9 Cara Jitu Agar Cucian Tak Bau Apek Saat Musim Hujan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 22 April 2024
0 dilihat
9 Cara Jitu Agar Cucian Tak Bau Apek Saat Musim Hujan
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi cucian bau apek saat musim hujan. Foto: Repro enesis.com

" Salah satu masalah ibu rumah tangga yang seringkali dialami saat musim hujan adalah cucian bau apek. Maka penting untuk mengetahui cara mengatasinya agar pakaian keluarga tetap harum dan nyaman dipakai "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah ibu rumah tangga yang seringkali dialami saat musim hujan adalah cucian bau apek. Maka penting untuk mengetahui cara mengatasinya agar pakaian keluarga tetap harum dan nyaman dipakai.

Musim hujan sering kali membuat pakaian yang sudah dicuci susah kering. Akibatnya, bau apek yang mengganggu pun seringkali menyerang.

Ketika pakaian pakaian baju apek maka akan sangat menganggu penampilan. Olehnya itu penting untuk mengetahui cara mengatasi cucian tak bau apek agar pakaian keluarga tetap harum dan nyaman dipakai.

Melansir Suara.com dari laman Her Zindagi dan kontan.co.id, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan saat akan mencuci di musim hujan agar pakaian tidak bau apek:

1. Keringkan pakaian di ruangan terbuka

Pertama, cara agar cucian tidak bau apek saat musim hujan adalah menyediakan ruangan terbuka untuk menjemurnya. Sebab akan terasa sia-sia jika Anda menunggu matahari terlihat.

Baca Juga: 7 Cara Alami Hilangkan Mata Panda dengan Cepat

Dengan adanya angin yang bertiup pada ruangan terbuka akan membantu mengeringkan baju lebih cepat.

2. Jangan simpan pakaian kotor di mesin cuci

Menyimpan pakaian kotor ke mesin cuci ternyata bisa menyebabkan pakaian mudah bau saat dicuci. Hal ini terjadi karena pakaian yang habis dipakai biasanya akan lembap dan di sinilah bau tidak sedap akan mudah muncul.

Jika belum akan dicuci, simpan baju kotor di ember tanpa tutup atau hanger di tempat terbuka.

3. Hindari merendam baju terlalu lama

Cara agar baju bebas bau apek selama musim hujan selanjutnya yaitu tidak merendam baju terlalu lama.

Meskipun tahapan merendam dapat menghilangkan bau dan noda yang menempel pada baju, namun hal ini hanya boleh dilakukan selama kurang lebih 30 menit.

Sebaliknya, merendam baju terlalu lama hanya akan menimbulkan bau apek sekaligus membuatnya lebih sulit untuk dikeringkan terlebih di musim hujan yang minim sinar matahari.

4. Tambahkan kapur barus di lemari

Langkah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kapur barus atau silikon plastik. Pasalnya, kedua bahan ini penyerap kelembapan sebaiknya juga Anda tempatkan di lemari untuk mencegah bau apek.

Jika Anda tidak menyukai kapur barus, Anda bisa menggantinya dengan rempah-rempah di dapur.

5. Tambahkan cuka atau baking soda

Ketika Anda sudah mencium bau tidak sedap pada pakaian yang baru saja kehujanan, bisa memanfaatkan cuka atau baking soda sebagai campuran deterjen.

Kedua bahan tersebut akan membunuh jamur dengan cepat dan menyingkirkan bau tidak sedap.

6. Jemur baju dekat lampu

Tips baju bebas bau apek selama musim hujan yang berikutnya adalah jemur baju di dekat lampu.

Jika cara-cara sebelumnya tidak efektif atau tidak ada sinar matahari sama sekali, cobalah untuk menjemur baju Anda di dekat lampu. Hal ini bisa dilakukan karena lampu mampu mengeluarkan panas yang bisa membuat baju menjadi cepat kering.

Selain itu, cara ini juga efektif untuk mengeringkan baju di malam hari, ketika Anda harus menggunakannya pada keesokan pagi.

7. Peras dengan kuat

Tujuan mengeringkan pakaian adalah mengeluarkan semua air sisa cucian yang terserap di dalamnya. Maka dari itu, saat Anda tidak bisa memanfaatkan matahari untuk melakukannya karena sedang musim hujan, maka Anda bisa memeras pakaian yang baru saja dicuci dengan lebih kuat.

Dengan begitu, akan dibutuhkan lebih sedikit sinar matahari atau angin untuk mengeringkan pakaian.

8. Gunakan deterjen dengan ekstrak lemon atau mawar

Langkah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan lemon atau mawar yang menjadi bahan tambahan pada deterjen.

Lemon yang bersifat asam dapat membasmi jamur penyebab bau apek secara efektif. Oleh karena itu, Anda bisa memilih detergen dan pewangi pakaian dengan ekstrak lemon saat mencuci.

Baca Juga: 4 Cara Atasi Rasa Dendam pada Orang Lain

Selain lemon, ekstrak bunga mawar juga akan menghilangkan bau apek lebih cepat.

9. Pakai hanger untuk menjemur baju

Cara agar cucian bebas bau apek selama musim hujan yang terakhir adalah memakai hanger untuk menjemur baju.

Memakai hanger saat menjemur baju merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah atau menghilangkan bau apek pada baju saat musim hujan. Sementara itu, menjemur baju langsung di atas besi-besi jemuran cenderung membuat baju di sisi dalam yang terlipat menjadi lembab.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan ketika Anda menggunakan hanger. Sebaiknya, Anda merenggangkan jarak antara masing-masing hanger saat menjemur agar semua baju mendapatkan angin dan terhindar dari bau apek.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan agar cucian tidak bau saat musim hujan yang jarang ada sinar matahari. Semoga bermanfaat.

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga