adplus-dvertising

9 Tanda Jodoh Kamu Sudah Dekat Menurut Islam

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Jumat, 13 November 2020
253000 dilihat
9 Tanda Jodoh Kamu Sudah Dekat Menurut Islam
Salah satu tanda kebesaran Allah adalah menjadikan pasangan manusia sebagai suami dan istri. Foto: Repro umma.id

" Melalui persepsi kita pada Al Quran kita mencegah diri kita dari menjadi tawanan dengan apa yang kita pikir adalah belahan jiwa. "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu tanda kebesaran Allah Subhanahu Wata'ala adalah menjadikan pasangan manusia sebagai suami dan istri.

Orang-orang yang tadinya tidak saling mengenal bisa Allah pertemukan dan Allah hadirkan kasih sayang di dalam hati masing-masing.

Lalu apa hakikat jodoh dalam islam?


1. Jodoh Termasuk Rezeki

Beberapa ulama berpendapat bahwa jodoh juga termasuk rezeki.

Kehadirannya merupakan misteri, dan sudah ditetapkan saat seseorang dalam kandungan. Rasulullah bersabda,

“Kemudian diperintahkan malaikat untuk menuliskan rejekinya, ajalnya, amal perbuatannya, kebahagiaan atau kesengsaraannya..”.

Jodoh juga termasuk hal-hal yang telah dituliskan di Lauhul Mahfuzh. Karena jodoh telah ditetapkan oleh Allah, maka kita seharusnya percaya bahwa Allah akan memberikan yang terbaik.

Seperti rezeki, jodoh juga akan sampai kepada kita dan tidak akan tertukar.

2. Jodoh Membuat Seseorang Jadi Tenteram

Allah berfirman, “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS.Ar Ruum: 21).

Ketenteraman adalah hal yang akan diperoleh dari ibadah menikah. Dalam pernikahan, seseorang bisa tenang, mengharap pahala, dan keturunan yang sholeh dan sholehah.

Ketentraman dari seorang jodoh diperlukan agar ibadah tetap terasa menyenangkan.

Karena dalam Islam, menikah bukan sekedar menghalalkan cinta dua insan, melainkan sebagai jalan agar keduanya meraih rida dan cinta Allah.

3. Jodoh adalah Orang yang Bisa Saling Memaklumi dan Saling Membantu

Sesuai ayat tersebut, kita bisa melihat bahwa jodoh yang menjadi pasangan adalah seseorang yang akan mendatangkan ketenteraman.

Karena itu, kita bisa melihat tanda-tanda bahwa orang yang akan menjadi jodoh kita adalah orang yang mampu memaklumi kekurangan kita.

Tidak semua orang Allah takdirkan untuk mampu memahami segala cela yang kita miliki.

Namun, Allah akan mempertemukan seseorang dengan jodohnya, yang merupakan seseorang yang mudah memaafkan segala kesalahan yang telah dan akan kita perbuat.

Jodoh juga bisa jadi merupakan seseorang yang membantu meringankan permasalahan. Kalaupun ia tidak terjun langsung menyelesaikan persoalan, namun setidaknya kehadirannya bisa menguatkan.

Misalnya ia adalah seseorang yang diringankan Allah untuk membantu mencarikan jalan keluar, atau mempertemukan kita dengan orang-orang yang bisa membantu kita.

Bisa juga orang tersebut bisa mengutarakan kalimat yang memotivasi kita dalam memecahkan masalah. Itulah yang menyebabkan seseorang merasa hidup menjadi mudah jika selalu berdekatan dengan orang yang kemudian menjadi jodohnya.

4. Jodoh Akan Menjadi Cerminan

Dalam Islam, jodoh adalah cerminan diri kita. Allah berfirman,

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)” (QS.An Nur: 26).

Maksud bahwa hakikat jodoh adalah cermin bukan hanya dari sifat dan keimanan.

Selayaknya cermin, seorang pasangan juga akan menjadi orang yang mengingatkan agar kita tetap berada dalam jalan yang Allah ridai.

Jadi pernikahan menjadi sarana untuk memperkuat iman dan memperbanyak ibadah.

Sebagaimana hakikat penciptaan manusia yang telah Allah firmankan,

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku”. (QS.Adz Dzariyat: 56).

Bagi Anda yang sedang mencari dan dalam proses penemuan jodoh, tanda-tanda berikut bisa menjadi obor yang membantu Anda mendapat penerangan apakah orang yang sedang bersama Anda saat ini adalah jodoh Anda.

Berikut ciri-ciri jodoh sudah dekat menurut Islam:

Waminkulli syai'in khalaqn? zaujaini la'allakum ta?akkar?n

Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan seperti lelaki dan perempuan, langit dan bumi, daratan dan lautan, agar kalian mengingat keesaan Allah yang menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan dan mengingat kekuasaan-Nya. (QS Az-Zariyat Ayat 49)

Jadi bagaimana kita tahu belahan jiwa kita?

Mengenal diri sendiri memberikan keyakinan dan iman untuk menegaskan keakraban alami yang akan Anda alami.

Namun, dasar dari pengetahuan ini berasal dari kebenaran dalam firman Allah.

Melalui persepsi kita pada Al Quran kita mencegah diri kita dari menjadi tawanan dengan apa yang kita pikir adalah belahan jiwa.

Baca juga: Kumpulan Doa untuk Orang Tua Lengkap, Saat Masih Hidup dan Sudah Meninggal

Berikut rangkuman Telisik.id perihal jodoh menurut ajaran Islam:

1. Anda Memiliki Firasat Saat Proses Mengenal Calon Pasangan Anda

Sesuatu yang jauh di dalam hati memberi tahu Anda bahwa ini adalah yang sempurna untuk Anda. Seolah-olah ada kekuatan spiritual yang mendorong Anda untuk melepaskan semua yang Anda harapkan sebelumnya dan memberikan diri Anda sepenuhnya.

Tentu saja hal ini tidak sesederhana Anda mendapatkan bisikan ataupun hal aneh lainnya.

Sebagai seorang Muslim yang baik, memastikannya dengan salat istikharah di kala mengharapkan petunjuk dari Allah.

Jadi setelah setidaknya Anda merasa bahwa orang di depan Anda adalah orang yang tepat untuk Anda nikahi, jangan lupa untuk tetap mengenali petunjuk lainnya.

2. Memiliki Iman dan Sifat yang Mirip

Ciri-ciri jodoh sudah dekat menurut tanda yang diberikan Allah yang kedua adalah memiliki iman dan sifat yang mirip dengan Anda.

Seperti yang terkandung dalam surat An-Nur ayat 26 yang memiliki makna bahwa seorang wanita baik-baik akan berjodoh dengan laki-laki yang baik pula. Jodoh merupakan cerminan diri, jadi setiap orang akan mendapatkan jodoh yang tepat baginya.

3. Anda Nyaman Menjadi Diri Sendiri Begitu Juga dengan Calon Anda

Ciri-ciri jodoh sudah dekat selanjutnya adalah dia akan selalu tampil apa adanya di depan Anda begitu juga sebaliknya. Tidak ada yang dibuat-buat dan dipaksakan dalam semua tingkah laku dan gerak geriknya.

Semua kelakuannya merupakan bagaimana dia yang sebenarnya, asli tanpa kepalsuan. Bisanya hal ini bisa dilihat dari kenyamanan yang ditunjukkannya.

Bila dia terlihat kurang nyaman dengan apa yang dilakukannya dan gayanya di depan Anda, maka sudah dapat dipastikan dia sedang bersandiwara. Namun bila penampilannya dan kelakuannya tampak spontan, mungkin saja dia adalah jodoh Anda.

4. Saling Percaya

Ciri-ciri jodoh sudah dekat berikutnya adalah Anda bisa memberikan kepercayaan pada calon Anda.

Bila Anda menemukan orang yang sangat jujur dan rasanya kamu akan percaya padanya, maka mungkin saja itu adalah tanda-tanda petunjuk jodoh dari Allah.

Saat Anda percaya pada seseorang dalam menceritakan berbagai rahasia yang Anda miliki, dan Anda merasa tidak bisa menyembunyikan apapun darinya, maka mungkin dia adalah orang yang selama ini Anda nanti-nantikan.

5. Bisa Saling Memahami

Bagi Anda yang memang ditakdirkan berjodoh, maka Anda dan pasangan akan saling memahami satu sama lainnya. Bila Anda sedang mengalami kesulitan, maka dia akan berusaha untuk membantu Anda. Baik susah atau senang dirasakan, dia akan selalu ada untuk Anda.

Dia juga akan selalu bersedia mengarungi setiap pasang surut sebuah hubungan. Bila pasangan Anda selalu bersama dengan Anda, baik dalam suka maupun duka, tentu hal ini bisa menjadi tanda bila dirinya jodoh Anda.

6. Tidak Mencari yang Lain

Ciri-ciri jodoh sudah dekat selanjutnya adalah ketika keduanya sudah menemukan seseorang yang dapat membuatnya merasa hidup kurang lengkap ketika orang itu tidak ada di samping kita. Nah, kalau ini sudah Anda rasakan, maka ini bisa jadi pertanda dari Allah kalau dia adalah jodoh Anda.

Dengan demikian, orang tersebut akan membuat Anda untuk berhenti mencari yang lain, meskipun orang tersebut penuh dengan kekurangan.

7. Pihak Keluarga dapat Menerima

Membangun mahligai rumah tangga bukan soal dirimu dan pasangan, tetapi melibatkan dua keluarga.

Ciri ciri jodoh sedikit ada gambaran tatkala kedua keluarga dapat saling menerima.

Menerima dirimu dan membuka pintu pada keluargamu, begitupun sebaliknya.

8. Dipermudah dalam Beberapa Persoalan

Ciri-ciri jodoh selanjutnya adalah berbagai urusan yang dimudahkan.

Contohnya, ketika merencanakan pernikahan semuanya terasa lapang, rezeki dari berbagai penjuru mengalir, dan saat mendekatkan keluarga tak ada persoalan yang berarti.

9. Memiliki Tujuan Bersama

Sangat penting untuk mengenal diri sendiri terlebih dahulu dan kemudian mempertimbangkan apakah Anda berbagi tujuan bersama dengan pasangan Anda.

Apakah Anda berdua memiliki cita-cita, nilai, impian, dan aspirasi yang sama? Anda berdua harus menuju ke arah yang sama.

Jika pasangan Anda memiliki impian dan aspirasi yang berlawanan dengan Anda, Anda tidak dapat berbagi kehidupan bersama, bahkan jika orang itu baik. (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga