9 Tips Pola Makan Sehat Bagi Orang Sibuk, Kamu Perlu Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 21 Januari 2023
0 dilihat
9 Tips Pola Makan Sehat Bagi Orang Sibuk, Kamu Perlu Tahu
Penting untuk megetahui cara membantu mempertahankan pola makan bagi orang yang hari-harinya sibuk beraktivitas. Foto: google.com

" Pola makan sehat menjadi kebutuhan yang harus dijaga setiap orang agar tubuh bisa sehat dan hidup lebih produktif. Makanya penting untuk mengetahui cara menjaga pola makan sehat ini, khususnya bagi orang yang seharian sibuk beraktivitas "

KENDARI, TELISIK.ID - Pola makan sehat menjadi kebutuhan yang harus dijaga setiap orang agar tubuh bisa sehat dan hidup lebih produktif. Makanya penting untuk mengetahui cara menjaga pola makan sehat ini, khususnya bagi orang yang seharian sibuk beraktivitas.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, makanan sehat dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi organ dan memastikan kinerjanya.

Secara umum juga, jenis makanan yang tergolong dalam kelompok makanan sehat mengandung berbagai nutrisi. Syarat makanan yang sehat (4 sehat 5 sempurna), yaitu bersih, memiliki gizi yang baik dan seimbang.

Keseimbangan makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Baca Juga: 3 Cara Jitu Mencegah Perilaku Konsumtif

Namun dalam kondisi tertentu seperti sibuk bekerja, seringkali mengonsumsi makanan seimbang ini terlewat karena saking sibuknya. Olehnya itu, penting untuk megetahui cara untuk membantu mempertahankan pola makan bagi orang yang hari-harinya sibuk beraktivitas.

Melansir hellosehat.com, berikut beberapa tips untuk membantu mempertahankan pola makan bagi orang yang hari-harinya sibuk beraktivitas:

1. Jangan terlalu banyak minum kopi

Kopi memang membuat Anda lebih segar pada pagi hari, tapi jangan pula meminumnya secara berlebihan. Salah satu dampak langsung minum kopi yaitu dehidrasi, sebab kopi dapat mempercepat keluarnya air dari tubuh melalui urine.

Bila Anda membutuhkan kopi sebelum beraktivitas, cukup konsumsi 1-2 cangkir setiap hari. Pilihlah kopi hitam dengan sedikit gula atau tanpa gula sama sekali. Hindari penggunaan creamer atau topping tambahan yang akan menambah jumlah kalori.

2. Perbanyak makanan alami, batasi makanan kemasan

Hal terbaik yang bisa Anda berikan kepada tubuh Anda ialah makanan segar dan alami. Sedapat mungkin, makanlah lauk-pauk, buah-buahan, sayuran, dan sebagainya yang langsung berasal dari pasar atau supermarket tanpa melewati proses pengawetan.

Agar pola makan Anda tetap sehat, batasi konsumsi makanan kemasan atau yang telah diawetkan. Pasalnya, makanan ini biasanya tinggi gula dan natrium serta mengandung bahan tambahan pangan seperti pengawet dan pewarna buatan.

3. Makan makanan sehat tinggi serat

Buatlah pola makan Anda menjadi lebih sehat dengan menambahkan makanan tinggi serat ke dalam menu harian. Misalnya, cobalah mengganti roti tawar putih dengan roti gandum atau nasi putih dengan nasi merah.

Makanan tinggi serat dapat memperlancar pencernaan, menjaga jumlah bakteri baik di usus, serta menurunkan risiko penyakit kronis seperti stroke, penyakit jantung, dan diabetes. Selain itu, serat membantu menjaga berat badan karena bikin kenyang lebih lama.

4. Tidak melewatkan sarapan

Sarapan merupakan waktu makan paling penting, sebab dari sinilah Anda memperoleh energi untuk beraktivitas selama seharian. Sarapan yang sehat juga dapat melindungi Anda dari risiko berbagai penyakit, termasuk diabetes tipe 2.

5. Banyak minum air putih

Pola makan yang sehat belum lengkap tanpa air putih. Kebutuhan air setiap orang mungkin berbeda-beda sesuai berat badannya. Namun, sebagai panduan, minumlah paling sedikit delapan gelas air setiap hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

Asupan air yang cukup akan menjaga kelancaran fungsi tubuh serta melindungi Anda dari dehidrasi. Ketika dehidrasi, tubuh cenderung mengirimkan sinyal lapar yang keliru. Inilah yang membuat seseorang kerap makan banyak tanpa menyadarinya.

6. Jangan makan berlebihan

Meskipun Anda makan makanan yang sehat, porsinya harus tetap seimbang. Makanlah secukupnya dan berhentilah kira-kira ketika Anda sudah mencapai 80% rasa kenyang. Jika Anda masih lapar, coba tunggu 10 menit sebelum makan sedikit lagi.

Makan secara berlebihan tidak hanya berdampak negatif untuk berat badan, tapi juga bisa mengganggu kerja pencernaan. Porsi makan yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko sejumlah gangguan kesehatan.

7. Makan dengan pola teratur dan tepat waktu

Laju metabolisme tubuh dapat berubah pada waktu-waktu tertentu. Pada malam hari misalnya, metabolisme akan melambat karena tubuh sedang mulai beristirahat. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk makan sebelum larut malam.

Kebiasaan makan secara teratur juga dapat membantu tubuh mengontrol kolesterol dan menurunkan risiko obesitas. Hal ini ditemukan dalam beberapa penelitian terbitan jurnal Proceedings of the Nutrition Society pada 2016.

Kunci pola makan yang sehat yakni menerapkan Pedoman Gizi Seimbang. Ini berarti Anda perlu mengonsumsi makanan sumber karbohidrat, buah dan sayuran, serta lauk-pauk sumber lemak dan protein dalam jumlah yang sesuai.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan di Rumah

8. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Pola makan yang sehat haruslah berisikan sayur dan buah. Pasalnya, kedua bahan pangan ini merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang akan memenuhi kebutuhan Anda setiap hari.

Kedua jenis makanan tersebut juga kaya akan zat fitokimia serta antioksidan yang membantu mengurangi risiko beragam penyakit. Jadi, jangan lupa penuhi piring makan Anda dengan buah dan sayuran yang berwarna-warni.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk membantu mempertahankan pola makan ketika hari-hari sibuk beraktivitas. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga