ABK Terpeleset dan Hilang di Laut, Ditemukan Tak Bernyawa

Ashar Hamka, telisik indonesia
Rabu, 30 Maret 2022
0 dilihat
ABK Terpeleset dan Hilang di Laut, Ditemukan Tak Bernyawa
Proses evakuasi ABK yang jatuh ke laut karena terpeleset, oleh Tim SAR Gabungan. Foto: Humas Basarnas Kendari

" Tim SAR gabungan menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia sekitar 700 meter arah selatan dari lokasi kejadian kecelakaan, dengan kondisi tubuh telah membengkak "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Usaha Tim SAR gabungan untuk menemukan Sutriadi, Anak Buah Kapal (ABK) yang jatuh terpeleset ke laut saat akan menarik jangkar di pelabuhan JT Ramadhan, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan, akhirnya membuahkan hasil.

Namun sayangnya, harapan untuk menemukan lelaki berusia 25 tahun itu dalam keadaan hidup, pupus.

Humas Basarnas Kendari, Wahyudi mengungkapkan update perkembangan hasil  Operasi Save And Rescue (SAR) pada ABK TB SOL 1008 (Tongkang Bg LL 2502), di hari keempat, pada pukul 07:15 Wita pagi tadi, Tim SAR gabungan menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia. Sekitar 700 meter arah selatan dari lokasi kejadian kecelakaan. Dengan kondisi tubuh telah membengkak.

“Selanjutnya korban kami evakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara," ungkapnya.

Saat ditemukannya korban Sutriadi, lanjut Wahyudi, kondisi cuaca berawan, dengan tinggi gelombang 0,5 - 0,75 meter dan kecepatan angin 5 - 12 knot. Selanjutnya, operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup.

Baca Juga: Terpeleset, ABK di Konsel Hilang di Laut Moramo Utara

“Terima kasih pada unsur yang terlibat dalam proses pencarian ini. Rescuer KPP Kendari, Pos AL Torobulu, Polair Kendari dan masyarakat sekitar," sebutnya.  

Baca Juga: Remaja di Kendari Gasak 6 Knalpot Sepeda Motor dalam Semalam

Diberitakan sebelumnya, kejadian berawal pada Minggu (27/3/2022) sekitar pukul 10.50 Wita, Comm Centre KPP Kendari menerima informasi dari Hariadin, agen kapal, melaporkan telah terjadi kecelakaan kapal MOB seorang ABK Sutriadi (mualim 2) TB SOL 1008 (Tongkang Bg LL 2502).

Sutriadi dilaporkan terpeleset, lalu terjatuh ke laut saat menarik jangkar di pelabuhan JT Ramadhan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan.

Berdasarkan laporan itu, tim Rescue KPP Kendari diterjunkan menuju LKK guna mencari lelaki berusia 25 tahun itu. Dengan menggunakan Rescue car, satu unit rubber boat beserta peralatan pendukung keselamatan lainnya untuk memberikan bantuan SAR. (C)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga