9 Cara Cepat Hasilkan Cuan dari YouTube

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 14 September 2022
0 dilihat
9 Cara Cepat Hasilkan Cuan dari YouTube
Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat YouTube menjadi salah satu platform digital yang bisa hasilkan cuan. Foto: Repro brilio.net

" Menjadi salah satu platform digital, YouTube kini yang banyak digemari orang, beragam video yang bisa ditonton dengan beragam kategori, mulai dari pendididikan hingga hiburan "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjadi salah satu platform digital, YouTube kini yang banyak digemari orang, beragam video yang bisa ditonton dengan beragam kategori, mulai dari pendididikan hingga hiburan.

Kini, tak sedikit beberapa orang terkenal meraup pundi-pundi rupiah yang bisa diperoleh dari platform digital ini. Bahkan YouTube menjadi salah satu sarana hiburan yang praktis ketimbang televisi maupun radio, yang bisa ditonton kapan saja dan di mana saja, selama memiliki akses jaringan dan paket internet.

Berikut adalah 9 cara hasilkan uang dari YouTube dengan mudah yang dapat anda lakukan, seperti dilansir dari Suara.com dan jaringan Telisik.id dan Teknosimple.com, antara lain:

1. Buatlah Channel YouTube

Untuk menghasilkan uang dari YouTube tentu pengguna wajib memiliki akun terlebih dahulu, maka buatlah akun YouTube melalui Google Account, caranya pun mudah karena hanya perlu mengisi data pribadi tanpa memerlukan proses yang panjang. Setelah itu buatlah channel dengan nama yang menarik serta pastikan konsepnya berbeda dari kebanyakan orang.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

2. Konten Video yang Menarik

Setelah memiliki channel, buatlah video yang sekiranya diminati banyak orang sehingga bisa mendatangkan banyak penonton, maksimalkanlah kemampuan videografi dan editing guna membuat videomu menarik. Tambahkan efek animasi serta audio agar videomu tidak monoton.

3. Monetisasi Channel

Sistematika melakukan monetisasi channel adalah dengan cara sign in ke akun YouTube Anda, pilih menu “account information” yang terletak di sebelah kanan atas dan klik “Creator Studio”. Kemudian, pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel” dan klik “Status and features”. Akhirnya, pilih “Enable Monetisation”. Kemudian setujui agreement yang ada.

4. Melakukan Optimasi

Setelah melakukan monetisasi channel, anda dapat mengoptimasi-nya untuk menambahkan engagement channel yang anda miliki. Namun terdapat beberapa kriteria yang harus dipeuhi, diantaranya adalah:

- Video harus user-friendly.

- Kontennya harus merupakan karya orisinil Anda agar dapat di-promote.

- Copyrighted videos yang Anda plagiasi dari internet tidak akan menghasilkan apa-apa jadi lebih baik urungkan niat.

- Anda untuk melakukan plagiasi

Video Anda harus memerhatikan Terms of Service dan Community Guidelines yang telah dibuat oleh pihak YouTube.

- Sekalinya video Anda diaktifkan fungsi monetisasinya, beberapa iklan akan muncul di video Anda berikutnya.

5. Kriteria Konten Channel YouTube

Sebelum mengunggah videomu ke YouTube, perhatikan dulu kriteria konten channel YouTube yang harus dipenuhi sebagai berikut:

- Video yang dibuat harus Orisinil.

- Tidak melanggar hak cipta, maka pastikan audio atau konsep video lolos copyright guna menghindari plagiasi.

- Tidak membuat video yang melanggar aturan hukum, kekerasan, SARA dan pornografi.

- Video harus dimonetisasi agar bisa memunculkan iklan.

6. Monetisasi dan Sambungkan ke Adsense

Monetisasi sangat penting sebab dengan begini video baru bisa menarik iklan dari pihak YouTube, syarat dari monetisasi sendiri ialah memiliki lebih dari 4.000 jam tonton waktu public yang valid selama 12 bulan terakhir, serta memiliki lebih dari 1.000 subscriber.

Maka jika monetisasi sudah aktif kini tinggal mengaktifkan Google Adsense yang nantinya akan menjadi sumber penghasilan ke akun YouTube.

7. Mengarahkan Traffic ke Link Afiliasi

Dibandingkan mengandalkan blog yang ada untuk mengarahkan orang ke affiliate link, cobalah membuat saluran YouTube yang keren dan menggunakannya sebagai katalis yang dapat mengarahkan ke affiliate link yang sudah anda siapkan.

Baca Juga: 7 Tips Memotivasi Diri Sendiri, Hargai Dirimu Hingga Baca Biografi Orang Sukses

8. Melakukan Streaming

Selain membuat konten-konten menarik yang dapat menarik viewers, anda juga dapat melakukan live streaming pada platform ini. Beberapa konsep live streaming yang dapat lakukan adalah musik, game dan olahraga.

9. Promosi Produk

Jika channel sudah semakin berkembang serta memiliki banyak penonton, kamu bisa melakukan kerjasama dengan pemilik produk atau bisnis tertentu.

Untuk melakukan promosi, buat video yang mengcakup seputar video yang akan kamu promosikan. buatlah semenarik mungkin agar para pengunjung video tertarik membeli produk yang dipromosikan.

Kamu bahkan bisa mempromosikan produk serta bisnis kalian sendiri melalui YouTube, sertakan link penjualan yang bisa dikunjungi calon pembeli. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga