Sunaryo/Telisik

" 80 kios darurat yang di bangun Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perdagin) Kabupaten Muna tahun 2021 lalu untuk merelokasi pedagang korban kebakaran Pasar Wakuru "

MUNA, TELISIK.ID - 80 kios darurat yang di bangun Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perdagin) Kabupaten Muna tahun 2021 lalu untuk merelokasi pedagang korban kebakaran Pasar Wakuru, Kecamatan Tongkuno sangat memprihatinkan.

Pembangunan kios menelan anggaran Rp 1 miliar dari biaya tak terduga (BTT). Sayangnya, bangunan kios yang terbuat dari kayu, mulai rusak. Engsel pintu-pintu sudah banyak yang terlepas.

Pedagang ogah menempati kios-kios itu, karena jarang ada pembeli. Kemudian, tidak dialiri listrik.

"Kiosnya tidak representatif dan tidak memiliki WC," kata salah seorang pedagang yang enggan disebutkan namanya, Jumat (10/6/2022).

KUPTD Pasar Wakuru, Jumaddin mengaku kios-kios itu sudah dibagi pada para pedagang. Awalnya, mereka sudah menempati. Namun karena tidak ada pembeli ditambah aliran listrik, mereka keluar kembali ke lokasi eks kebakaran.

"Saya sudah arahkan mereka lagi untuk kembali ke kios darurat. Untuk sambungan listrik, sudah bicarakan pada PLN," katanya.

Baca Juga: Cegah PMK, Pemkab Malang Diminta Segera Distribusikan 3 Juta Vaksin Ternak

Pembangunan kios darurat itu diduga bermasalah dan saat ini tengah ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna. Pekerjaan kios itu melewati batas waktu yang ditentukan. Kemudian, ada beberapa item pekerjaan tidak sesuai gambar serta toilet (WC) tidak dibangun.

Baca Juga: Kafilah Konawe Selatan Ikut Training Center Jelang MTQ Tingkat Provinsi

"Kita masih terus lakukan pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket) dan menunggu LHP BPK," kata Kajari Muna, Agustinus Baka Tangdililing melalui Kasi Intel, Fery Febrianto. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Musdar

Baca Juga