9 Rahasia Awet Muda yang Bisa Kamu Terapkan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 10 Januari 2023
0 dilihat
9 Rahasia Awet Muda yang Bisa Kamu Terapkan
Ada beragam tips mudah untuk tetap awet muda. Mulai dari minum air putih hingga tidur yang cukup. Foto: Repro diego_cervo

" Ada beragam tips awet muda yang dapat dilakukan, mulai dari penggunaan produk perawatan kulit hingga melalui prosedur medis "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu keinginan hampir setiap orang baik pria maupun wanita adalah awet muda. Untuk mewujudkannya, banyak cara bisa dilakukan.

Dikutip dari Alodokter.com, penuaan merupakan proses alami yang akan terjadi pada semua orang dan menyebabkan perubahan pada bagian tubuh tertentu, seperti kulit dan rambut.

Perubahan pada tubuh akibat penuaan membuat banyak orang tidak percaya diri dan mencoba beragam tips awet muda. Untuk mendapatkan hasil yang cepat, prosedur medis seperti operasi plastik kerap dilakukan.

Ada beragam tips awet muda yang dapat dilakukan, mulai dari penggunaan produk perawatan kulit hingga melalui prosedur medis.

Melansir cnnindonesia.com dari laman Eat This, berikut beberapa tips agar awet muda:

1. Kelola stres

Stres dapat membuat keriput mudah muncul dan wajah jadi tampak lebih tua. Maka dari itu, penting untuk mengelola stres.

Caranya beragam, mulai dari meditasi, yoga, hingga jenis olahraga lain yang dapat mengeluarkan luapan emosi dan rasa penat di dalam diri.

2. Rajin pakai sunscreen

Rahasia awet muda berikutnya adalah rajin menggunakan sunscreen alias tabir surya. Sebab, sinar UV dari matahari dapat merusak kulit dan membuat tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat.

Baca Juga: 5 Tips Aman Bermain Game, Kesehatan Tetap Terjaga

Maka dari itu, penting untuk menggunakan sunscreen minimal SPF30. Bahkan di dalam rumah pun, Anda harus menggunakan sunscreen karena sinar matahari yang masuk melalui jendela tetap bisa merusak kulit.

3. Banyak minum air putih

Studi menunjukkan dehidrasi memengaruhi elastisitas kulit atau kemampuan kulit untuk meregang dan mengencang kembali ke bentuk aslinya. Konsumsi air putih berpengaruh pada dehidrasi dan elastisitas kulit.

Para ahli menyarankan wanita setidaknya harus minum air putih 3 liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi dan menjaga elastisitas kulit. Bisa dibilang, air putih merupakan minuman awet muda.

4. Liburan

Liburan atau yang kini ngetren disebut healing rupanya bukan sekadar gaya hidup kekinian, tetapi merupakan salah satu rahasia awet muda.

Sebab, liburan yang menyenangkan dan mindfulness dapat menghilangkan stres, memperbaiki suasana hati, dan menghindari diri dari penuaan dini.

5. Kurangi minum kopi

Setelah memperbanyak asupan air putih, sebaiknya Anda mengurangi minum kopi. Terkadang kopi memang dibutuhkan untuk menjaga stamina agar bisa 'melek' lebih lama, khususnya ketika banyak kerjaan.

Namun, konsumsi kopi rupanya membuat tubuh menjadi dehidrasi. Padahal, dehidrasi dapat memengaruhi elastisitas kulit. Maka dari itu, sebaiknya kurangi konsumsi kopi.

6. Kurangi konsumsi garam dan gula

Selain kopi, tips agar awet muda berikutnya adalah mengurangi konsumsi garam dan gula harian. Soalnya, konsumsi gula menyebabkan glikasi yang membuat kulit kehilangan kekenyalannya dan menurunkan efisiensi kolagen serta protein yang dapat menjaga kulit agar tampak muda.

Sementara konsumsi garam memicu dehidrasi dalam tubuh yang juga dapat mengurangi elastisitas kulit. Ketika dehidrasi, kulit jadi lebih mudah keriput, kusam, dan menua.

7. Jangan merokok

Rokok tak hanya mengandung bahan kimia yang mampu memicu berbagai penyakit di organ paru-paru, jantung, dan hati. Namun juga berkontribusi pada penuaan.

Sebab, kandungan bahan kimia dalam rokok dapat menurunkan kadar kolagen, elastin, dan protein dalam tubuh. Padahal, seluruh hal ini berperan untuk menjaga keremajaan kulit.

8. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup merupakan hal yang perlu dipenuhi sehari-hari agar tubuh mendapat istirahat usai melakukan berbagai aktivitas.

Baca Juga: Begini Cara Daftar KIP Kuliah 2023

Penelitian terbaru yang dipublikasikan BRAIN melaporkan bahwa kebiasaan tidur kurang dari 4,5 jam atau lebih dari 6,5 jam pada malam hari rentan menurunkan kemampuan kognitif seseorang yang menjadi salah satu faktor penyebab penuaan.

9. Perbanyak aktivitas di luar ruangan

Kebiasaan yang juga bisa membuat awet muda adalah melakukan aktivitas di luar ruangan, misalnya dengan berjalan-jalan, berlari, bersepeda sambil menghirup udara bebas dan merasakan sinar matahari.

Hal ini penting untuk mengurangi polusi yang biasa terhirup sehari-hari. Sebab, polusi dapat menimbulkan penuaan dini. Selain itu, aktivitas di luar ruangan dapat menyegarkan tubuh sehingga juga terhindar dari stres.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan agar awet muda. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga