9 Cara Cepat Hamil Setelah Menstruasi, Jangan Seks Berlebih

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 17 Juni 2023
0 dilihat
9 Cara Cepat Hamil Setelah Menstruasi, Jangan Seks Berlebih
Pasca menstruasi jadi waktu yang tepat untuk memulai program hamil karena peluang terjadinya pembuahan lebih besar. Foto: Repro Ruangmom.com

" Menjalani promil setelah selesai siklus mensturasi, menjadi waktu yang tepat dan punya peluang besar terjadinya pembuahan "

KENDARI, TELISIK.ID – Memiliki buah hati adalah impian sebagian besar pasangan. Banyak dari pasangan suami istri menjalani program hamil sebagai upaya untuk segera diberi keturunan.

Menjalani promil setelah selesai siklus mensturasi, menjadi waktu yang tepat dan punya peluang besar terjadinya pembuahan. Karena di masa tersebut sel telur masih baru diproduksi dan mendekati masa ovulasi

Dilansir dari Haibunda.com dan Diputrahospital.com, berikut adalah cara cepat menjalani program hamil setelah menstruasi, yang dikutip dari WebMD.

1. Lakukan pemeriksaan prakonsepsi

Sebelum Anda secara resmi memulai program hamil, sebaiknya dapatkan pemeriksaan. Tanyakan kepada dokter tentang vitamin prenatal yang mengandung asam folat, untuk membantu melindungi dari beberapa cacat lahir, seperti spina bifida.

Asam folat bekerja selama tahap awal kehamilan, jadi penting untuk memastikan Anda mendapatkan cukup asam folat bahkan sebelum hamil.

2. Kenali siklus menstruasi

Seberapa banyak yang Anda ketahui tentang siklus menstruasi? Sebaiknya Anda benar-benar memahaminya, agar bisa membantu Anda untuk mengetahui kapan waktu yang paling subur. Ovulasi adalah waktu terbaik untuk hamil.

Baca Juga: Tak Hanya Wanita, Kenali Masa Subur Pria Agar Program Hamil Sukses

Anda bisa menyadari tanda-tanda ovulasi, seperti perubahan lendir serviks. Biasanya menjadi tipis dan licin di saat waktu paling subur. Beberapa dari Anda mungkin juga merasakan sakit di satu sisi.

3. Jangan khawatir tentang posisi terbaik untuk hamil

Banyak mitos tentang posisi terbaik untuk hamil. Benar-benar tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa posisi misionaris lebih baik daripada posisi di atas dalam hal memaksimalkan peluang Anda untuk memiliki bayi.

4. Tetap di tempat tidur tepat setelah hubungan intim

Anda mungkin pernah mendengar yang satu ini. Ada yang mengatakan berbaringlah di tempat tidur dengan kaki terangkat setelah berhubungan seks untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Namun, ini ternyata tidak sepenuhnya benar.

5. Hindari berhubungan seks berlebihan

Berhubungan seks setiap hari bahkan saat ovulasi, belum tentu meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Sperma dapat hidup hingga 5 hari di dalam tubuh Anda. Jadi, Anda disarankan untuk berhubungan seks secara teratur saat sedang berovulasi, dan saat tidak berovulasi.

6. Hindari stres

Cobalah untuk tidak stres tentang memulai sebuah keluarga. Lakukan apa pun yang dapat membantu Anda menghilangkan stres tidak apa-apa, asalkan itu sehat. Sebab stres sebenarnya dapat mengganggu ovulasi. Jadi semakin Anda santai akan semakin baik.

7. Jalani hidup sehat

Baca Juga: Hamil di Luar Nikah, Puluhan Pelajar di Baubau Ajukan Dispensasi Nikah

Berolahraga adalah kebiasaan yang sehat, terutama jika itu membantu Anda untuk menjaga berat badan yang ideal. Namun, sama seperti hal lainnya, jika Anda melakukannya secara berlebihan, itu tidak akan menjadi hal yang baik.

Terlalu banyak olahraga dapat menyebabkan Anda tidak berovulasi. Namun, jika Anda berolahraga berat dan masih mendapatkan menstruasi secara teratur, rejimen olahraga Anda kemungkinan besar tidak menjadi masalah.

8. Memeriksa posisi dan tekstur serviks

Beberapa dari Anda menemukan bahwa posisi dan tekstur serviks akan berubah sepanjang siklus menstruasi.

9. Memperhatikan suhu tubuh

Suhu tubuh Anda di pagi hari biasanya naik segera setelah ovulasi. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga