9 Bakal Calon DPD RI Perwakilan Sumatera Utara Memenuhi Syarat, Tim Andi Junianto Barus Optimis

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Selasa, 17 Januari 2023
0 dilihat
9 Bakal Calon DPD RI Perwakilan Sumatera Utara Memenuhi Syarat, Tim Andi Junianto Barus Optimis
Andi Junianto Barus ketika menyerahkan syarat dukungan kepada Ketua KPU Sumatera Utara Herdensi di kantor KPU. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" KPU Sumatera Utara telah selesai melakukan verifikasi administrasi 27 bakal calon DPD RI. Hasilnya, hanya 9 peserta dianggap memenuhi syarat dan yang lain belum "

MEDAN, TELISIK.ID - KPU Sumatera Utara telah selesai melakukan verifikasi administrasi 27 bakal calon DPD RI. Hasilnya, hanya 9 peserta dianggap memenuhi syarat dan yang lain belum.

Komisioner KPU Sumatera Utara Divisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu, Batara Manurung membenarkan ada 9 peserta atau bakal calon yang statusnya memenuhi syarat.

"9 peserta dapat memperbaiki dukungan, artinya secara otomatis mereka akan mengikuti tahap selanjutnya, yaitu verifikasi faktual," kata Batara Manurung, Selasa (17/1/2023).

Diakui Batara, ada 18 peserta yang wajib melakukan perbaikan dukungan pemilih melalui Silon, waktunya mulai 16-22 Januari 2023.

Baca Juga: 4 Petahana Ini Tercatat Lagi Sebagai Bakal Calon DPD RI Perwakilan Sumatera Utara

"Sesuai jadwal, bakal calon harus memenuhi syarat dukungan itu. Jika perbaikan tidak dilakukan juga, maka tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya. Pleno atau diumumkan peserta memenuhi syarat dan belum memenuhi Minggu 15 Januari 2023," ungkapnya.

Ketika dikonfirmasi awak media, siapa saja sosok bakal calon yang telah memenuhi syarat dan siapa yang belum memenuhi syarat. Batara belum menjawabnya.

"Tidak enak jika saya sebutkan nama bakal calon yang tidak memenuhi syarat. Sedangkan yang memenuhi syarat ada 9 orang," tuturnya.

Batara menjabarkan, bakal calon yang belum memenuhi syarat dikarenakan beberapa faktor, di antaranya jumlah dukungan yang belum mencapai 3 ribu foto copy.

"Syarat dukungan agar memenuhi syarat yaitu 3 ribu foto copy KTP yang tersebar di 17 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Utara. Setelah dilakukan verifikasi administrasi, 9 bakal calon yang memenuhi syarat," tambahnya.

Penyebab belum memenuhi syarat dikarenakan foto copy KTP mereka ada kemungkinan ketidak sesuaian data atau salah input.

"Banyak faktor sehingga belum memenuhi syarat, bisa saja data dengan dokumen berbeda, ada data ganda eksternal dan banyak faktor belum memenuhi syarat. Sehingga diberi ruang untuk memperbaiki atau menambah syarat atau anggota baru," terangnya.

Salah satu bakal calon DPD RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Andi Junianto Barus melalui tim penghubungnya Ridwan Saragi ketika dikonfirmasi membenarkan, jika pihak mereka belum memenuhi syarat.

"Sampai saat ini tim penghubung dari bakal calon kita di kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Utara sedang bekerja mengumpulkan syarat dukungan, untuk melengkapi kekurangan sesuai dengan persyaratan KPU Provinsi Sumatera Utara," ungkap Ridwan.

Baca Juga: Ini Nama 27 Bakal Calon DPD RI Diverifikasi KPU Sumatera Utara

Menurut Ridwan, mereka kekurangan sekira 414 syarat dukungan atau foto copy KTP. Tapi, tim sudah bekerja dengan maksimal dari berbagai daerah.

"Kami sudah sediakan sekira 300 foto copy KTP. Sisanya, kami sudah berkomunikasi dengan tim penghubung daerah agar segera melengkapi kekurangan syarat dukungan itu. Selanjutnya, akan kami input di Silon yang telah tersedia," tambahnya.

Pengakuan Ridwan, tim Andi Junianto Barus optimis akan menjadi peserta dalam dan menjadi calon DPD RI dari Provinsi Sumatera Utara.

"Sampai saat ini, kami terus ikut aturan yang telah ditetapkan oleh tim penyelenggara," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga