9 Cara Mudah Hilangkan Cegukan Saat Berpuasa

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 10 April 2023
0 dilihat
9 Cara Mudah Hilangkan Cegukan Saat Berpuasa
Cegukan biasanya diatasi dengan meminum segelas air. Namun saat berpuasa, ternyata ada cara lain yang bisa menghilangkan cegukan. Foto: Repro Klikdokter.com

" Ada beberapa cara mudah menghilangkan cegukan tanpa minum atau saat sedang berpuasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Semua orang pasti pernah mengalami cegukan. Cegukan bisa muncul kapan dan dimana saja. Biasanya untuk menghilangkan cegukan, kita cukup minum segelas air dan menunggu sejenak.

Tapi bagaimana jika cegukan terjadi saat kita sedang berpuasa seperti di bulan Ramadan ini?

Dilansir dari Bola.com dan Prfmnews.id, berikut cara mudah menghilangkan cegukan tanpa minum atau saat sedang berpuasa.

1. Menutup Kedua Telinga

Cara mengatasi cegukan saat puasa yang pertama yaitu menutup telinga menggunakan jari tangan selama 20-30 detik. Cara ini diyakini dapat mengirimkan sinyal relaksasi melalui saraf vagus, yang terhubung ke diafragma, sehingga cegukan akan hilang.

2. Tekuk Lutut dan Arahkan ke Dada

Anda dapat melakukan beberapa gerakan, yaitu duduk sambil memeluk lutut dan arahkan sedekat mungkin ke arah dada. Posisi tersebut akan menekan area diafragma sehingga udara yang terjebak dapat keluar.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Ini Bantu Jaga Kesehatan Otak

Pertahankan posisi tersebut selama dua menit sebagai cara menghilangkan cegukan saat puasa.

3. Membalik Posisi Tubuh

Membalik posisi tubuh dengan berbaring lalu meletakkan kaki pada dinding juga dapat Anda lakukan untuk menghilangkan cegukan saat puasa tanpa minum air, sehingga posisi tubuh akan terbalik, yakni kepala di bawah dan kaki di atas, yang dapat mengatasi masalah cegukan Anda.

4. Menahan Napas

Satu di antara cara menghilangkan cegukan saat puasa yang paling populer adalah menahan napas. Caranya pun terbilang sederhana dan mudah. Anda hanya menahan napas dalam 10 hitungan lambat, sebelum akhirnya kembali bernapas biasa. Hal ini dapat dilakukan 3-4 kali setiap 20 menit selama cegukan.

5. Bernapas dalam Kantong Kertas

Masih terkait dengan menahan napas, alternatif lainnya adalah bernapas dalam kantong kertas. Caranya, Anda hirup udara lalu buang dalam kantong kertas tersebut berulang kali dalam periode tertentu.

Hal ini akan membuat otot diafragma yang tadinya tegang, menjadi rileks kembali dan cegukan pun berhenti.

Perlu diingat untuk tidak menggunakan kantong plastik. Hal ini karena saat Anda mengambil napas, kantong plastik dapat menempel di mulut dan hidung.

6. Tekan Hidung dan Menelan

Anda juga dapat melakukan gerakan menelan sambil menekan bagian hidung. Hal ini dapat membantu otot diafragma untuk relaksasi, sebagai cara menghilangkan cegukan saat puasa.

7. Pijat Arteri Leher

Arteri pada leher yakni karotis, yang dapat Anda rasakan denyut nadi di kedua bagian leher, dapat Anda pijat dengan lembut.

Baca Juga: 5 Bahaya Konsumsi Makanan Cepat Saji Saat Berbuka Puasa

Tidak perlu memberi pijatan yang berlebihan, Anda cukup meletakkan kedua tangan pada arteri karotis leher lalu putar kepala dengan berlawanan jarum jam. Lakukan cara ini selama kurang lebih 5 hingga 10 detik hingga cegukan reda dan hilang.

8. Pijat Lembut Area Ulu Hati

Anda dapat melakukan pijatan dengan ujung jari secara lembut pada bagian ulu hati untuk mengatasi cegukan. Lakukan selama 20-30 detik dan umumnya cegukan akan berhenti.

9. Memijat Telapak Tangan

Menekan telapak tangan bagian bawah ibu jari, yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk bisa menjadi cara menghilangkan cegukan saat puasa.

Caranya, tekan telapak tangan menggunakan ibu jari tangan lainnya. Anda juga bisa menekan telapak tangan bagian bawah ibu jari, yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk. Lakukan beberapa kali agar cegukan dapat hilang sepenuhnya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga