97 Orang di Kendari Positif HIV hingga Oktober 2021

Wa Ode Umratul Khazanah, telisik indonesia
Selasa, 30 November 2021
0 dilihat
97 Orang di Kendari Positif HIV hingga Oktober 2021
Ilustrasi pemeriksaan HIV. Foto: Repro Suara.com

" Hingga Oktober 2021, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari mencatat, terdapat 97 kasus positif Human Immunodefiency Virus (HIV). "

KENDARI, TELISIK.ID - Hingga Oktober 2021, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari mencatat, terdapat 97 kasus positif Human Immunodefiency Virus (HIV).

Dari informasi yang dihimpun, jumlah ini belum sepenuhnya mencakup seluruh penderita HIV di seluruh Kota Kendari. Pasalnya, banyak dari masyarakat tidak ingin melakukan pemeriksaan karena menganggap HIV sebagai sebuah aib.

Aktivis HIV/AIDS, La Ode Muh. Sety, S. KM., M. Epid, yang juga dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat UHO mengatakan, jumlah ini hanya sekitar 10 persen dari jumlah yang sebenarnya.

"Di Kendari sebenarnya penderita HIV sudah banyak loh, hanya saja tidak terlalu diperhatikan karena tertutup isu COVID-19," ungkapnya, Selasa (30/11/2021).

"Sebenarnya banyak kasus yang ada di lapangan, cuma banyak dari mereka tidak mau memeriksakan diri, mungkin hanya sekitar 10 persen yang mau diperiksa," tambahnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran bahaya virus tersebut, Muhammad Sety mengaku pihaknya terus melakukan upaya dalam menangani kasus HIV.

Baca Juga: Kendari Undercover: Maraknya Video Call Berbasis Sex

"Jadi waktu itu kami buat klinik khusus konseling HIV, tersebar di beberapa rumah sakit seperti Bahteramas dan Abunawas, juga di beberapa puskesmas, untuk menjaring orang orang yang ingin konsultasi masalah HIV. Pintunya kami buat tersendiri, sehingga pribadinya bisa terjaga" ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kendari, Samsul Bahri, S.KM., M.Kes, mengaku pihaknya juga terus melakukan pembaringan orang-orang yang beresiko terkenak HIV.

Baca Juga: Bertahan di Tengah Pandemi COVID-19 dengan Kerajinan Nentu

"Ya, memang sejak adanya Covid kita agak kurang perhatian, tapi kami di Dinas Kesehatan dengan Puskesmas punya jadwal penyisiran kasus HIV di beberapa tempat hiburan malam," katanya.

Karena itu, Dinkes terus mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjauhi pergaulan seks bebas, demi menghambat penularan kasus HIV. (B)

Reporter: Wa Ode Umratul Khazanah

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga