adplus-dvertising

9 September Hari Olahraga Nasional, Berikut Sejarah dan Tema Tahun Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 09 September 2021
2305 dilihat
9 September Hari Olahraga Nasional, Berikut Sejarah dan Tema Tahun Ini
Sejumlah alat olahraga. Foto: Repro fbocigli.com

" Bangsa Indonesia peringati Hari Olahraga Nasional atau Haornas diperingati pada setiap tanggal 9 September. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bangsa Indonesia peringati Hari Olahraga Nasional atau Haornas diperingati pada setiap tanggal 9 September. Untuk tahun 2021, jatuh pada hari ini, Kamis (9/9/2021).

Dikutip dari laman resmi Kemenpora, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan, peringatan Haornas ke-38 tahun 2021 mengangkat tema Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju. 

 


Logo HAORNAS 2021. Foto: Repro Kemenpora

 

Dilansir dari TribunNews.com, Hari Olahraga Nasional diperingati setiap tanggal 9 September melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985.

Hari Olahraga Nasional merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan olahraga.

Penetapan Hari Olahraga Nasional tak lepas dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada 9-12 September 1948.

Sebelum ditetapkan hari peringatannya setiap tanggal 9 September, telah muncul usulan untuk memperingati Haornas setiap tanggal 8 September.

Pada tanggal 16-17 Mei 1983, diadakan Sidang Paripurna KONI XIII di Senayan, Jakarta.

Dilansir dari Kompaspedia, dalam sambutan tertulis pembukaan sidang, Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang saat itu menjabat Ketua Umum KONI Pusat mengusulkan tanggal 10 September sebagai Hari Olahraga Nasional.

Baca juga: Ini Pesan Presiden Jokowi untuk Pelajar Selama Belajar Tatap Muka

Baca juga: Pabrik Sel Mobil Listrik Bakal Dibangun di Indonesia Total Investasi Rp 142 Triliun

Usulan tentang Hari Olahraga Nasional itu berdasarkan pada harapan untuk menempa semangat berolahraga di masyarakat serta peningkatan prestasi.

Sidang tersebut memutuskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XI dilaksanakan di Jakarta mulai tanggal 8 September sekaligus ditetapkan sebagai Hari Olahraga.

Pemilihan tanggal 8 September sesuai dengan informasi yang digunakan pada saat itu bahwa PON pertama di Surakarta dimulai pada 8 September 1948.

Berdasarkan arsip Kompas.com, terdapat perbedaan mengenai pembukaan PON I di Surakarta. Pada buku kenangan PON II 1951 dan PON-PON selanjutnya, disebutkan bahwa Pekan Olahraga Nasional pertama di Surakarta diselenggarakan pada 8-12 September 1948.

Pada kenyataannya, tanggal 8 September 1948 adalah hari perjalanan bendera PON I yang dibawa dari Yogyakarta menuju Surakarta. Adapun, bendera tersebut tiba di Kota Surakarta pada 9 September 1948 pukul 6.30 WIB.

Selanjutnya, bendera tersebut langsung dibawa ke Stadion Sriwedari yang menjadi arena penyelenggaraan PON I. Kemudian pada pukul 9.00, Presiden Soekarno secara resmi membuka PON I.

Selang 35 tahun kemudian, tepatnya pada 9 September 1983, Presiden Soeharto mencanangkan Hari Olahraga Nasional saat meresmikan purnapugar Stadion Sriwedari.

Pemilihan 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional berdasarkan pada tanggal pembukaan PON I di Surakarta, 1948.

Pada 7 September 1985, melalui Keputusan Presiden Nomor 67 Tahun 1985, ditetapkan bahwa tanggal 9 September ditetapkan sebagai peringatan Hari Olahraga Nasional atau Haornas. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga