9 Tradisi Pernikahan Unik di Berbagai Negara, Nomor 9 Menjijikan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 25 Juli 2022
0 dilihat
9 Tradisi Pernikahan Unik di Berbagai Negara, Nomor 9 Menjijikan
Salah satu pernikahan unik yaitu menikah di dalam peti mati, tradisi ini berada di Thailand. Foto: Repro pobela.com

" Tak sedikit beberapa pernikahan memiliki tradisi dan aturannya pada masing suku, budaya maupun agama tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Pernikahan merupakan suatu hal yang sakral bagi dua orang yang saling mencintai agar dapat dipersatukan dalam suatu ikatan sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing. Serta pernikahan juga sebagai ikatan yang diakui secara hukum, agama dan negara tertentu.

Tak sedikit beberapa pernikahan memiliki tradisi dan aturannya pada masing suku, budaya maupun agama tertentu. Terdapat beberapa tradisi pernikahan yang dapat disebabkan oleh adanya perbedaan tradisi yang dilakukan secara turun temurun atau sekedar filosofi daerah yang berbeda.

Ada juga beberapa tradisi pernikahan yang dianggap unik, aneh maupun menjijikkan yang di jadikan sebuah di negara-negara tertentu. Menariknya hal itu tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi juga penjuru dunia yang lain.

Berikut ini adalah budaya menikah yang terbilang unik, aneh dan agak mengerikan di penjuru dunia seperti dilansir dari idntimes.com dan pobela.com, yaitu:

1. Skotlandia

Tradisi ini mengharuskan si pengantin laki-laki dan perempuan agar dilumuri sejumlah cairan atau apapun yang dianggap menjijikkan. Lalu setelah dilumuri berbagai macam cairan, bersama-sama mereka diarak keliling kota untuk ditunjukkan kepada seluruh orang di kota tersebut. Konon, dengan melewati rasa malu yang besar ini, maka kedua pengantin dapat mengatasi permasalahan apapun yang akan mereka hadapi

2. India

Di India, wanita dibilang terkutuk jika keinginan untuk menikahnya lebih besar dibandingkan pria. Untuk menghilangkan kutukan yang dimiliki oleh si wanita sebelum memasuki kehidupan rumah tangga, maka dia tersebut harus dinikahkan kepada pohon terdahulu. Dipercayai bahwa dengan begitu maka kutukan si wanita akan terjelma di dalam pohon dan si wanita bebas dari kesialan yang akan menderpanya.

3. Korea Selatan

Baca Juga: 12 Negara dengan Tradisi Unik Libur Sekolah, Beri Hadiah hingga Bakar Iblis

Salah satu lagi tradisi yang aneh adalah bagi si pengantin pria di Korea Selatan. Setelah resepsi pernikahan selesai, para teman dari pengantin pria akan mengikat kakinya dan memukul telapak kakinya dengan keras. Tidak diketahui asal usul dari tradisi ini, namun dipercayai bahwa dengan melakukan hal tersebut maka si pengantin pria akan lebih merasa tangguh dalam menjalani malam pertamanya.

4. Malaysia

Di Borneo, Malaysia terdapat tradisi aneh yaitu setelah resepsi pernikahan telah berakhir, di saat itulah kesabaran pasangan tersebut diuji. Keluarga dari mereka harus tetap memantau pasangan baru ini untuk memastikan bahwa mereka tidak menggunakan kamar mandi selama tiga hari. Dipercayai bahwa hal ini akan membawa keberuntungan dan pernikahan yang berkepanjangan serta keluarga yang sehat selalu.

5. Tiongkok

Tradisi yang satu ini dilakukan jauh hari sebelum hari pernikahan dimulai. Demi menentukan hari pernikahan, pasangan di Tiongkok atau pedalaman Mongol, harus bersama-sama membelah anak ayam dan mengecek hatinya. Jika dianggap sehat, maka mereka diperbolehkan untuk menentukan tanggal pernikahannya. Jika tidak, maka mereka harus tetap memotong ayam untuk menemukan satu yang sehat. Kalau tidak, maka tidak bisa ditentukan kapan hari pernikahannya.

Tradisi unik lainnya yaitu memanah sang pengantin. Hal ini dilakukan di Yugur atau Uighur Kuning, Tiongkok. Sang pengantin laki-laki akan memanah pengantin perempuannya dengan anak panah yang tidak berkepala, lalu akan mematahkan anak panah itu sebagai lambang cinta selamanya. Apakah kamu bisa mengerti maksud dari tradisi ini?

Salah satu tradisi nyeleneh lainnya di negara ini adalah pernikahan hantu. Pernikahan hantu ini merupakan tradisi dari Tiongkok yang sudah berlangsung ribuan tahun. Praktik ini menikahkan dua orang yang meninggal dengan kondisi lajang. Dilangsungkan di kuburan, pernikahan ini tidaklah murah karena meminta rumah besar hingga perhiasan mahal.

6. Thailand

Mungkin kamu menganggap ini tidak masuk akal, mengingat menikah dan peti mati adalah dua hal yang sangat berlawanan. Tapi, ritual ini memang pernah dirayakan. Pada hari Valentine 2015, sepuluh pasang pengantin melakukan upacara ini di Wat Ta Kien, Thailand. Masyarakat di sana percaya, berbaring di peti mati dan didoakan di peti mati saat menikah mampu menghilangkan nasib sial. Waduh, kok jadi horor begini, ya?

7. Republik Demokratis Kongo

Republik Demokratis Kongo adalah sebuah negara di Afrika Tengah. Bagi masyarakat Kongo, tersenyum adalah sesuatu yang tabu dilakukan ketika melaksanakan upacara pernikahan. Tersenyum atau tertawa dianggap jika pasangan tersebut tidak serius menjalankan upacara pernikahan. Oleh karena itu, pasangan pengantin selalu memasang ekspresi datar, dan baru ketika bulan madu mereka bergembira.

Baca Juga: 7 Negara Tanpa Malam Hari di Dunia

8. Filipina

Pernikahan ini diadakan di Filipina. Dalam tradisi ini, sang pengantin tidak perlu membiayai upacara, ritual, ataupun perayaannya dan semua ini dibiayai oleh pemerintah. Persyaratannya cukup mudah, yakni sang pengantin harus mencari venue sendiri, telah mendaftarkan diri, dan dilaksanakan pada hari Valentine. Gimana tertarik ke Filipina?

9. Prancis

Pengantin baru di Prancis sepertinya tidaklah seberuntung di negara lain. Di sana terdapat budaya di mana sang pengantin dipaksa minum minuman sisa di toilet. Sekarang memang sudah diganti menjadi cokelat dan champagne, tapi tetap saja minumnya harus dari toilet. Duh, apa nggak mual tuh?

Bersyukurlah jika Indonesia sendiri tidak memiliki tradisi nyeleneh seperti itu, walaupun sebenarnya di beberapa negera tersebut, tradisi itu adalah suatu hal yang wajib di lakukan oleh kedua mempelai. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga