9 Cara Mengetahui Emas Asli dan Palsu, Nomor 3 Mengejutkan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 20 Juli 2022
0 dilihat
9 Cara Mengetahui Emas Asli dan Palsu, Nomor 3 Mengejutkan
Terdapat beberapa cara mengecek keaslian emas, salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan digigit. Foto: Repro kompas.com

" Meskipun terbilang aman, masyarakat yang memilih untuk berinvestasi emas harus mengetahui keasliannya. Ada beberapa cara untuk mengetahui keaslian emas "

KENDARI, TELISIK.ID - Emas menjadi salah satu jenis investasi yang banyak dipilih. Sebab sifatnya yang berharga, tidak sedikit pula orang yang menggunakan emas sebagai hadiah, termasuk menjadi mahar untuk sebuah pernikahan.

Meskipun terbilang aman, masyarakat yang memilih untuk berinvestasi emas harus mengetahui keasliannya. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui keaslian emas, seperti dilansir dari kompas.com dan logammulia.com.

1. Lihat fisiknya

perbedaan emas asli dan emas palsu dapat dilihat dari fisiknya. Emas murni atau emas batangan mempunyai tanda-tanda khusus, seperti cap yang menandakan kadar emas tersebut. Umumnya, tanda ini menggunakan satuan fineness, yang lazim dikenal dengan menggunakan satuan karat dalam angka mulai dari 10K, 18K, dan 24K.

2. Berubah warna ketika digosok

Silakan Anda coba pegang dengan baik emas yang Anda beli tersebut, kemudian coba gosok permukaan emasnya menggunakan telapak tangan atau telunjuk Anda. Jika setelah digosok warnanya jadi pudar dan tidak seragam, bisa dipastikan itu adalah emas palsu, begitu pun sebaliknya.

3. Gigit

Emas adalah logam mulia lunak, sehingga mudah sekali dibentuk. Jika si penjual tawarkan emas dengan kadar tinggi, maka Anda bisa cek lunak atau tidaknya emas tersebut dengan mudah. Karena semakin tingginya kadar karatnya, maka emas akan jadi semakin lunak.

Cara mengetahui asli dan palsunya emas tersebut paling mudah adalah dengan menggigit bagian permukaan emas. Jika setelah digigit ada bekas gigitan yang tertinggal, itu artinya emas asli. Walaupun demikian, sangat disarankan sekali agar Anda tidak buru–buru membelinya. Karena bisa jadi material yang menyusun emas palsu itu adalah timah, karena logam timah juga termasuk golongan logam lunak.

Baca Juga: 9 Tips Hindari Penipuan Beasiswa

4.  Dekatkan dengan magnet

Emas pada dasarnya termasuk logam yang sifatnya non magnetis. Itu berarti jika didekatkan dengan magnet, emas tidak akan tertarik atau pun menempel. Harus diingat juga, bahwa pengujian satu ini tak berarti emas yang Anda miliki terjamin keasliannya, sebab masih ada banyak sekali logam lainnya yang memiliki sifat non magnetis.

5. Goreskan keramik ke kertas

Cara lain mengetahui emas asli dan palsu yaitu dengan menggunakan keramik atau keras. Tidak adanya goresan yang tertinggal bisa menjadi petunjuk. Jika emas digoreskan ke keramik atau kertas tidak menyisakan bekas, itu artinya emas tersebut asli. Kendati begitu, perlu diketahui bahwa cara ini dapat berisiko merusak emas.

6. Menguji densitas

Mengukur kepadatan logam menjadi salah satu cara paling rumit dan presisi untuk mengetahui keaslian dari emas. Sebagai aturan praktis, sangat jarang logam dengan kepadatan (densitas/massa jenis) yang melebihi kepadatan emas.

Kepadatan emas murni 24 karat adalah sekitar 19,3 g/ml, jauh melebihi kebanyakan logam lainnya, jadi semakin tinggi kepadatannya maka semakin murni logam mulia. Caranya dengan menggunakan gelas berisi air sebagai media pengujiannya.

Sebagai contoh, apabila emas memiliki berat 38 gram, ketika dimasukkan ke dalam gelas, volume air bergeser 2 ml.

Kemudian hitung dengan rumus massa (38 g) / pergeseran volume (2 ml), maka hasilnya adalah 19 g/ml, angka tersebut sangat mendekati massa jenis emas asli.

Namun perlu diingat, kemurnian emas yang berbeda akan memiliki rasio g/ml yang berbeda pula, seperti

14K = 12,9-14,6 g/ml,

18K emas kuning = 15,2-15,9 g/ml,

18K emas putih = 14,7-16,9 g/ml,

22K = 17,7-17,8 g/ml.

7. Meneteskan asam

Tips mengetahui emas asli dan palsu yang berikut ini biasanya digunakan oleh para pedagang emas dan toko perhiasan. Jika Anda ingin melakukannya sendiri, maka diperlukan kehati-hatian, sebab cairan asam nitrat adalah cairan yang cukup berbahaya sekali bagi tubuh dan pernafasan. Cara yang digunakan cukup mudah sekali, yakni dengan meneteskan asam nitrat ke emas lalu amati reaksinya.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Duri Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

Jika berubah jadi warna hijau, itu artinya logam ini adalah besi yang diberi lapisan emas, tetapi jika berubah jadi warna kuning, berarti ini merupakan kuningan yang beri lapisan emas. Sementara itu jika berubah jadi warna susu, maka logam tersebut adalah perak yang diberi lapisan emas. Tetapi jika tidak berubah warna, logam tersebut merupakan emas asli.

8. Aplikasi CertiEye

Selain beberapa metode yang sudah disampaikan, sebenarnya ada satu metode lagi untuk emas batangan Antam dengan kemasan terbaru. Anda bisa menggunakan aplikasi CertiEye di smartphone untuk mengetahui apakah emas batangan yang dimiliki merupakan emas asli atau palsu. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang CertiEye, silakan cek artikel berikut ini.

https://logammulia.com/id/news/yuk-berkenalan-dengan-teknologi-certieye-di-emas-batangan-antam-logam-mulia-

9. Cek ke LM terdekat

Untuk yang terakhir ini cocok banget untuk Anda yang tidak mau ribet dengan cara–cara di atas. Silakan bawa emas yang sudah Anda beli ke butik Antam LM terdekat. Petugas di butik Antam LM terdekat nanti akan menentukan keaslian dan kadar emas yang terkandung di dalamnya. Petugas butik Antam LM terdekat biasanya sudah terbiasa kenali emas asli dan palsu, jadi apa yang ia bilang biasanya selalu tepat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga