9 Penyebab Diabetes di Usia Muda yang Harus Diwaspadai

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 31 Januari 2023
0 dilihat
9 Penyebab Diabetes di Usia Muda yang Harus Diwaspadai
Salah satu penyakit yang bisa dialami oleh kelompok usia muda adalah diabetes. Foto: shutterstock

" Salah satu penyakit yang sering dialami seseorang adalah diabetes. Hal ini harus dihindari sebab penyakit ini cukup berbahaya dan sukar sembuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang sering dialami seseorang adalah diabetes. Hal ini harus dihindari sebab penyakit ini cukup berbahaya dan sukar sembuh.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, salah satu penyakit yang bisa dialami oleh kelompok usia muda adalah diabetes.

Penyakit diabetes ini merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatkan jumlah kadar gula dalam darah.

Baca Juga: 4 Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Bubuk Cabai

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa kebiasaan yang menyebabkan diabetes di usia muda:

1. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan juga bisa menjadi hal yang membuat Anda terkena diabetes di usia muda. Sebab, orang yang kelebihan berat badan umumnya memiliki kadar gula darah yang tinggi sehingga rentan terkena diabetes.

Umumnya, perempuan dikatakan obesitas jika lingkar pinggangnya sudah di atas 80 sentimeter (Cm). Sementara laki-laki dianggap obesitas jika lingkar pinggang di atas 90 Cm.

2. Riwayat diabetes gestasional

Diabetes gestasional adalah penyakit diabetes yang terjadi pada masa kehamilan pada wanita yang tidak memiliki riwayat diabetes, tetapi menderita penyakit ini karena terjadi perubahan hormon.

Perubahan hormon dapat menghambat kerja insulin dalam mengelola gula darah dan menyebabkan resistensi insulin pada ibu hamil. Ketika kadar gula tinggi, munculnya penyakit diabetes ini.

Melansir MayoClinic, selain bagi ibu hamil, risiko diabetes gestasional ini dapat menurun kepada anak yang dikandungnya. Bahkan, mereka jauh lebih berisiko untuk terkena diabetes tipe-2.

3. Sering makan makanan siap saji

Makan makanan siap saji alias junk food rupanya juga bisa meningkatkan risiko diabetes. Pasalnya, junk food biasanya tinggi kadar gula dan garam.

Padahal, konsumsi keduanya seharusnya dibatasi per hari. Jika tidak, berbagai penyakit berisiko muncul, termasuk diabetes.

4. Anggota keluarga mengalami diabetes

Kalangan usia muda juga bisa terkena diabetes jika memiliki anggota keluarga yang juga mengalami penyakit ini. Namun, bukan berarti Anda akan otomatis kena penyakit ini.

Jika pola hidup sehat diterapkan dan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa mencegah diabetes dilakukan, maka masih ada potensi tidak terkena penyakit ini.

5. Merokok dan minum alkohol

Rokok dan alkohol merupakan contoh gaya hidup tak sehat yang dapat memicu diabetes pada usia muda.

Rokok dan alkohol mengandung zat-zat yang dapat mengganggu metabolisme tubuh dan memengaruhi produksi insulin. Jika insulin terganggu, maka kadar gula darah rentan meningkat dan menimbulkan diabetes.

6. Gemar konsumsi makanan manis

Gemar mengonsumsi yang manis-manis juga menjadi salah satu penyebab diabetes di usia muda. Kebiasaan makan makanan atau minuman manis ini bisa meningkatkan kadar gula dalam darah yang meningkatkan risiko diabetes.

Sebaiknya, konsumsi gula secukupnya. Kementerian Kesehatan merekomendasikan konsumsi gula hanya sebanyak 50 gram atau sekitar empat sendok makan per orang per hari.

7. Begadang

Begadang ternyata juga termasuk penyebab diabetes di usia muda. Sebab, begadang mengganggu ritme jam biologis tubuh sehingga menimbulkan perubahan hormon yang dapat mengganggu kerja insulin.

Biasanya, mereka yang suka begadang atau kurang tidur mengalami pradiabetes yang dapat mengarah pada diabetes.

8. Gangguan fungsi pankreas

Pankreas merupakan organ penting yang mengatur sekresi insulin ke aliran darah. Jika fungsi pankreas terganggu, maka fungsi insulin pun ikut terganggu.

Masalahnya, fungsi insulin adalah mengatur kadar gula dalam darah. Artinya, ketika insulin terganggu, maka kadar gula darah dapat melonjak dan menimbulkan diabetes tipe-1.

Baca Juga: Ternyata Wanita Tinggal Serumah dengan Mertua Lebih Cepat Kena Serangan Jantung, Ini Alasannya

9. Malas gerak

Malas gerak alias mager rupanya juga bisa membuat Anda terkena diabetes pada usia muda. Soalnya, hal ini memperlambat metabolisme tubuh, sehingga rentan diabetes.

Sebaiknya, jangan mager dan tetap lakukan aktivitas fisik agar kekuatan otot terjaga sehingga membantu metabolisme tubuh. Dengan begitu, kadar insulin dan kadar gula darah ikut terjaga.

Nah, itulah beberapa penyebab seseorang terserang diabetes di usia muda. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga