9 Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan Tubuh

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 24 Maret 2024
0 dilihat
9 Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan Tubuh
Kurma ajwa memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Foto: Repro Freepik/rawpixel.com

" Kandungan polifenol yang ada di dalam kurma ajwa memiliki fungsi sebagai antioksidan yang kandungannya lebih tinggi dibanding buah-buahan kering lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu jenis kurma yang cukup banyak diminati masyarakat, khususnya di bulan Ramadan sebagai santapan berbuka adalah kurma ajwa.

Dikutip dari kemkes.go.id, buah kurma mempunyai jenis yang beragam, salah satu di antaranya kurma ajwa. Kurma ajwa umumnya yang paling disukai karena rasanya yang manis dan memiliki tekstur yang lembut.

Selain hal tersebut, dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah kurma ajwa mengandung 44-88 persen karbohidrat, protein 2,3-5,6 persen, lemak 0,2-0,5 persen, garam mineral, dan vitamin serta kandungan gula baik glukosa maupun fruktosa dalam buah kurma ajwa terdapat dalam kadar yang seimbang, sementara untuk vitamin C, vitamin A dan tanin memiliki konsentrasi yang tidak kalah tinggi jika dibandingkan dengan jenis kurma yang lain.

Kandungan polifenol yang ada di dalam kurma ajwa memiliki fungsi sebagai antioksidan yang kandungannya lebih tinggi dibanding buah-buahan kering lainnya.

Kandungan polifenol dalam kurma ajwa sebesar 455,88 mg/100 g lebih besar dibandingkan dengan kurma jenis lain. Berdasarkan penelitian, kurma ajwa memiliki fungsi sebagai tissue protective effect karena kandungan antioksidan yang tinggi.

Dalam penelitian dibuktikan bahwa kandungan selenium dalam kurma yang rendah dapat menjadi antimutagenik dalam melawan mutagen dan karsinogen.

Melansir alodokter.com, berikut beberapa manfaat kurma ajwa yang perlu diketahui:

1. Menambah jumlah ASI

Buah kurma, termasuk kurma ajwa, sudah terkenal efeknya sebagai ASI booster. Manfaat ini bukan hanya mitos karena buah ini memang banyak mengandung nutrisi yang penting untuk mendukung produksi ASI, seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Selain itu, kurma juga dapat merangsang produksi hormon oksitosin dan prolaktin, yaitu hormon yang berperan dalam produksi ASI. 

Selain itu, kurma ajwa mengandung gula alami yang memberi tubuh lebih banyak energi, sehingga tubuh tidak mudah lemas selama menyusui. Kurma ajwa juga termasuk salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk mendukung proses pemulihan tubuh setelah melahirkan.

2. Mengatasi sembelit

Perubahan pola makan selama berpuasa dapat memicu terjadinya sembelit. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan tinggi serat, termasuk kurma ajwa, setiap berbuka puasa dan sahur. 

Baca Juga: Yuk, Simak 5 Tips Memilih Kurma Bagus dan Manis

Selain kaya serat, buah ini juga mengandung prebiotik dan antioksidan polifenol yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Manfaat kurma ajwa ini akan lebih maksimal lagi kalau kamu mengombinasikan kurma ajwa dengan makanan tinggi serat lainnya, seperti apel, pisang, brokoli, atau ubi. 

3. Mencegah anemia

Asupan zat besi yang tercukupi setiap harinya bisa membuatmu terhindar dari anemia defisiensi besi. Karena kurma ajwa mengandung zat besi, kamu bisa mengonsumsinya setiap hari. 

Namun, konsumsi kurma ajwa ini harus dibarengi dengan makanan sumber zat besi lainnya, seperti bayam, tahu,daging, dan hati sapi atau hati ayam, supaya kebutuhan zat besi harianmu terpenuhi.

4. Menambah energi

Berkat kandungan gula dan kalorinya yang cukup tinggi, kurma ajwa memang layak dikonsumsi sebagai santapan untuk menemani ibadah puasa. Gula dan kalori yang tinggi ini bisa menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh selama berpuasa, sehingga kamu jadi tidak mudah lelah dan tetap semangat berpuasa. 

Belum lagi karena kandungan seratnya yang tinggi, kurma ajwa juga bisa membuat tubuh kenyang lebih lama. Jadi, kamu bisa mengatur nafsu makan dan lebih lancar berpuasa.

5. Menurunkan kolesterol    

Manfaat kurma ajwa dalam menurunkan kolesterol darah tak lepas dari peran senyawa phytosterol di dalamnya.

Senyawa ini mampu mengurangi LDL (kolesterol jahat) sehingga kadar kolesterol dalam darah tetap terkontrol. Bila kolesterol darah terkontrol, risiko terjadinya serangan jantung dan stroke akan makin kecil.

6. Memperkuat imunitas tubuh

Senyawa antosianin tak hanya memberikan kurma ajwa warna cokelat kehitaman, tetapi juga mampu memperkuat imunitas tubuh. Antioksidan pada kurma ajwa, seperti antosianin dan polifenol, diketahui dapat meredakan peradangan dan meningkatkan kinerja daya tahan tubuh dalam melawan kuman dan virus penyebab penyakit. 

Selain itu, manfaat kurma ajwa untuk daya tahan tubuh ini juga didukung oleh kandungan vitamin A, vitamin C, serta zinc di dalamnya.  

7. Mencegah penyakit kronis

Kurma ajwa termasuk jenis buah dengan antioksidan tertinggi. Antioksidan, seperti polifenol dan antosianin, dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas berlebih. Bila berlebihan, radikal bebas akan merusak sel-sel tubuh dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.  

Baca Juga: 5 Manfaat Kurma untuk Kecantikan yang Perlu Kamu Tahu

Untuk manfaat kurma ajwa yang lebih optimal, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya antioksidan lainnya, seperti buah beri, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. 

8. Mengendalikan kadar gula darah

Walaupun rasanya manis, manfaat kurma ajwa bisa untuk mengendalikan kadar gula darah, lho. Hal ini berkat senyawa polifenol yang mampu mencegah lonjakan kadar gula darah setelah makan. Dengan begitu, kadar gula dalam darah tetap stabil. 

Bahkan menurut penelitian, konsumsi makanan yang kaya akan polifenol, seperti kurma ajwa, secara rutin turut berkontribusi dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2.  

Namun, buah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan, ya. Ini karena kurma ajwa mengandung gula yang tinggi dan nilai indeks glikemiknya sedang. Jika dimakan berlebihan, hal ini justru bisa membuat kadar gula darah naik.

9. Mencegah pikun

Mulai sering lupa? Coba sering-sering mengonsumsi kurma ajwa, deh. Soalnya, kurma ajwa mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. 

Antioksidan sendiri diketahui mampu menjaga aliran darah ke otak tetap lancar, serta memelihara sel saraf yang berfungsi untuk mengontrol daya ingat dan fokus. Hal inilah yang membuat kurma ajwa bisa mencegah pikun.   

Nah, itulah beberapa khasiat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi kurma ajwa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga