adplus-dvertising

92 Kru KM Lambelu Positif COVID-19

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Sabtu, 18 April 2020
851 dilihat
92 Kru KM Lambelu Positif COVID-19
Kru KM Lambelu sementara diisolasi mandiri di perairan Makassar. Foto: Ist.

" Dengan bertambah 66, pasien positif di Kapal Motor Lambelu kini berjumlah 92 setelah sebelumnya ditemukan positif 26. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 66 kru KM Lambelu yang terdiri dari ABK dan mitra Pelni kembali dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium swab tenggorokan, Jumat (17/4/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari mengatakan, puluhan kru yang positif bagian dari 109 kru kapal yang hasil swabnya baru diambil pada Selasa (14/4/2020).

"Dengan bertambah 66, pasien positif di Kapal Motor Lambelu kini berjumlah 92 setelah sebelumnya ditemukan positif 26," kata Ichsan melalui video conference, Jumat malam (17/4/2020).


Ichsan mengungkapkan, hasil positif didapat dari pemeriksaan tahap dua terhadap 105 kru di kapal tersebut. Saat ini, semua awak kapal belum turun ke darat.

"Mereka akan berada di atas kapal selama 14 hari," terangnya.

Baca juga: Satu Pasien Positif COVID-19 Asal Kendari Meninggal di RSUD Bahteramas

Ichsan mengatakan, saat ini 92 kru KM Lambelu yang terinfeksi COVID-19 masih diisolasi secara mandiri di atas kapal yang kini bersandar di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Puluhan pasien positif tersebut masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Untuk kru yang tidak terinfeksi COVID-19 jumlahnya 60 orang baik-baik saja. Sampai saat ini belum ada pasien yang mau dirujuk ke rumah sakit," ujar Ichsan.

Sebelumnya, KM Lambelu telah diizinkan bersandar di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Makassar Selasa, 14 April 2020. Kapal diizinkan bersandar untuk memudahkan pengawasan dan pemantauan terhadap seluruh kru kapal.

Baca juga: Pasien Dalam Pengawasan Virus COVID-19 Sultra Sisa 13 Kasus

"Ini untuk memudahkan pengawasan dan pemantauan terhadap aktivitas ABK dan Mitra Pelni di atas kapal serta untuk pengisian BBM, air tawar, logistik dan keperluan lain," jelas Kepala Bidang Lalu Lintas Laut Otoritas Pelabuhan Makassar, Sirajuddin.

Otoritas pelabuhan juga akan membuat posko pengamanan yang terdiri dari syahbandar, TNI dan Polri, serta dari Pelindo IV Makassar untuk memastikan semua kru kapal yang berjumlah 141 orang itu tetap berada di atas kapal.

KM Lambelu tiba di Makassar pada 8 April 2020 lalu. Kapal itu datang dari Pelabuhan Lorens Say, Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Kapal itu tiba di perairan Makassar tanpa penumpang.

 

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Rani

Baca Juga