83 Calon Jemaah Haji Wakatobi Diminta Jaga Kesucian Kota Madinah

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Minggu, 11 Juni 2023
0 dilihat
83 Calon Jemaah Haji Wakatobi Diminta Jaga Kesucian Kota Madinah
Acara pelepasan calon jemaah haji asal Kabupaten Wakatobi di rujab bupati. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Sebanyak 83 calon jemaah haji asal Kabupaten Wakatobi dilepas dari rumah jabatan bupati "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Sebanyak 83 calon jemaah haji asal Kabupaten Wakatobi dilepas dari rumah jabatan bupati, Minggu (11/6/2023).

Pelepasan calon jemaah haji turut diikuti sejumlah pejabat daerah pemerintah setempat. Dalam laporan Kepala Kantor Kementerian Agama Wakatobi, Rahman Ngkali menjelaskan, calon jemaah haji masuk dalam keberangkatan kloter 30 Embarkasi UPG Makassar.

Pada keberangkatan kloter 30 itu, berjumlah 386 jemaah dan merupakan gabungan dari 6 jemaah kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara. Calon jemaah haji Wakatobi berjumlah 83 orang. Terdiri dari Kecamatan Wangi-Wangi 24 orang, Wangi-Wangi Selatan 20 orang, Kaledupa 5 orang, Kaledupa Selatan 1 orang, Tomia 2 orang, Tomia Timur 30 orang serta Binongko dan Togo Binongko 1 orang.

Baca Juga: 73 Jemaah Haji Berangkat 13 Juni, Balik ke Muna 26 Juli

"Terdiri dari 30 laki-laki dan 53 perempuan. Terdapat 3 jemaah yang membutuhkan penanganan khusus karena lanjut usia,"  ucap Rahman Ngkali.

"Jaga kehormatan dan kesucian kota Mekkah dan Madinah, kehormatan daerah kita dan kehormatan pribadi masing-masing," pesan Rahman Ngkali kepada tamu-tamu Allah SWT.

Calon jemaah haji itu akan berangkat menggunakan kapal reguler ke Kendari pada 12 Juni. Sedangkan 13 Juni pagi, menuju bandara Makassar dan akan diterima secara resmi Embarkasi UPG Makassar sekira pukul 15.00 Wita.

Berdasarkan jadwal Embarkasi UPG Makassar, calon jemaah haji kloter 30 akan berangkat menuju Jeddah 14 Juni 2023 menggunakan pesawat Garuda 1130. Mereka akan berada di Kota Mekkah selama 33 hari dan di Madinah selama 8 hari. Lalu kembali ke Wakatobi pada 27 Juli 2023

Bupati Wakatobi, Haliana, yang sekarang berada di luar negeri mengikuti sidang di UNESCO tentang penetapan Wakatobi sebagai cagar biosferbumi, turut memberikan sambutan secara daring.

Baca Juga: Pewarta Konawe Kecam Panitia Calon Jemaah Haji Larang Wartawan Meliput. Ini Kata Kemenag

"Semoga jemaah haji diberikan kesehatan, sehingga proses beribadah dijalankan dengan baik dan kembali ke tanah air dalam keadaan baik, dan menjadi haji yang mabrur," ucap Haliana.

Salah satu calon jemaah haji yang sudah lanjut usia, Wa Saha, tampak ditemani oleh kerabat keluarga setelah prosesi pelepasan. Anak Wa Saha yang tidak ingin disebut namanya, berharap agar ibunya bisa diperhatikan layaknya ibu mereka sendiri.

"Semoga ibuku ini dijaga dan diperhatikan oleh jemaah lainnya yang dianggap sebagai ibunya," ujarnya. (A)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga