952 Calon PPS di Muna Barat Berebut 258 Kuota

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 10 Januari 2023
0 dilihat
952 Calon PPS di Muna Barat Berebut 258 Kuota
Ketua KPU Muna Barat, Awaluddin Usa mengatakan, peserta yang berhasil mengakses SIAKBA mencapai 1039 pendaftar. Foto: Ist.

" Pendaftar calon anggota PPS membludak hingga 1039 orang. Sementara kuota yang dibutuhkan hanya 258 orang sesuai jumlah desa dan kelurahan di Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pendaftar calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) membludak hingga 1039 orang. Padahal kuota yang dibutuhkan hanya 258 orang sesuai jumlah desa dan kelurahan di Muna Barat.

Menurut Ketua KPU Muna Barat, Awaluddin Usa, tahapan perekrutan anggota PPS hanya menyediakan 258 kursi sesuai dengan kuota yang dibutuhkan dari jumlah keseluruhan desa dan kelurahan yang ada di Muna Barat.

"PPS ini dibutuhkan hanya tiga orang tiap desa dan kelurahan, sementara saat ini di Muna Barat terdapat 81 desa serta lima kelurahan," ungkapnya, Selasa (10/1/2023).

Ia mengatakan, dalam tahapan pendaftaran, calon peserta yang berhasil mengakses Sistem Informasi KPU dan Badan Ad hoc (SIAKBA) mencapai 1039 orang, namun mengalami penurunan sebab calon peserta tidak mampu merampungkan beberapa berkas yang telah disyaratkan, sehingga hanya 952 peserta yang lolos pada SIAKBA.

Baca Juga: Gempa Kekuatan 7,9 SR Guncang Maluku Tenggara Berpotensi Tsunami

Kemudian ia mengatakan, dalam seleksi tahapan awal pada uji kelayakan administrasi calon peserta PPS, pihaknya temukan 13 peserta tidak memenuhi standar berkas, sehingga peserta tersebut dinyatakan tidak lolos untuk mengikuti tes selanjutnya.

"Jadi total peserta tersisa 948 orang setelah tahapan seleksi administrasi," pungkasnya.

Baca Juga: HUT Kolaka Timur ke-10 Sasar Pertumbuhan Ekonomi Mikro

Dengan membludaknya calon anggota PPS, pihak KPU Muna Barat akan melakukan beberapa tahapan seleksi untuk menyesuaikan dengan kuota yang ada, maka tahapan yang akan dilalui tiap peserta diantaranya uji kelayakan administrasi, Computer Assisted Test (CAT), serta tes wawancara.

Selanjutnya, Koordiv SDM dan Partisipasi Masyarakat, LM Nuzul Anzi mengatakan, usai pelaksanaan seleksi administrasi, seluruh peserta mengikuti seleksi tertulis dengan sistem CAT, yang akan diselenggarakan pada 9 sampai 12 Januari 2023 mendatang.

"Tes tertulis diselenggarakan selama empat hari dan tiap harinya dibagi menjadi empat sesi," ujarnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga